Burung blackthroat termasuk dalam jajaran hewan yang banyak ditangkarkan sebagai hewan peliharaan. Tidak hanya dijadikan hobi, memelihara burung juga bisa jadi peluang bisnis, terutama karena harga burung blackthroat yang cukup bersaing di pasar burung Indonesia.

Burung ini terkenal dengan rupa unik dengan gacoran super panjang pada jenis masterannya. Sesuai namanya, blackthroat umumnya memiliki aksen hitam pada tubuhnya. Tidak hanya terlihat gagah, burung ini juga memiliki cuitan yang khas dan cukup keras.

Asal Tempat Burung Blackthroat

Asal Tempat Burung Blackthroat

Tidak pasti sebenarnya dari mana asal habitat asli burung blackthroat. Namun, sumber menyebutkan burung ini tersebar di beberapa belahan dunia dan menjadi satwa endemik di daerahnya sendiri. Blackthroat di Indonesia sendiri banyak tersebar di Pulau Kalimantan, Bali hingga Jawa.

Karenanya burung ini banyak disematkan nama daerah seperti halnya pada blackthroat Bali. Pada dasarnya, burung blackthroat yang dijual di pasar Indonesia bersumber dari tempat yang sama. Namun, bisa saja kualitasnya berbeda tergantung pada treatment penjualan.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila Anda mendapatkan burung blackthroat asli keturunan luar negeri. Negara seperti China dan Afrika juga memiliki varietas blackthroatnya sendiri. Kegiatan importir juga memungkinkan penyebarannya hingga Indonesia.

Ini juga yang menyebabkan harga burung blackthroat berbeda beda. Selain karena asalnya, harga burung juga bisa bergantung pada cuitan, bentuk dan coraknya. Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai Anda salah memilih burung blackthroat, karena memiliki bentuk serupa burung sanger.

Ciri Burung Blackthroat

Ciri Burung Blackthroat

Harga burung blackthroat 2021 mungkin akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya namun tidak mempengaruhi ketenarannya.

Tidak sedikit yang sulit membedakan antara burung blackthroat dengan burung lainnya. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pembeda. Berikut pemaparannya:

1. Berukuran Sedang sekitar 12cm

Ciri umum yang pertama bisa dikenali dari bentuk tubuhnya. Burung blackthroat memiliki tubuh dengan panjang sekitar 12 cm atau tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Ukuran ini berlaku untuk burung jantan maupun betina.

Bentuk yang tidak terlalu besar ini bisa jadi pembeda dengan jenis burung lainnya. Terlebih burung ini juga memiliki bentuk yang ramping hingga ke bagian ekor. Akan sangat mudah untuk membedakan jenis burung ini melalui ukuran dan bentuknya.

2. Memiliki Warna Dasar Coklat, Hitam, Abu

Burung blackthroat tidak hanya memiliki warna dasar hitam seperti namanya. Burung ini juga memiliki warna bulu dasar lainnya seperti coklat, hitam, hingga abu. Berbeda dengan burung hias lain yang kebanyakan memiliki warna dasar cerah.

Pada burung kenari biasa misalnya yang memiliki warna dasar kuning hingga orange. Maka, akan sangat mudah untuk membedakan kenari jenis biasa dengan burung blackthroat. Warna coklat, hitam, abu bisa jadi hanya muncul salah satunya atau bisa juga bercampur ketiganya.

3. Terdapat Warna Hitam di Bagian Leher Bawah

Penamaan blackthroat ditujukan pada ciri khas burung yang memiliki spot bulu berwarna hitam di leher bagian bawah. Warna hitam ini di bagian bawah ini selanjutnya selalu diidentikkan dengan burung satu bertubuh ramping ini.

Spot warna gelap ini terbilang unik karena tidak semua jenis burung memiliki corak seperti ini. Corak hitam bisa jadi menyebar dengan bentuk bintik hitam. Bintik tersebut bisa terlihat di bagian kepala hingga ke bagian sayap.

4. Memakan Biji Bijian atau Sayuran

Blackthroat dengan paruh melengkung dan lancip di ujungnya. Ini mengindikasikan bahwa burung merupakan pemakan biji-bijian. Selain itu, blackthroat juga memakan sayur hijau. Kedua hal ini bisa dijadikan ciri khusus.

Bila Anda menemukan burung yang disebut blackthroat namun memakan daging, maka bisa dipastikan itu bukan jenisnya. Pintar-pintarlah memilih dan memastikan burung yang dibeli merupakan burung jenis blackthroat.

5. Suara Khas yang Panjang

Blackthroat dikenal sebagai jenis burung dengan cuitan panjang dan cukup tebal. Ciri ini bisa dikenali pada blackthroat yang sudah dewasa. Biasanya blackthroat dewasa bisa melakukan cuitan khas dari jenisnya.

Mungkin ciri ini lebih bisa dikenali oleh orang yang berpengalaman. Namun, dengan mengenalnya lebih awal siapa tahu seorang awam pun bisa ikut mengenalinya. Anda pun bisa terjauh dari kemungkinan penipuan penjual.

Harga Burung Blackthroat 2021

Suara cuitan khasnya yang merdu dan Panjang tidak jarang membuat harga blackthroat melonjak naik. Satu burung bisa dihargai hingga 1 juta rupiah bahkan lebih. Anda yang berminat membeli burung bertubuh ramping ini sebaiknya mengenal kisaran harga berikut:

  1. Harga blackthroat untuk masteran yaitu sekitar Rp1.200.000 harga tergantung kualitas dan durasi dari kicauan blackthroat itu sendiri.
  2. Harga blackthroat jantan lokal sekitar Rp1.000.000 harga tergantung daerah, tiap daerah tentunya berbeda-beda.
  3. Harga blackthroat betina lokal yaitu sekitar Rp800.000 yang sudah siap masuk kandang ternak.
  4. Harga blackthroat anakan sekitar Rp650.000 harga tergantung kualitas indukan blackthroat.
  5. Harga blackthroat import sekitar Rp900.000 jaminan jantan dan burung sudah mulai ngerol.
  6. Harga blackthroat lokal sepasang mulai Rp1.800.000 sampai Rp2.500.000 
  7. Harga blackthroat  botswana afrika mulai sekitar Rp800.000.
  8. Harga blackthroat bakalan jantan sekitar Rp800.000.
  9. Harga blackthroat bakalan betina sekitar Rp700.000.
Jenis Burung Kisaran Harga
Burung blackthroat masteran Rp 1.200.000,-
Burung blackthroat jantan lokal Rp 1.000.000,-
Burung blackthroat betina lokal Rp 800.000,-
Burung blackthroat anakan lokal Rp 650.000,-
Burung blackthroat import Rp 900.000,-
Burung blackthroat lokal sepasang Rp 1,800.000,- s/d Rp 2.500.000,-
Burung blackthroat Botswana Rp 800.000,-
Burung blackthroat bakalan jantan Rp 800.000,-
Burung blackthroat bakalan betina Rp 700.000,-

Cara Sederhana Merawat Blackthroat

Cara Sederhana Merawat Blackthroat

Berminat untuk memelihara blackthroat? Harga burung blackthroat gacor bisa melambung lebih tinggi, karena burung ini bisa sangat menguntungkan saat dipelihara. Pasalnya, burung tidak membutuhkan perawatan yang terlalu mahal. Berikut cara sederhana merawat blackthroat:

1. Buat Kandang yang Cukup Luas

Kendang yang luas memungkinkan burung untuk bergerak lebih bebas. Ini juga bisa meminimalisir kemungkinan stres pada burung. Perlu diperhatikan jangan berikan kendang yang terlalu luas bila ditujukan hanya untuk satu burung blackthroat.

Untuk satu burung idealnya berikan kendang dengan ukuran 75 cm x 100 cm atau 1 m x 1,5m paling luas. Gunakan rerantingan alami di dalamnya untuk tempat burung bertengger. Perhatikan juga letak tempat makan dan minum untuk tidak terlalu berdekatan.

2. Bersihkan Kandang Setiap Hari

Kedua, bersihkan kendang setiap hari. Kebersihan bisa jadi pintu awal untuk menjamin kesehatan burung peliharaan. Pasalnya, kandang kotor bisa memicu tumbuhnya jamur, bakteri, hingga virus yang cukup berbahaya.

Kandang yang kotor juga secara tidak langsung bisa mengkontaminasi udara yang dihirup oleh pemiliknya. Karenanya bersihkan kandang secara rutin setiap hari pada pagi hari. Pembersihan menyeluruh juga bisa dilakukan pada tempat makan dan minumannya.

3. Beri Pakan Seimbang dan Terjadwal

Terakhir, berikan burung pakan dengan gizi seimbang dan terjadwal. Gizi seimbang bisa bersumber dari kacang kacangan yang diberikan setiap harinya. Tambahkan juga sayur hijau seperti sawi atau bisa juga timun segar sebagai tambahan pakannya.

Jangan lupa juga untuk memberikan pakan secara terjadwal dengan memperhatikan pasokan air untuk burung Anda. Anda bisa memberikan pakan sehari sekali sebanyak 1 sendok takar. Lalu untuk pakan tambahan bisa diberikan 2 hingga 3 hari sekali.

Tidak hanya yang gacor, harga burung blackthroat anakan juga bisa jadi dijual dengan harga tinggi. Blackthroat yang termasuk burung yang mudah dipelihara bahkan diternakkan tentu bisa jadi bahan bisnis menguntungkan dengan berpacu pada harga burung blackthroat terupdate.

Baca juga: