Berperawakan kecil dengan suara yang khas, burung cendet atau nama lain pentet memiliki pesona yang membuatnya diburu banyak hobiis burung. Meskipun terlihat imut dan harga burung cendet termasuk murah, namun sebenarnya burung ini terbilang agresif dan merupakan pemburu mangsa yang handal.

Sekilas memang terlihat bahwa burung cendet hampir mirip-mirip, padahal ada lebih dari empat jenis yang terkenal. Agar bisa menghasilkan suara yang bagus, tentunya selain anakan yang berkualitas, juga tergantung kepada perawatan sehari-hari yang dilakukan pemiliknya.

Jenis-Jenis Burung Cendet (Pentet)

1. Burung Cendet Biasa

Burung Cendet Biasa

Jenis burung ini adalah jenis yang paling umum kita temui di pasar burung atau tempat yang memperjualbelikan unggas peliharaan. Postur tubuhnya tidak terlalu besar dengan suara nyaring.

Jika dilihat sekilas, burung jenis ini memang terlihat pendiam dan sesekali suka berpindah-pindah tempat bertengger. Namun, sebenarnya burung cendet biasa ini cukup liar dan agresif.

Bahkan, jika Anda baru saja membelinya, Anda harus waspada ketika memberi makan. Sebab, terkadang dia masih suka mematuk. Paruh cendet terbilang kuat karena terbilang sebagai hewan karnivora. Jadi, sekali dia mematuk tangan, bisa-bisa tangan Anda akan berdarah.

Dengan demikian, maka Anda harus hati-hati ketika memelihara burung ini. Untuk ukuran harga, burung cendet terbilang murah. Jika membeli dari yang masih anakan, Anda bisa mendapatkan harga mulai dari 35 ribu rupiah. 

2. Burung Cendet Macan

Burung Cendet Macan

Tentunya, penamaan burung cendet macan ini bukan tanpa alasan. Jika dilihat pada bagian bulu badannya, Anda akan melihat pola dengan garis-garis yang menyerupai macan. Maka dari itulah burung ini disebut cendet macan atau tiger shrike.

Keunikan inilah yang membedakan jenis cendet ini dengan cendet lainnya. Burung ini bukan burung endemik Indonesia, melainkan dari Siberia. Maka, burung ini membutuhkan perlakuan khusus ketika dipelihara.

Sebab Siberia merupakan negara dengan musim dingin yang panjang, sedangkan Indonesia adalah negara dengan iklim tropis. Tidak setiap hari kita bisa melihat burung ini berkeliaran di langit Indonesia.

Biasanya mereka akan terlihat di sekitaran bulan Agustus hingga September, yaitu ketika masa migrasi tiba. Hal ini dikarenakan musim kawin segera tiba dan mereka membutuhkan wilayah yang cukup hangat namun tetap terasa dingin, seperti musim hujan di Indonesia.

Walaupun berada di satu spesies, namun tetap ada perbedaan antara cendet macan jantan dan betina.

Cendet macan jantan memiliki bagian perut yang didominasi dengan warna putih hingga bagian dada. Sedangkan yang betina tidak memiliki corak tersebut, kalau ada  warnanya pun tidak seputih cendet jantan.

Bagian kepala cendet jantan berwarna abu-abu sedangkan betina berwarna coklat kusam. Pada bagian mata, lingkaran hitam di sekitar mata cendet jantan lebih pekat dibandingkan dengan cendet betina.

Pernapasan cendet macan terbilang pendek, sehingga dia menghasilkan suara kicauan yang putus-putus. Untuk harga burung cendet sendiri terbilang cukup mahal untuk bakalannya, yaitu sekitar 160 ribu rupiah.

3. Burung Cendet Matahari

Burung Cendet Matahari

Perbedaan mencolok yang membedakan antara cendet matahari dengan cendet lainnya adalah pada variasi lagu kicauan. Ketika cendet lainnya memiliki lagu yang bermacam-macam pada kicauan mereka, cendet matahari cenderung lebih monoton.

Walau demikian, suara cendet matahari lebih merdu dibandingkan dengan cendet jenis lainnya. Maka dari itulah, cendet matahari lebih sering dijadikan sebagai cendet kontes dibandingkan jenis lainnya.

Sebab, dengan pola latihan yang benar, maka cendet matahari masih bisa menghasilkan kicauan yang berbeda, sebanyak 2 hingga 3 kali jenis kicauan. Selain itu, nyali petarung cendet ini juga lebih besar.

Perbedaan mendasar yang bisa dilihat antara cendet matahari jantan dan betina adalah terletak pada bagian pipi. Pada cendet matahari jantan, pipi mereka memiliki bulu yang berwarna hitam pekat sehingga terlihat lebih maskulin.

Sedangkan pada cendet matahari betina, pada bagian pipinya juga berwarna hitam, tetapi lebih samar. Harga burung cendet matahari biasanya berkisar antara 60 ribu hingga 160 ribu rupiah untuk bakalannya.

4. Burung Cendet Kembang

Burung Cendet Kembang

Bagi orang-orang yang awam dengan dunia perburungan, tentu akan agak kesulitan membedakan antara cendet kembang dengan cucak matahari. Padahal keduanya adalah spesies yang berbeda walaupun sekilas memiliki kesamaan bentuk fisik. 

Burung ini terbilang langka, walaupun demikian, harga burung cendet termahal untuk jenis ini hanya dibanderol dengan 100 ribu rupiah saja untuk bakalannya. Ini tentu merupakan harga yang terbilang sangat murah. 

Bentuk fisik yang mencolok dari burung jenis ini adalah warna coklat tua yang mentereng pada bulunya. Kemudian jika dilihat pada bagian punggung, akan terdapat garis-garis halus. Pada bagian mata, yaitu lebih tepatnya bagian iris, burung cendet kembang memiliki warna merah cerah.

Keunggulan lain dari burung ini adalah suaranya yang sangat menawan. Maka tak heran jika posisi burung cendet dengan suara terbaik dimiliki oleh jenis ini. Namun sayangnya, karena populasinya yang terus berkurang, burung jenis ini sudah mulai dilarang untuk dipelihara. 

Perawatan Burung Cendet

  • Kebersihan kandang adalah hal yang utama. Sebab burung ini akan mengalami stress jika berada pada lingkungan yang kotor. Selain itu, kandang yang tidak bersih juga akan berpotensi membawa penyakit pada burung.
  • Pengetahuan akan perbedaan jantan dan betina juga harus dimiliki pemilik cendet. Sebab, perlakuan untuk cendet jantan dan betina tentu berbeda, mulai dari porsi makan hingga jenis makanan.
  • Lakukan penyemprotan pada cendet secara teratur. Umumnya, memandikan burung cendet biasa dilakukan pada jam 7 hingga 9 pagi. Sebab setelahnya, bulu cendet harus dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.
  • Berikan makanan yang seimbang dan berkualitas setiap harinya. Tidak ada salahnya untuk memberikan jamu racikan khusus burung cendet agar performanya selalu prima.

Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina

Secara umum, ada beberapa perbedaan yang terlihat antara burung jantan dan betina. Di bawah ini adalah perbedaan tersebut dilihat dari fisik masing-masing burung:

Letak Perbedaan

Jantan

Betina

Sifat bawaan

Lebih agresif

Lebih Tenang

Pola makan

Lebih rakus

Lebih sedikit makan

Pipi

Berwarna hitam pekat

Berwarna hitam samar

Ekor

Berwarna hitam pekat

Berwarna kehitam-hitaman

Kepala

Lebih rata

Lebih bulat

Paruh

Lebih tebal

Lebih tipis

Daftar Harga Burung Cendet 2021

Daftar Harga Burung Cendet

No

Jenis Burung Tipe

Kisaran Harga

(Rp)

1.

Cendet Madura

Bakalan

Rp85.000

2.

Cendet Madura

Gacor

Rp350.000

3.

Cendet Semua Jenis

Bakalan

Rp75.000

4.

Cendet Jawa Barat

Gacor

Rp250.000

5.

Cendet Jawa

 

Rp130.000

6.

Cendet Kembang  

Rp160.000

7.

Cendet Gacor

 

Rp320.000

8.

Cendet Anakan

Biasa

Rp36.000 – Rp76.000

9.

Cendet Matahari

 

Rp60.000 – Rp160.000

10.

Cendet Macan

 

Rp160.000

11.

Cendet Raja

 

Rp310.000

12.

Cendet Jawa Timur

Bakalan

Rp60.000 – Rp160.000

13.

Cendet Albino

 

Rp1.100.000

Memiliki burung cendet tentunya merupakan hal mudah, karena burung ini bebas diperdagangkan. Tetapi guna mendapatkan kicauan yang merdu, Anda perlu merawatnya dengan khusus.

Hal ini bukan hanya tentang harga burung cendet yang harus mahal, tetapi juga perawatan rutin yang berkualitas. Dengan demikian, burung cendet bisa diikutkan lomba dan harganya bisa merangkak naik.

Baca juga: