Burung beo menjadi salah satu spesies burung yang disukai dan menarik untuk dipelihara. Kecerdasan dan kemampuannya untuk menirukan suara merupakan daya tarik yang melekat pada karakteristiknya. Di balik itu semua, sebenarnya berapa harga burung beo di Indonesia?

Mengapa Banyak Orang Menyukai Burung Beo?

Mengapa Banyak Orang Menyukai Burung Beo

Membesarkan dan melatih burung beo memang tergolong mudah karena tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Apabila latihan dilakukan secara telaten, tidak menutup kemungkinan bahwa beo semakin fasih dalam menirukan suara di sekitarnya.

Uniknya, burung beo juga memiliki lidah yang bisa membedakan sekaligus melafalkan huruf vokal layaknya a dan o. Hal tersebut tentu berhubungan dengan daya ingat burung beo yang benar-benar kuat dalam mempelajari lingkungan baru.

Namun, tidak perlu khawatir jika suatu saat burung beo merasa malas-malasan untuk menirukan suara karena bisa jadi moodnya kurang baik. Salah satu solusinya adalah dengan mengajak burung beo bermain dengan rutin.

Jika berbicara soal harga, tentu burung beo termasuk dalam golongan yang bersaing. Variasinya juga bisa disesuaikan dengan kondisi terbaik dari burung beo saat itu. Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin banyak nominal budget yang harus disediakan.

Jenis-Jenis Burung Beo

Burung beo memang kental berasal dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Masing-masing daerah di Indonesia ternyata mempunyai burung beo khasnya sendiri. Karakteristik fisiknya memang membedakan satu dengan yang lain, namun kecerdasannya tidak diragukan lagi.

1. Beo Nias

Beo Nias

Beo Nias

Jika dilihat secara langsung, mungkin penampakan burung ini sama dengan beo lainnya. Namun, penggemar beo nias sudah pasti tahu bahwa pembedanya adalah badan yang lebih besar dan gagah.

Beo nias memiliki bulu kepala yang cenderung pendek dengan sepasang pial kuning pada masing-masing sisinya. Paruhnya tergolong runcing dan besar dengan warna kuning agak orange. Sekujur tubuhnya ditutupi bulu hitam pekat serta ujung yang berwarna putih.

2. Beo Jawa

Beo Jawa

Beo Jawa

Sekilas, beo jawa tampak sangat menyerupai beo nias. Tetapi, beo jawa tergolong berukuran lebih kecil dengan panjang tubuh sekitar 29 sampai 30 cm. Bentuk jenggernya juga berbeda dengan bulu-bulu hitam legam sebagai keunikan khas dari spesies burung beo.

Dengan jumlahnya yang sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, tidak heran kalau beo jawa banyak dipelihara. Bahkan, beo jawa sudah bisa ditemukan di pasar burung yang ramai dikunjungi. Tidak hanya ditemukan di dalam negeri, ternyata beo ini juga menempati negara lain di Asia Selatan.

3. Beo Enggano

Beo Enggano

Beo Enggano

Merupakan salah satu variasi endemik yang hanya ditemukan di Pulau Enggano, Sumatera Barat. Biasanya, burung ini hidup di alam dengan habitat pada tepi hutan. Jika berbicara soal fisik, beo enggano masih begitu mirip dengan beo nias.

Termasuk dalam hewan omnivora karena bisa makan nektar, buah-buahan, maupun serangga. Paruhnya berwarna orange dan terlihat kokoh serta lebih besar.

4. Beo Papua

Beo Papua

Beo Papua

Variasi beo yang satu ini memiliki kisaran panjang tubuh mulai dari 25 sampai 30 cm. Ciri khas yang membedakannya dari burung beo lain adalah kulit yang berwarna kuning dan hampir memenuhi seluruh bagian wajahnya.

Umumnya, kulit ini punya tekstur yang berbeda pada setiap ekor beo papua. Mungkin beo yang satu ini jarang bersiul, namun kemampuannya tetap fasih dalam menirukan suara manusia.

5. Beo Kalimantan

Beo Kalimantan

Beo Kalimantan

Jika dibandingkan dengan beo lain di kelasnya, nyatanya variasi kalimantan bisa dipatok dengan harga yang paling mahal. Warna kepalanya condong ke arah kuning dengan paruh yang lebih melengkung. Ada juga beo kalimantan yang mempunyai bulu lebih pendek dan bisa dihargai lebih murah.

6. Beo Albino atau Beo Putih

Beo Putih

Beo Putih

Termasuk burung beo yang langka dan susah didapatkan sampai-sampai bisa dihargai sangat mahal. Beo albino memang banyak mengikuti perlombaan sehingga banyak menyandang gelar kemenangan di kelasnya.

