Harga burung anis merah memang tidak pernah lepas dari topik perbincangan para penghobi burung kicau. Anis merah sendiri merupakan jenis burung berukuran sedang dengan suara cuitan yang khas. Karenanya burung ini tidak kalah banyak diminati oleh pasar luas.

Ketahuilah selain anis merah terdapat jenis lainnya yang masih termasuk dalam keluarga burung anis. Jenis ini biasanya terbagi berdasarkan warna atau berdasarkan silangan burungnya. Tidak ada salahnya untuk mengenal harga burung anis merah sekaligus mengenal keluarganya, bukan?

Jenis-Jenis Burung Anis

Pasar burung yang luas di Indonesia menyebabkan varietas burung berkembang cukup pesat, termasuk pada jenis burung anis yang memiliki banyak pembagian jenis burung lagi di dalamnya. Berikut jenis-jenis burung anis yang ada di Indonesia:

1. Anis Merah (Geokichla citrina)

Anis Merah Geokichla citrina

Paling terkenal dari jenis anis lainnya, burung anis merah memiliki ciri khas warna kepala dan badan yang berwarna merah hingga jingga terang yang mencolok. Burung kecil dengan ekor pendek ini banyak diburu karena cuitannya yang lantang dan panjang.

Tidak dominan secara keseluruhan berwarna jingga, anis merah memiliki aksen warna hitam, abu atau coklat di bagian punggung dan sayapnya. Harga burung anis merah asli gacor bisa dipatok hingga harga 2 juta rupiah.

2. Anis Biru (Cyornis unicolor)

Anis Biru Cyornis unicolor

Sesuai dengan namanya burung anis jenis ini memiliki bulu berwarna biru yang indah. Warna ini menjadi salah satu daya tariknya yang sekaligus membuat harganya melambung cukup tinggi. Warna biru yang terdapat pada bulu bisa beragam.

Mulai dari biru muda hingga biru tua bisa muncul bergantung pada pembagian jenisnya lagi. Warna biru biasanya dibarengi dengan munculnya aksen warna putih di bagian kepalanya, sedangkan warna abu muncul di bagian punggung hingga sayapnya.

3. Anis Kuning (Turdus obscurus)

Anis Kuning Turdus obscurus

Terkenal sebagai jenis burung yang cantik, anis kuning memiliki warna bulu yang sangat menarik. Warna jingga hingga kuning jadi warna dominan untuk jenis ini. Terdapat juga corak putih yang memisahkan bagian bola mata atas dan bawahnya.

Burung yang menyandang nama ilmiah Turdus obscurus ini juga memiliki warna gelap seperti hitam atau abu. Warna coklat juga tidak jarang mampir sebagai corak di bagian sayap maupun bagian ekornya.

4. Anis Siberia (Geokichla sibirica)

Anis Siberia Geokichla sibirica

Sesuai namanya, burung anis Siberia berasal jauh dari daratan Eropa. Burung yang berasal dari benua biru ini memiliki bulu dengan warna dominan biru. Aksen bulu berwarna putih juga bisa ditemukan di bagian atas alisnya.

Warna biru pada bulu hanya bisa ditemukan pada jenis jantan. Untuk anis Siberia berjenis betina memiliki warna yang lebih pekat yakni coklat hingga kehitaman. Harga burung ini sedikit tinggi karena bulunya dan asalnya yang jauh.

5. Anis Hutan (Zoothera andromedae)

Anis Hutan Zoothera andromedae

Hutan yang memiliki kerapatan ruang membuat beragam satwa di dalamnya beradaptasi dengan lingkungannya. Salah satunya burung jenis anis hutan yang mengalami adaptasi dan berdampak pada warna bulu tubuhnya.

Jenis anis hutan memiliki bulu dengan warna yang cenderung gelap. Tidak jarang warna hitam hingga paling cerah berwarna abu. Aksen putih dikatakan sebagai bentuk kamuflase untuk menyatu dengan ranting atau semak semak yang sedang dihinggapinya.

6. Anis Kembang (Geokichla interpres)

Anis Kembang Geokichla interpres

Jenis anis kembang menjadi primadona karena corak bulu sekitar sayapnya yang indah seperti bunga atau kembang. Jenis ini merupakan jenis dengan ukuran paling kecil dibanding dengan jenis lainya. Anis kembang memiliki ciri khasnya tersendiri.

