Hati-hati HP disadap, saat ini banyak cara dilakukan orang tidak bertanggung jawab untuk ambil informasi pribadi dan penting dari HP seseorang. Makanya perlu tahu ciri-ciri HP disadap, supaya upaya curi data bisa diminimalisir dan kerugian bisa dihindari.

Seorang pengguna HP pernah mengeluh, cursor HP yang dipakainya bergerak sendiri disaat dia buka email hingga nyaris membuka salah satu email penting. Untung si pengguna segera sadar dan langsung mematikan HP. itu adalah salah satu indikasi penyadapan. Lantas apa saja ciri lain dari penyadapan HP tersebut?

Aplikasi Aneh Muncul Tiba-tiba

Anda pasti sangat hafal aplikasi apa saja yang sudah diunduh dan digunakan secara rutin. Tapi, ketika tiba-tiba muncul aplikasi yang tak pernah Anda unduh sebelumnya maka harus diwaspadai karena bisa jadi itu adalah upaya penyadapan.

Lewat aplikasi tersebut, virus dimasukkan untuk mengontrol penggunaan HP agar data penting bisa dicuri tanpa diketahui. Ingat! Jangan buka aplikasi itu, segera uninstall begitu Anda sadar.

Pesan Misterius

Menerima pesan melalui SMS mungkin sudah biasa, tapi ketika isinya adalah angka dan kode tertentu yang tidak dikenal. Bisa jadi itu adalah pesan dari sistem sadap saat ada masalah spyware yang terjadi, dimana sistem sadap yang mau dipakai mengambil data Anda belum terpasang maksimal pada HP.

Curigai SMS seperti ini, jangan ditindaklanjuti karena bisa jadi infeksi sudah berjangkit pada HP.

Data Selular Terkuras

Pernahkah Anda mengidentifikasi penggunaan kuota internet atau data seluler yang meningkat sendiri padahal tak ada aktivitas berlebihan yang dilakukan. Coba cek kembali, apakah anak-anak sempat menggunakan HP Anda dan mengunduh banyak video atau seberapa sering Anda berselancar di dunia maya selama sebulan terakhir.

Jika rasanya normal tanpa aktivitas berlebihan, patut dicurigai bahwa ada aktivitas lain yang sedang terjadi. Salah satunya bisa saja, terdapat software spyware yang sedang transfer data dari HP Anda ke media lain di luar sana. Jadi, pastikan matikan data ketika sedang tidak dipakai.

Baterai Panas

Banyak yang bilang baterai HP yang mudah panas adalah dampak penggunaan berlebihan. Tapi, ketika baterai mulai mudah habis sendiri padahal dalam kondisi tidak dipakai maka patut jadi pertanyaan dan kecurigaan bahwa bisa jadi penyadapan sedang terjadi.

Bisa jadi, tanpa sadar software berbahaya sedang diunduh lewat jalur tertentu ke HP Anda. alhasil baterai jadi panas dan habis selama proses itu berlangsung.

Baca Juga: Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Kinerja HP Turun Drastis

Ketik kinerja HP menurun secara drastis, seperti loading yang lama saat akan membuka sebuah aplikasi padahal jumlah aplikasi yang Anda pakai tidak banyak. Bisa saja itu indikasi penyadapan, dimana aplikasi jahat mengambil alih HP dan mengontrol penggunaan aplikasi supaya bisa leluasa mencuri data.

Beda Tampilan Situs Kunjungan

Apakah Anda pernah membuka sebuah situs yang tampilannya jadi berbeda dari biasa? Sebaiknya langsung keluar dari situs tersebut, ada indikasi penyadap sedang menghentikan upaya Anda masuk situs tersebut dengan memberikan tampilan situs palsu.

Gunanya agar mereka bisa menyadap apapun yang dibutuhkan melalui jaringan komunikasi antara HP dan situs tersebut. Biasanya rentan terjadi pada situs-situs yang akan membutuhkan data pribadi Anda.

Jadi ketika sudah disadap maka informasi yang Anda ketik akan terkirim ke software penyadap dan bukan ke situs tersebut.

Semoga informasi diatas dapat membantu Anda untuk menjaga data dan keamanan penggunaan HP. Waspadai selalu aktivitas yang tidak biasa pada HP Anda! Bisa jadi itu ciri ciri HP disadap, untuk kepentingan tertentu.