Contoh Gaya Hidup Hedonisme Dalam Masyarakat. Uang merupakan hal yang paling dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu semua orang giat mencarinya dengan bekerja. Akan tetapi tak jarang ada pihak yang terlalu berlebihan kala memiliki banyak dana dan dirasa menghamburkannya untuk hal kurang perlu. Sebab anda dapat menggunakan dalam kegiatan positif misalnya beramal atau bidang sosial lainnya.

Memang sah-sah saja jika Anda membeli apapun yang dibutuhkan serta diinginkan meskipun tergolong mewah dan harganya selangit. Tetapi jika ada suatu barang bisa dengan tarif lebih murah apa salahnya bukan? Terlebih banyak orang di luaran sana dengan kehidupan kekurangan bahkan untuk makan saja pun sulit. Karena itulah lebih berarti jika membantu mereka yang lebih membutuhkan.

Contoh Gaya Hidup Hedonisme Di Sekitar

Merupakan pola keseharian yang gemar menghamburkan uang untuk menemui keinginan namun tidak sesuai kebutuhan, gaya ini sering dijumpai pada masyarakat sekitar. Umumnya dianut oleh mereka dengan penghasilan tinggi atau terbiasa hidup mewah sejak dini. Contoh kasus hedonisme dalam kehidupan masyarakat antara lain :

Contoh gaya hidup hedonisme dengan pembelian mobil mewah

Kendaraan seperti mobil merupakan sebuah kebutuhan untuk orang tertentu. Sebab penggunaannya memiliki banyak fungsi guna menunjang mobilitas sehari-hari terlebih untuk mengangkut orang banyak. Tetapi penggunaan jenis mewah tentu bukan sebuah keperluan apalagi harganya mahal. Lantaran biaya pengenaan pajaknya pun cukup tinggi. Bahkan untuk memelihara dan perawatan juga cukup ekstra.

Pengeluaran guna memiliki jenis mobil mewah cukup ekstra lantaran pengguna juga diharuskan melakukan perawatan, pembelian dengan tarif di atas kendaraan biasa. Hal ini turut mempengaruhi terhadap nilai dollar pada rupiah. Karena barang ini merupakan hasil importir sehingga memerlukan alat tukar internasional berupa mata uang negara tersebut.

Karenanya jika permintaan mengenai kendaraan mewah meningkat maka harganya menjadi lebih tinggi begitupun nilai rupiah di mata dollar.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Gaya Hidup Modern di Masyarakat

Memiliki smartphone tercanggih

Contoh selanjutnya adalah kala seseorang tersebut memilih menggunakan smartphone canggih ketimbang handphone biasa. Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan gadget saat ini merupakan hal terpenting untuk menunjang berbagai aktivitas. Seperti bekerja berbelanja bahkan untuk sekolah sekarang ini dilakukan secara daring.

Tetapi para pengguna gaya hedonisme memilih tipe smartphone tercanggih padahal jenis biasa pun mereka bisa menggunakannya. hal ini ini merupakan pemborosan daripada pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Menyukai berbelanja secara berlebihan

Sifat yang satu ini umumnya dimiliki oleh kaum wanita. Sebab mereka gemar ke tempat perbelanjaan seperti mall atau swalayan guna membeli kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi begitu melihat barang yang dipajang orang tersebut cenderung kalap dan malah membeli semua keinginannya.

Bahkan barang tersebut bukanlah termasuk hal yang ia butuhkan. Berbelanja bukanlah sebuah gaya hidup hedonisme jika pembelian dilakukan berdasarkan kebutuhan. Tapi saat hanya berdasarkan keinginan atau sering disebut lapar mata apalagi produk dibeli termasuk golongan mahal maka ini adalah hedonis.

Kebutuhan pangan namun bermenu mewah

Makan merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang sehari-hari. Akan tetapi jika menu di dalamnya tergolong mewah misalnya daging atau bahan makanan dengan harga mahal maka ini adalah sifat pemenuhan keinginan. Sah-sah saja jika Anda menginginkan menu khusus pada hari tertentu tetapi jika setiap hari dimakan maka ini merupakan hedonis.

Beberapa contoh gaya hidup hedonisme tersebut sering ditemukan pada masyarakat sekitar. Bahkan bukan hanya dari golongan atas saja. Terkadang mereka ikut-ikutan trend dengan harga mewah tapi pada dasarnya tidak dibutuhkan.