Kepalanya cenderung berwarna merah kecoklatan sedangkan bagian punggung dan badannya dominan berwarna hitam. Burung ini memiliki aksen bulu berwarna putih atau coklat muda di ujung bagian sayap maupun ekor pendeknya.

7. Anis Gunung (Turdus poliocephalus)

Anis Gunung Turdus poliocephalus

Anis gunung memiliki warna lebih cerah ketimbang anis hutan. Warna coklat menjadi warna dasar dari bulunya. Bagian perutnya memiliki bulu berwarna merah padam, sedangkan pada bagian kepalanya terdapat aksen warna kuning yang melingkar di sekitar bola matanya. 

Warna cantik tersebut bisa jadi lebih terang pada jenis anis gunung jantan. Karenanya walaupun sulit didapatkan burung jenis ini tetap banyak diminati. Selain harganya yang mahal, perawatan burung jenis ini sedikit berbeda menyesuaikan habitat aslinya di pegunungan.

8. Anis Macan (Geokichla dohertyi)

Anis Macan Geokichla dohertyi

Nama “macan” dalam jenis anis macan diadaptasi dari corak macan asli. Pasalnya, jenis ini memiliki corak khas bintik bintik yang terlihat seperti corak macan. Begitu pula dengan warna bulunya yang memiliki warna sejenis dengan bulu macan.

Warna orange, hitam, putih dan abu berpadu dalam satu tubuh yang sama. Warna gelap pada bagian punggung dan sayap tidak terlepas dari aksen warna orange dan putih. Pada bagian pinggir dan badannya terdapat corak totol hingga garis.

9. Anis Bambu

Anis Bambu

Anis bambu merupakan jenis anis yang paling banyak ditemukan di habitat ditumbuhi banyak bambu. Bentuknya yang ramping dengan warna dominan coklat hingga hitam membuat jenis ini terlihat lebih elegan.

Warna gelap menyeluruh menyelimuti bagian kepala hingga bagian ekor. Sementara bagian tubuhnya tidak jarang memiliki warna lebih cerah seperti kuning pucat hingga ke abu muda. Anis bambu banyak ditemukan di Pulau Jawa.

10. Anis Bali (Zoothera citrina)

Anis Bali Zoothera citrina

Serupa dengan burung jalak bali yang memiliki aksen garis pada matanya, anis bali juga demikian. Keunikan corak ini menjadikannya banyak diminati sama seperti jenis anis merah.

Anis bali memiliki warna dominan kuning kecoklatan, sedangkan aksen garis pada bagian matanya berwarna hitam. Tidak hanya itu, bagian badan juga seringkali dihiasi dengan aksen garis coklat.

Harga Burung Anis Merah dan Anis Jenis Lainnya

Harga menjadi salah satu pertimbangan bila hendak membeli sesuatu termasuk membeli burung peliharaan. Umumnya, harga burung anis khususnya jenis anis merah paling rendah berkisar Rp 200.000,-. Sebagai gambaran, berikut kisaran harga burung anis merah dan anis jenis lainnya:

No Jenis Burung Anis Kisaran Harga
1.  Burung Anis Merah Bakalan / Anakan Rp 200.000,- s/d Rp 300.000,-
2.  Burung Anis Merah Dewasa Rp 400.000,- s/d Rp 800.000,-
3.  Burung Anis Biru Rp 550.000,- s/d Rp 700.000,-
4.  Burung Anis Kuning Rp 300.000,- s/d Rp 400.000,-
5.  Burung Anis Siberia Rp 400.000,- s/d Rp 500.000 –
6.  Burung Anis Cendana Rp 350.000,- s/d Rp 400.000,-
7.  Burung Anis Kembang Rp 300.000,- s/d Rp 600.000,-
8.  Burung Anis Macan Rp 300.000,- s/d Rp 350.000,-
9.  Burung Anis Batu Rp 300.000,- s/d Rp 400.000,-
10.  Burung Anis Bambu Rp 350.000,- s/d Rp 400.000,-
11.  Burung Anis Cacing Rp 350.000,- s/d Rp 400.000,-
12.  Burung Anis Bali Rp 400.000,- s/d Rp 600.000,-

 

Harga burung anis merah gacor bisa saja berbeda dari kisaran harga di atas. Mengetahui harga bisa bermanfaat banyak bagi Anda yang ingin menjadikan hobi sekaligus bisnis burung anis terutama jenis anis merah. Jadi, sudahkah Anda menentukan mana burung yang akan dipelihara dari daftar di atas?

Baca juga: