Selama ini, banyak orang yang beranggapan kalau media sosial hanya memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Padahal, banyak dampak positif media sosial yang sebenarnya bisa Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Media sosial memang tidak bisa lepas dari konten viral yang bisa jadi sangat mengganggu atau tidak penting. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri juga kalau Anda telah banyak mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan media sosial.

Manfaat media sosial sendiri rupanya tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, tetapi juga oleh kaum remaja.  Saat ini, media sosial seolah-olah sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi para remaja di seluruh belahan dunia.

Bagaimana Kata Para Ahli soal Dampak Positif Media Sosial?

Dampak positif dari media sosial nyatanya tidak hanya diamini oleh seluruh penggunanya. Para ahli juga menyebutkan kalau media sosial sebenarnya mempunyai banyak dampak positif yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari.

Salah satu dampak positif media sosial menurut para ahli yang dipublikasikan disampaikan oleh Dr. Simon Hammond dari Centre for Research on the Child and Family (CRCF) dari University of East Anglia, Inggris.

Dalam penelitiannya, Dr. Simon Hammond melakukan penelitian terhadap empat pemukiman di Inggris. Media sosial yang menjadi objek penelitian Dr. Simon Hammond kali ini adalah WhatsApp, Facebook, Instagram, dan aplikasi media sosial lainnya.

Hasil penelitian Dr. Simon Hammond, yang dimuat dalam British Journal of Social Work, tersebut menemukan beberapa dampak positif media sosial bagi remaja. Setidaknya, ada tiga dampak positif media sosial yang bisa dirasakan oleh remaja berdasarkan temuan Dr. Simon Hammond.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Gaya Hidup Modern di Masyarakat

Berikut tiga dampak positif media sosial yang dirasakan oleh para remaja berdasarkan penelitian Dr. Simon Hammond:

1. Mendapatkan dukungan emosional dari kawan-kawan di media sosial

Media sosial rupanya bisa memberikan dukungan emosional kepada anak Anda yang sudah menginjak masa remaja. Tak jarang, para remaja mendapatkan banyak teman dari media sosial.

Bahkan, bisa jadi teman dari media sosial yang anak Anda kenal memiliki hubungan yang lebih dekat dibandingkan dengan temannya yang ada di dunia nyata. Mereka juga bisa mendapatkan motivasi atau sekedar hiburan dari temannya di media sosial.

2. Mendorong para remaja untuk bersosialisasi dengan orang lain

Sesuai dengan pengertian media sosial yang dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, para remaja juga bisa terdorong untuk bersosialisasi dengan menggunakan media sosial.

Mungkin anak Anda yang sudah menginjak remaja kurang bisa bersosialisasi dengan teman sejawatnya karena malu untuk berbicara. Namun, tak jarang mereka lebih aktif dan mampu vokal ketika berkomentar melalui tulisan.

Tak jarang, anak Anda yang saat ini menginjak usia remaja bisa memiliki banyak kenalan dan membangun koneksi dengan banyak orang, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

3. Membuat para remaja bertemu dengan komunitas impiannya

Selain bisa bersosialisasi dengan banyak orang di seluruh dunia, anak Anda yang menginjak usia remaja bisa jadi menemukan komunitas impiannya melalui media sosial. Media sosial memang menjadi wadah banyak komunitas saat ini.

Mereka mungkin bisa mendapatkan hard skill dan soft skill dari penggunaan media sosial sehari-hari.

Penutup

Selain yang disampaikan di atas, contoh dampak positif media sosial bagi remaja tentunya masih sangat banyak. Mungkin, Anda sudah mengetahui dan menyadarinya sendiri.

Namun, apapun dampak positif media sosial yang bisa dirasakan oleh para remaja, tentunya Anda sebagai orang tua atau orang terdekatnya harus terus mengawasi dan mengontrol penggunaannya.

Dengan demikian, Anda sebagai remaja dan orang tua dari remaja tetap bisa merasakan dampak positif dari media sosial, tetapi juga terhindar dari dampak negatif media sosial.