Warna menarik membuat Lovebird diminati sehingga banyak orang yang tertarik mengetahui cara menjodohkan burung Lovebird. Sebagian besar memilih burung dengan usia dewasa dari usia 10 hingga 12 bulan supaya hasilnya maksimal. Walau demikian, tidak jarang memilih menjodohkan burung karena melihat warnanya.

Semua ada proses dan juga caranya masing-masing, namun untuk yang usia dewasa sebenarnya tidak sulit dilakukan. Pada intinya Anda perlu membuat burung birahi supaya proses menjodohkan itu cepat membuahkan hasil.

Manfaatkan waktu luang untuk memperbanyak koleksi Lovebird Anda pastinya. Lantas bagaimana cara menjodohkan burung Lovebird pada usia yang sudah dewasa? Cek informasi lengkapnya di sini.

1. Memilih Burung

Memilih Burung

Memilih Burung

Langkah awal sebagai cara menjodohkan burung Lovebird agar cepat jodoh untuk usia dewasa ialah memilih burung terlebih dahulu. Cobalah mencari Lovebird berusia 10-12 bulan yang sekiranya sehat dan baik untuk dijodohkan. Hal ini dilakukan supaya proses perjodohan berlangsung mudah karena usia yang matang.

Anda juga bisa memilih berdasarkan warna Lovebird tersebut supaya hasil anakan berwarna unik. Misalnya saja ketika Anda menginginkan anak dengan perpaduan berbagai warna burung seperti kuning dan biru. Anda bisa mencari Lovebird berwarna kuning di usia dewasa dengan Lovebird biru yang juga berusia dewasa.

2. Mendekatkan Burung Lovebird

Setelah memilih burung terbaik, cara menjodohkan burung Lovebird yang benar selanjutnya adalah mencoba mendekatkan keduanya. Jangan paksakan  menaruhnya di satu kandang, namun coba mendekatkan di dua kandang terpisah. Tujuannya supaya ada ketertarikan antara keduanya secara alami dan tidak ada keterpaksaan.

Percuma saja jika keduanya diletakkan satu kandang namun tidak saling tertarik, bisa saja perjodohan berakhir gagal. Sebenarnya ada cara lain yang bisa juga Anda coba yaitu dengan cara bergerombol. Anda bisa memasukan beberapa burung dalam satu kandang dan biarkan mereka memilih sendiri pasangan mereka.

3. Memberi Makanan Tambahan

Memberi Makanan Tambahan

Memberi Makanan Tambahan

Makanan burung Lovebird yang bisa membuat burung jenis ini birahi dan sudah siap dijodohkan sebenarnya ada beberapa. Pemberian makanan Lovebird supaya birahi bisa dilakukan 3 hari sebelum Anda melakukan perjodohan. Anda bisa menggunakan kangkung, kecambah atau juga dengan biji bunga matahari nantinya.

Lovebird jantan yang terlihat birahi dan juga siap dikawinkan setelah 3 hari tersebut sebaiknya letakan dalam satu kandang. Proses ini sebaiknya Anda yakinkan betul jika keduanya sudah sama-sama saling ada ketertarikan. Hal tersebut dimaksudkan supaya perkawinan berlangsung cepat dan mudah mendapat hasil.

4. Memilih Kandang Terbaik

Langkah berikutnya sebagai salah satu cara jodohkan Lovebird dengan usia yang dewasa ialah memilih kandang. Pastikan jika kandang berukuran besar dan cocok untuk dijadikan tempat kawin. Bayangkan saja jika kandang berukuran biasa dan sempit, tidak hanya salah satu burung yang tidak leluasa namun keduanya juga.

Bisa menggunakan kandang persegi panjang dengan lebar yang lebih besar dari pada tingginya. Pastikan pula dengan kebersihan kandang tersebut supaya tidak menimbulkan penyakit untuk Lovebird itu sendiri. Untuk makanan juga sebaiknya tersedia dengan baik untuk kapasitas dua burung dalam satu kandang.

5. Buat Kandang Nyaman

Setelah memilih kandang yang besar dan bersih, Anda juga perlu mempersiapkan gupon yang akan digunakan kedua burung tersebut saat kawin. Gupon dengan ukuran kecil yang bisa Anda tempatkan pada kandang Lovebird. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu cara menjodohkan burung Lovebird dengan cepat.

Gupon sendiri bisa Anda buat dengan menggunakan kayu dengan ukuran yang kecil saja tak perlu besar untuk kedua burung. Sementara untuk makanan dan minum bisa Anda letakan di bagian luar gupon atau di dalam kandang. Akan lebih baik jika menggunakan kandang dengan bahan besi atau plastik supaya lebih awet pastinya.

6. Tunggu Hasil Perjodohan

Tunggu Hasil Perjodohan

Tunggu Hasil Perjodohan

Setelah proses perkawinan, Anda hanya perlu menunggu burung Lovebird bertelur pastinya. Manfaatkan gupon tersebut sebagai tempat burung tersebut mengerami telur jika sudah keluar. Anda bisa menambahkan beberapa bahan supaya bisa berfungsi sebagai sarang untuk membuat nyaman betina saat mengerami telurnya.

Proses ini sebagai langkah terakhir untuk Anda yang memang ingin menjodohkan Lovebird supaya punya banyak anak. Tunggu hingga anak burung tersebut menetas dan langkah berikutnya tinggal Anda memikirkan untuk ekstra merawat mereka. Perhatikan mulai dari minum hingga makanan sesuai usia burung jika mulai besar.

Setelah Anda mengetahui cara menjodohkan burung Lovebird seperti di atas, apa Anda bermaksud untuk mencobanya? Tidak ada ruginya karena harga jual Lovebird ini cukup menguntungkan. Banyak yang suka memelihara jenis burung ini karena warnanya yang menarik dan juga mudah dalam hal perawatannya.

Baca Juga: