Ciri Ciri Kenari Yorkshire yang Mudah Untuk Dikenali

Ciri-Ciri Kenari Yorkshire yang Mudah Untuk Dikenali

Burung kenari merupakan burung yang terkenal memiliki banyak sekali penggemar. Salah satu jenis burung kenari yang merupakan raja dari segala jenis burung kenari lainnya adalah kenari Yorkshire. Hal ini di karenakan ciri-ciri kenari Yorkshire memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan kenari lainnya.

Ciri-Ciri Kenari Yorkshire yang Membuatnya Unggul

Bisa dikatakan bahwa kenari Yorkshire atau kenari yorkshire ini merupakan jenis kenari campuran awalnya, dan bukan ras murni. Burung ini berasal dari daerah di Inggris yakni Yorkshire, dan dari situlah nama burung kenari ini diambil. Untuk cirinya sendiri tentunya berbeda dengan yang lainnya, diantaranya.

1. Bentuk Tubuh

Pertama adalah bentuk tubuh dari burung kenari yorkshire ini sangat khas layaknya sebuah wortel, namun dengan bentuk terbalik. Tentu akan sangat mudah dikenali, dan membuat burung ini sangat imut. Meskipun begitu burung ini memiliki dada yang agak padat dan juga bidang.

Lalu disekitar dubur burung ini tidak akan ditemukan sisa-sisa kotoran seperti layaknya burung pada umumnya. Bisa dikatakan bahwa burung yang satu ini merupakan burung yang sangat bersih. Untuk panjangnya sendiri burung ini bisa mencapai 16 cm, dan merupakan yang paling besar diantara kenari lainnya.

2. Bentuk Mata yang Berbeda

Selain bentuk tubuhnya, hal lain yang membuat burung ini mudah untuk dicirikan adalah bentuk matanya. Burung kenari ini memiliki warna mata yang

sangat cerah. Sehingga sangat cantik layaknya bintang yang bersinar, dan membuatnya nyaman untuk dipandang.

Kenari Yorkshire yang sehat juga memiliki pandangan mata yang khas, sehingga  sangat mudah untuk dikenali. Tatapan matanya sangat tajam dan tegas, jadi burung ini akan terlihat memiliki wajah yang sangar dan juga galak pada awalnya.

3. Pola Nafsu Makan

Kenali juga burung Yorkshire ini dari nafsu makan yang dimilikinya, tidak ada perbedaan berarti antara nafsu makan Yorkshire lokal maupun impor. Saat makan burung kenari ini akan bersifat aktif, sehingga burung ini bisa makan dengan sendirinya tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Kenari Yorkshire memiliki imun yang tinggi dan tidak mudah sakit, ketika makan pun semua makanannya akan dihabiskan. Meskipun begitu, tetap berikan makanan secara rutin kepada burung ini supaya kesehatan burung tetap terjaga dengan baik.

4. Bentuk Kaki

Karena burung ini merupakan burung yang paling besar diantara jenis burung kenari lainnya, jadi bentuk kakinya juga pasti berbeda. Burung kenari Yorkshire ini mempunyai bentuk kaki yang jenjang dan juga panjang. Jadi sangat berbeda dan unik dari burung lainnya.

Jadi perhatikan dengan baik bagaimana bentuk kaki dari kenari ini, karena ini merupakan pembeda yang utama. Selain itu kalau burung kenarinya merupakan burung yang sehat, maka pastikan kakinya harus kuat serta tidak lesu. Lalu pastikan juga tidak ada luka di kaki burung kenari tersebut.

5. Warna Bulu

Terakhir yang menjadi ciri-ciri kenari Yorkshire dan berbeda dengan jenis burung yang lainnya adalah bulu. Memiliki warna bulu yang sangat cantik dan unik

membuat burung ini mudah untuk dikenali. Selain itu burung ini juga mempunyai bulu yang bisa dibilang tipis jika dibandingkan dengan kenari lainnya.

Saat dipegang juga bulu kenari ini akan sangat terasa halus di tangan, dan ringan. Membuat siapapun yang memegangnya akan merasa nyaman, dan pastinya ingin selalu memegangnya.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri kenari Yorkshire yang bisa menjadi pembeda antara kenari yang satu ini dengan jenis kenari yang lainnya. Bila melihat semua kelebihan pada ciri-ciri kenari di atas, tidak heran jika kenari ini sangat digemari dan merupakan jenis unggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *