Mempunyai rumah lebih dari satu tetap harus memperhatikan tagihan listriknya. Walaupun tidak ditinggali, Anda tetap harus melakukan pembayaran berkala agar jaringan tidak diputus.

Dan untuk melakukan cek tagihan listrik bulan lalu apakah sudah dibayar atau belum, Anda bisa melakukannya melalui online. Masih bingung bagaimana cara mengeceknya? Simak terus sampai bawah untuk cara dan tipsnya.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Secara Online

  • Untuk Anda yang Menggunakan Android.

Jika Anda pengguna Android, unduh aplikasi “PLN Mobile” di Play Store. Karena aplikasi ini adalah resmi milik PLN, maka Anda tidak perlu takut terkena scam atau penipuan lain.

Informasi yang bisa Anda didapat dengan aplikasi ini antara lain tentang tagihan listrik, riwayat pemakaian KWH listrik, transaksi token, lokasi transaksi dan detail transaksi.

Setelah mengunduh aplikasi “PLN Mobile”, Anda bisa langsung masuk tanpa atau melakukan registrasi. Keduanya bisa diakses asalkan Anda memasukkan ID PLN Anda.

  • Untuk Anda yang Menggunakan iOS.

Cara kedua untuk cek tagihan listrik bulan lalu berlaku bagi pengguna iOS. Caranya adalah dengan membuka App Store dan unduh aplikasi “PLN Mobile”. Langkah selanjutnya sama dengan pengguna Android, yaitu Anda bisa registrasi terlebih dahulu atau langsung memasukkan ID PLN untuk melihat tagihan.

Baca juga: Inilah Pentingnya Cara Membuat Septic Tank Resapan untuk Rumah Anda

Cara Cek Riwayat Tagihan Listrik di Aplikasi PLN Mobile

Setelah mengunduh dan masuk ke dalam aplikasi, ikuti langkah berikut ini untuk melihat riwayat tagihan listrik Anda.

  • Klik “Informasi”.
  • Pilih “Informasi dan Tagihan”.
  • Masukkan ID Pelanggan Listrik milik Anda.
  • Tagihan dan riwayat tagihan akan muncul secara lengkap.

Kenapa Harus Menggunakan PLN Mobile untuk Cek Tagihan Listrik?

Karena PLN Mobile merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh PLN. Berikut ini keunggulan yang akan Anda dapatkan:

  • Satu aplikasi bisa untuk 4 ID Pelanggan PLN.
  • Fitur info pemeliharaan jaringan.
  • Cek tagihan listrik bulan lalu dan riwayatnya.
  • Cek status pengaduan dan permohonan baru.
  • Berita terkini.
  • Fitur telepon kontak center 123 dengan voice over internet protocol.

Semua kemudahan ada di dalam genggaman. Anda bisa melihat semua informasi hanya melalui satu aplikasi. Jadi, jika Anda mempunyai beberapa rumah, Anda tetap bisa mendaftarkannya dan mengeceknya setiap bulan.

Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah saat sedang ada pemeliharaan jaringan. Karena listrik mati dan Anda tidak tahu kapan lampu akan nyala karena tidak ada informasi pasti terkait hal ini.

Lain halnya jika Anda mengunduh aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi dan kepastian tentang kapan dan berapa lama pemeliharaan jaringan akan berlangsung.

Selain itu, informasi terkait cek tagihan listrik bulan lalu dan bulan-bulan sebelumnya akan dengan mudah Anda dapatkan tanpa harus repot datang ke kantor PLN. Karena akses informasi semakin mudah, hari-hari Anda juga semakin indah.

Anda tidak perlu kuatir lagi jika mempunyai lebih dari satu rumah, apalagi jika rumah lain berada di kota yang berbeda dan tidak ada yang menempati. Dengan aplikasi PLN Mobile, Anda tetap bisa memantau tagihan listrik rumah manapun tanpa harus datang ke lokasi tersebut.

Teknologi memang sangat memudahkan kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam proses pembayaran. Agar bisa merasakan manfaatnya, Anda sebaiknya harus berkawan dengan teknologi. Pelajari aplikasi yang sekiranya bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Semoga bermanfaat.