Fisik burung ini memang paling besar dibandingkan jenis beo lainnya. Seperti namanya, burung beo albino punya bulu yang putih bersih dengan paruh yang terlihat kokoh. Kecerdasannya dan kemampuannya memang mampu dipertandingkan.

7. Beo Medan

Beo Medan

Beo Medan

Salah satu burung beo yang termasuk mudah dalam pembiakan dan perawatannya, asalkan kebutuhan gizi maupun kebersihannya diperhatikan. Harga burung beo medan tergolong menengah ke atas dengan variasi penawaran beragam. Bulunya hitam pekat, sama seperti varian beo khas lainnya.

Cara Memilih Burung Beo

Cara Memilih Burung Beo

Sebelum membeli burung beo favorit, tentu ada beberapa cara atau tips terbaik untuk memilihnya. Hal ini akan berpengaruh pada karakteristiknya sewaktu sudah bertumbuh dewasa. Apa saja yang perlu diperhatikan?

  • Pilih yang kepalanya cepak, terdapat bulu-bulu yang cenderung jarang pada bagian atas kepalanya.
  • Mempunyai iris mata yang warnanya gelap atau pekat.
  • Masih ada jengger atau gelambir yang ukurannya pendek.
  • Bentuk badannya tergolong besar.
  • Paruhnya berwarna kuning karena anggapannya lebih cerdas daripada beo yang paruhnya berwarna orange.

Daftar Harga Burung Beo Terbaru

Daftar Harga Burung Beo Terbaru

Dengan banyaknya jenis yang tersebar di Indonesia, tentu perlu beberapa referensi untuk membantu memperkirakan budget yang harus disediakan dalam mengadopsi burung beo. Apalagi jika kondisi burung beo tersebut juga memungkinkan dihargai agak mahal.

Jenis

Harga

Beo jawa anakan

Rp750.000,00-Rp1.000.000,00

Beo anakan

Rp1.250.000,00

Beo enggano

Rp1.250.000,00-Rp2.000.000,00

Beo flores

Rp1.250.000,00-Rp2.000.000,00

Beo mentawai

Rp1.300.000,00-Rp1.750.000,00

Beo muda hutan jantan

Rp1.350.000,00

Beo nias anakan

Rp1.500.000,00

Beo medan

Rp1.500.000,00-Rp1.700.000,00

Beo jawa dewasa

Rp1.500.000,00-Rp3.000.000,00

Beo lolohan anakan

Rp1.900.000,00

Beo papua anakan

Rp2.000.000,00

Beo pelawan (filipina)

Rp2.500.000,00-Rp3.750.000,00

Beo sunda

Rp2.750.000,00-Rp4.000.000,00

Beo kalimantan bulu pendek

Rp3.000.000,00

Beo indocina

Rp3.750.000,00-Rp4.500.000,00

Beo srilanka

Rp4.500.000,00-Rp6.000.000,00

Beo kalimantan

Rp5.000.000,00

Beo india (bastar)

Rp5.250.000,00-Rp6.000.000,00

Beo albino anakan

Rp10.000.000,00

Beo albino

Rp150.000.000,00

Cara Merawat Burung Beo yang Tepat

Cara dan Tips merawat burung beo

Setelah memilih dan membeli burung beo yang diinginkan, tentu pemeliharaannya juga harus diperhatikan. Apalagi, sangat disayangkan jika burung yang harganya mahal, istimewa, dan berkualitas malah tidak mendapatkan perawatan intensif dalam berbagai aspek kebutuhannya.

Oleh sebab itu, pecinta dan pemelihara burung beo juga harus mengutamakan hal-hal penting berikut selama merawatnya, yaitu:

  • Siapkan kandang dengan ukuran sedang dan tidak terlalu besar dalam upaya mencegah beo menjadi agresif.
  • Mandikan burung beo setiap hari.
  • Berikan pakan hingga dua kali sehari dengan takaran yang cukup sesuai kebutuhan.
  • Siapkan air minum dalam jumlah cukup dan pastikan beo tidak kekurangan.
  • Pemilihan makanannya juga bisa berupa pakan buatan, buah-buahan, maupun pelet dengan kualitas terjamin agar disukai oleh burung beo.
  • Kandang harus bisa dibersihkan secara rutin dan diupayakan setiap hari. Tetapi, jika ada kesibukan tertentu paling tidak dilaksanakan hingga 3 kali dalam seminggu.
  • Burung beo adalah salah spesies yang memang sensitif dan mudah stress. Sediakan waktu untuk bermain bersamanya karena jika dibiarkan sendiri bisa berakibat buruk bagi hidupnya.

Harga burung beo di atas adalah gambaran umum yang boleh dijadikan acuan dalam mempertimbangkan pembeliannya di pasaran. Keistimewaan yang dimiliki oleh burung beo akan semakin memikat pemiliknya untuk mengembangbiakkan sekaligus memeliharanya dengan maksimal.

Baca juga: