Burung kenari merupakan salah satu jenis yang sangat disukai para penggemar burung kicau. Terutama yang jantan terkenal merdu dan gacor, maka selalu ada yang cari. Lalu apa saja perbedaan burung kenari jantan dan betina yang dapat digunakan sebagai patokan standar?

Untuk membedakan burung kenari jantan dan betina, Anda dapat mengamati beberapa aspek..

Apa saja? Paling tidak dapat dilihat dari 3 aspek berikut: ciri-ciri fisik, perilaku, hingga kicauannya.

Agar lebih jelas, mari bahas perbedaan tersebut satu per satu.

Ciri-ciri Fisik Kenari Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan burung kenari jantan dan betina secara fisik? Aspek apa saja yang perlu dilihat dan diperhatikan?

Untuk para kicau mania yang sudah expert, dengan melihat sekilas tentu langsung paham ciri-cirinya.

Untuk pemula, lihat dari bagian besar dulu, baru ke arah detailnya.

Mulai dari bentuk tubuh. Seperti kebanyakan unggas, bentuk tubuh burung  kenari jantan cenderung lebih panjang dan ramping. Sedangkan betina  lebih bulat dan berisi. Bentuk ini akan lebih jelas terlihat saat dewasa.

Di bagian kepala, kenari betina juga lebih membulat, sementara yang jantan agak memanjang dan cepak. Bulu di bagian kepala pada kenari jantan terlihat lebih terang dibanding yang lainnya.

Masuk ke bagian yang lebih detail, Anda bisa mengamati raut wajah dan posisi mata kenari. Raut wajah kenari jantan cenderung lebih maskulin, beda dengan betina yang tampak imut dan lucu.

Kenampakan ini dipengaruhi juga posisi mata kenari jantan yang sejajar paruh. Beda dengan kenari betina yang posisinya sedikit di atas garis sejajar paruh.

Ke bagian bawah, kaki kenari jantan tampak lebih rapat dan panjang. Dibandingkan dengan kenari betina yang tampak pendek dan jarak antar kakinya renggang.

Paling jelas adalah di bagian kloaka, kenari jantan berbentuk tegak lurus dan ramping. Sementara yang betina sedikit membulat atau melebar.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Burung Kenari Untuk Hasilkan Suara Gacor

Mengenali Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina dari Ekornya

Sangat sulit kalau mau membedakan kenari betina dan jantan hanya dari ekornya saja. Karena bentuknya relatif sama, seperti huruf V.

Paling aman adalah melihat ciri fisik keseluruhan, lalu mengamati detailnya seperti yang sudah diuraikan sebelumnya.

Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina dari Kicauannya

Membedakan suara kenari jantan dan betina memang agak sulit untuk dibedakan, terutama bagi para pemula yang baru menekuni burung kicau.

Tapi untuk kenari dewasa, dijamin Anda akan mudah membedakannya. Karena kenari jantan dewasa memiliki suara kicauan yang lantang, keras, dan gacor.

Irama kenari jantan pun naik turun dan sering terdengar tukikan-tukikan tajam sehingga tidak monoton.

Sedangkan pada kenari betina, Anda akan mendapati irama yang agak monoton dengan tukikan yang jarang dan tidak tajam.

Paling susah membedakan suara kenari jantan dan betina saat masih anakan.

Cirinya memang tidak jauh berbeda soal kelantangan dan irama, tapi tetap butuh kepekaan dalam mendengar untuk mampu membedakannya.

Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina dari Perilaku

Terakhir adalah cara membedakan kenari jantan dan betina dari perilakunya.

Kenari jantan selalu tampak aktif, suka berlompatan dalam sangkar, agresif, dan giras. Kondisi ini bahkan paling mudah diamati saat sedang lapar dan menurun ketika sudah makan (kenyang).

Sedangkan yang betina relatif lebih kalem, dengan kicauan yang juga tidak terlalu lantang saat lapar sekalipun.

Nah, itulah tadi perbedaan burung kenari jantan dan betina dari segi fisik, suara, dan perilakunya. Jangan lupa gunakan paduan dari semua ciri tersebut untuk menentukan, jangan cuma mengandalkan satu macam saja. Semoga bermanfaat.