Bagi penggemar burung pasti akan melakukan apa saja agar hewan peliharaannya tidak stress. Biasanya burung rentan stress saat baru tiba atau memiliki tempat tinggal baru. Seperti halnya yang terjadi pada burung Murai Batu Muda Hutan.

Agar adaptasi Murai Batu Muda Hutan berjalan lancar, Anda perlu tahu cara menjinakkan Murai Batu Muda Hutan. Meski terbilang tidak mudah, Anda perlu mencobanya. Agar burung tidak mengalami stress, berikut ini baca lebih banyak bagaimana cara menjinakkan Murai Batu Muda Hutan.

Beri Full Kerodong Pada Kandang Burung

Saat burung Murai Batu yang berasal dari hutan Anda bawa ke rumah tentunya masih memerlukan adaptasi. Lakukan cara menjinakkan Murai Batu dengan berikan burung tersebut pakan. 

Lalu full kerodong pada kandang burung. Selanjutnya gantung dan diamkan selama tiga hari dalam kandang.

Biasakan Burung Murai Batu Muda Hutan Makan Voer

Burung Murai Batu Muda Hutan tentu berbeda-beda makanannya. Biasakan burung Muda Murai Hutan untuk bisa memakan voer lebih dulu. Cara menjinakkan Murai Batu yang liar dengan berikan voer halus atau voer kasar. Pemberian voer bertujuan untuk meningkatkan stamina.

Tambahkan extra fooding (EF) yang bertujuan untuk menambah nafsu makannya. Kemudian pastikan air minum, voer dan extra fooding dalam keadaan penuh.

Ajak Burung Murai Batu Muda Hutan Mandi

Setelah tiga hari berlalu, perhatikan perubahan dari sikap burung Murai Batu Muda Hutan. Kemudian cara menjinakkan Murai Batu dengan cepat adalah dengan mengajaknya mandi. 

Untuk pertama kali sebaiknya tidak menggunakan semprotan. Namun menggunakan mug atau bak mandi untuk burung. Letakkan bak mandi burung yang berisi air dalam kandang. 

Kemudian tutup kembali full kerodong tetapi tidak sepenuhnya, buka sedikit saja. Jika Murai Batu Muda Hutan mandi dalam bak, hal itu menandakan burung sehat. 

Pilih kerodong dengan warna terang agar memudahkan burung mencari tempat makan dan minum serta bak mandinya. Gunakan saja pada siang hari. Sedangkan kerodong tebal dengan warna gelap bisa Anda gunakan pada malam hari.

Mulai Kurangi Extra Fooding (EF) Secara Perlahan

Cara menjinakkan Murai Batu liar pertama kali, usahakan beri makan extra fooding (EF) penuh. Misal, berikan 10 ekor sampai 15 ekor jangkrik. Lalu kurangi perlahan-lahan sebanyak 2 ekor setiap hari. Lakukan sampai burung Murai Batu Muda Hutan sudah mulai rajin memakan voer.

Jemur Burung Murai Batu Muda Hutan

Selanjutnya cara menjinakkan Murai Batu yang liar ini yaitu dengan menjemurnya. Jangan lepas kerodong, letakkan saja pada bagian atas kandang burung. Letakkan di dasar lantai, tidak dengan menggantungnya. Jemur burung selama 15 menit sampai paling lama 30 menit.

Gulung Bagian Bawah Kerodong Sedikit Selama Seminggu

Kondisi burung saat menerapkan cara menjinakkan Murai Batu Muda Hutan berbeda-beda. Ada yang memang bisa cepat jinak, namun juga ada yang membutuhkan proses. Salah satu cara menjinakkan Murai Batu liar ini dengan gulung bagian bawah kerodong.

Gulung bagian bawah kerodong sedikit sampai sekitar baris pertama bagian bawah kandang. Biarkan seperti itu selama satu minggu. Kemudian minggu kedua, gulung lagi sedikit ke atas secara bertahap. Lakukan seperti itu sampai sekitar satu bulan.

Selama proses cara menjinakkan Murai Batu Muda Hutan berjalan, perawatan harian pada burung tetap dilakukan. Jika sudah jinak, bisa berikan extra fooding (EF) sesuai dengan kebiasaan burung saja. Jadi, perhatikan setiap hari berapa banyak burung menghabiskan extra fooding (EF).

Begitulah beberapa cara menjinakkan Murai Batu Muda hutan yang bisa Anda terapkan. Agar burung tidak stres, proses cara menjinakkan Murai Batu liar butuh kesabaran dan ketekunan. Selama proses berlangsung, perhatikan perubahan yang terjadi pada burung. Selamat mencoba!

Baca juga: