Bagi pemula, memang agak sulit untuk mendeteksi ciri-ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng. Apalagi kalau Anda lihat sekilas, Cucak Ijo jantan dan betina saat masih anakan (bawah 40 hari)  itu memang tampak sama.

Nopeng sendiri merupakan ciri yang jadi tanda bahwa burung yang Anda pelihara memang benar benar jantan. Kondisi nopeng tanda utamanya akan sempurna terlihat umumnya ketika Cucak Ijo sudah masuk usia sekitar 18 bulan (Meski bisa jadi lebih cepat).

Banyak pemilik Cucak Ijo kecewa karena setelah menunggu 18 bulan, Cucak Ijo tak kunjung nopeng. Mengingat itu tandanya, Cucak Ijo miliknya adalah betina. Padahal, memiliki yang jantan adalah idaman bagi pehobi kicau burung hutan ini.

Ciri Cucak Ijo jantan belum nopeng

Khusus bagi Anda yang penasaran dan mau tau kepastian bahwa Cucak Ijo itu jantan sebelum masuk fase nopeng, kami akan berikan triknya. Anda bisa melihat ciri Cucak Ijo jantan walaupun belum terlihat nopeng full.

Trik ini bisa Anda lakukan walau usia Cucak Ijo masih hitungan bulan. Silahkan praktekkan.

  • Ciri bagian mata dan sekitar bulatan mata Cucak Ijo

Anda perlu amati bagian mata serta warna kuning yang mengitari hitam bola mata Cucak Ijo.

Untuk yang jantan, bentuk matanya bulat sempurna. Warna kuning di sekitar matanya juga cenderung lebih tebal. Sementara betina, matanya lebih oval (agak lonjong) serta kuningnya tidak terlalu tebal.

  • Ciri bagian paruh bawah Cucak Ijo

Selanjutnya, Anda bisa pegang paruh Cucak Ijo dan cek bagian bawahnya. Silahkan amati.

Burung yang jantan paruh bawahnya membentuk sudut yang cenderung lebih runcing dengan warna kemerahan. Berbeda dengan betina yang bentuknya tak membentuk sudut, melainkan huruf U tumpul dengan warna cenderung putih pucat.

  •  Ciri bagian leher Cucak Ijo

Bagian leher juga bisa menjadi titik untuk Anda perhatikan ketika mau membeli Cucak Ijo yang belum full nopeng.

Jantan maupun betina sebenarnya sama sama punya leher kuning. Bedanya, kuning Cucak Ijo jantan lebih kuat dan melebar, sehingga terlihat kontras dengan bulu hijau cantiknya. Sementara betina kuningnya agak keputih putihan dan tak begitu tebal.

  • Ciri bentuk paruh Cucak Ijo

Anda juga bisa lihat bentuk paruhnya. Ini memang lebih sulit, tapi jika Anda jeli pasti bisa menemukannya.

Untuk Cucak Ijo jantan, bentuk paruh lebih tebal serta memanjang. Berbeda dengan betina yang paruhnya lebih tipis.

  • Ciri saat Cucak Ijo berdiri

Terakhir, Anda bisa perhatikan bagaimana posisi Cucak Ijo saat ada pada posisi berdiri.

Cucak Ijo jantan berdirinya lebih tegap, dadanya membusung dan kakinya lebih terangkat. Sementara betina kurang tegak, membungkuk, dan kakinya lebih menekuk.

Catatan yang harus diperhatikan

Banyak orang salah kaprah menjadikan warna paruh sebagai patokan. Maka muncul pertanyaan apakah Cucak Ijo paruh hitam jaminan jantan?

Jawabannya adalah Anda tak bisa menjadikannya patokan. Maka sebaiknya fokus saja mengamati kelima ciri yang sudah kami sebutkan di atas. 

Adapun jika Anda merasa pusing dan sulit jeli, sebaiknya Anda bersabar saja menunggu semuanya benar benar jelas. Untuk waktu berapa lama Cucak Ijo keluar hitam sampai full memang umumnya 18 bulan, tapi bisa lebih cepat lagi.

Semoga penjelasan ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng ini bisa membantu memecah kebingungan Anda. Pastinya, kemampuan mendeteksi ini bisa semakin bagus seiring pengalaman.

Baca juga: