Sesuai namanya, burung jalak kebo atau jalak kerbau adalah jenis burung jalak yang sering ditemukan bertengger di bagian punggung kerbau. Harga burung jalak kebo bisa terbilang relatif terjangkau.

Meski demikian, ada pula jalak kebo yang memiliki harga fantastis. Hal ini terutama burung jalak dewasa yang sudah terlatih, bahkan ada beberapa yang bisa diajak bicara seperti manusia. Keunikan yang dimiliki jalak kebo, membuatnya menjadi salah satu pilihan burung peliharaan yang banyak disukai pecinta burung.

Cara Membedakan Jalak Kebo

1. Jalak Kebo Mata Kuning

Jalak Kebo Mata Kuning

Ciri paling jelas yang membedakan antara jalak kebo mata kuning dengan mata putih tentu adalah warna iris mata. Sudah jelas pasti bahwa jalak kebo mata kuning memiliki iris mata yang berwarna kuning.

Postur tubuh burung jalak yang memiliki mata kuning ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis jalak kebo satu lagi. Perbedaan lainnya terletak pada bagian suara. Dibandingkan dengan burung jalak kebo mata putih, burung mata kuning lebih pintar dalam menirukan kicauan dari jenis burung lainnya.

2. Jalak Kebo Mata Putih 

Jalak Kebo Mata Putih

Sesuai namanya, jalak kebo mata putih memiliki iris yang berwarna putih. Selain itu, ciri lain yang membuat jalak ini terkenal adalah ukuran tubuhnya yang lebih besar dari jenis spesies satunya. Walau harga burung jalak kebo mata putih lebih mahal, namun sayangnya burung ini malah lebih jarang berkicau.

Jika jalak kebo mata kuning lebih fasih menirukan suara burung lain, burung jalak kebo mata putih lebih pandai dalam menirukan suara manusia. Walau demikian, kefasihan burung ini tidak seperti burung beo. Dia hanya fasih menirukan satu hingga dua patah kata dalam satu waktu. 

Cara Merawat Jalak Kebo

Cara Merawat Jalak Kebo

1. Penjemuran

Setelah dimandikan, lakukan penjemuran pada burung jalak kebo. Sinar matahari penting untuk membuat tubuh jalak lebih mampu menahan hawa dingin serta memproduksi vitamin untuk kekuatan tubuhnya. Waktu terbaik untuk melakukan penjemuran adalah di bawah pukul setengah sepuluh pagi.

Jika matahari belum terlalu terik, maka Anda dapat mengangin-anginkan burung jalak agar bulunya lekas kering sehingga tidak ditumbuhi jamur. Sambil memandikan dan menunggu bulu burung kering, Anda dapat membersihkan kandang serta menjadwalkan penggantian air minum. Letakkan jalak kebo pada tempat yang teduh setelah bulunya kering.

2. Pemberian Makanan

Ketika dijemur di saat pagi hari, Anda dapat memberikan makanan burung jalak kebo berupa ulat hongkong sebanyak 1 hingga 2 ekor saja ditambah dengan jangkrik berjumlah 5 ekor. Atau untuk menu selingan, Anda juga dapat memberikan pisang atau pepaya.

Setelah itu, proses pemberian makan bisa dilakukan kembali pada sore hari setelah dimandikan dan diangin-anginkan. Untuk makanan di sore hari, cukup berikan 5 ekor jangkrik.

Setelah itu, proses pemberian makan bisa dilakukan kembali pada sore hari setelah dimandikan dan diangin-anginkan. Untuk makanan di sore hari, cukup berikan 5 ekor jangkrik.

3. Proses Memandikan

Pada pagi hari, burung jalak kebo harus dimandikan. Waktu yang paling tepat untuk memandikannya adalah sekitar pukul 8 pagi. Sedangkan pada sore hari, waktu yang tepat untuk memandikan adalah pada pukul 4 hingga 5 sore. 

Jenis Makanan Burung Jalak Kebo

Jenis Makanan Burung Jalak Kebo

Ada sedikit perbedaan makanan ketika burung jalak kebo masih di alam liar dengan yang sudah dipelihara. Pada umumnya, makanan jalak kebo liar adalah lalat, cacing, larva lebah hingga cacing. Semua itu dicari sendiri dengan kuku kakinya ketika berada di area persawahan.

Ketika dipelihara, burung jalak kebo umumnya mendapatkan makanan berupa ulat hongkong maupun jangkrik. Namun, ada kalanya juga jalak diberikan pisang dan pepaya, atau juga voer. Burung jalak yang diberi makan secara teratur dengan makanan berkualitas akan memiliki postur yang lebih berisi dan kicauan yang lebih mantap, hal ini akan membuat harga burung jalak kebo lebih mahal.

Perbedaan Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Jantan

  • Memiliki warna hitam tegas di bagian kepala yang sangat tebal
  • Postur tubuhnya lebih besar dan panjang
  • Bentuk kepalanya lebih kotak dan lebih besar
  • Pada bagian kloaka terdapat bulu-bulu halus dan bentuknya lebih menonjol
  • Untuk bagian paruh terlihat lebih panjang dengan tekstur yang lebih tebal dan kokoh
  • Jambul yang ada di sekitar paruh lebih panjang serta berwarna hitam gilap
  • Bulu yang terdapat pada bagian ekor sering terlihat merapat
  • Volume suaranya kencang dan jenis isiannya lebih bervariasi
  • Paruh lebih terbuka ketika berkicau

Betina

  • Warna pada sayap lebih pudar
  • Pada bagian kepala, bulunya berwarna hitam
  • Kepala berbentuk lebih bulat
  • Bulu halus yang ada di tubuhnya tidak banyak
  • Umumnya, bentuk ven pada burung betina lebih datar
  • Tubuh berukuran lebih kecil dan pendek
  • Di atas paruh, terdapat semacam mahkota namun bentuknya terlihat tidak begitu rapi
  • Bentuk paruhnya lebih pendek serta tidak tebal
  • Isian kicauannya lebih monoton
  • Paruh lebih tertutup ketika berkicau
  • Memiliki bulu ekor yang sering mengembang dan membuka

Fakta Tentang Burung Jalak Kebo

Fakta Tentang Burung Jalak Kebo

Dulu, sebelum terkenal sebagai burung peliharaan, banyak orang yang mengkonsumsi burung jalak kebo layaknya burung tekukur. Menu yang paling digemari adalah burung jalak kebo goreng. 

Burung jalak kebo juga dapat dijadikan sebagai bahan obat, terutama penyakit sesak napas. Caranya pun sangat mudah, burung jalak kebo dibersihkan dan dibakar hingga matang. Kemudian, untuk bumbunya, tambahkan bumbu halus yang terdiri dari asam jawa, garam, cabe, merica, serta gula jawa yang ditumbuk. Konsumsi rutin sebanyak 3 kali sehari hingga penyakit berangsur sembuh. 

Harga anakan jalak yang paling murah dibanderol dengan harga mulai dari 80 ribu. Sedangkan untuk yang dewasa harganya bisa berkisar antara 300 ribu.

Burung jalak kebo sering memakan kutu yang ada di punggung kerbau. Kutu ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hepatitis. Cara untuk pengobatannya pun mudah. Cukup konsumsi kutu pakan jalak kebo ini hidup-hidup bersama dengan pisang emas. Metode ini memang belum terbukti secara medis, tetapi banyak orang yang masih mempraktekkannya sampai sekarang.

Harga Burung Jalak Kebo 2021

  1. Harga jalak kebo yang sudah gacor sekitar Rp250.000 sampai Rp650.000 untuk per ekornya.
  2. Harga jalak kebo yang masih anakan sekitar Rp150.000 sampai Rp350.000 untuk per ekornya.
  3. Harga jalak kebo yang masih lolohan / trotol sekitar Rp100.000 sampai Rp450.000 per ekor, tergantung kualitas indukan.
  4. Harga jalak kebo thailand yang masih anakan sekitar Rp100.000 sampai Rp250.000 untuk per ekornya.
  5. Harga jalak kebo blorok dewasa cukup mahal yakni mulai Rp5.500.000 sampai Rp8.500.000 untuk per ekornya.
  6. Harga jalak kebo mata putih yang masih anakan sekitar Rp150.000 sampai Rp350.000 untuk per ekornya.
  7. Harga jalak kebo mata putih yang sudah gacor sekitar Rp500.000 sampai Rp750.000 untuk per ekornya.
  8. Harga jalak kebo yang sudah rajin bunyi sekitar Rp1.600.000 untuk per ekornya.
  9. Harga jalak kebo mata kuning yang masih anakan sekitar Rp350.000 sampai Rp600.000 untuk per ekornya.
  10. Harga jalak kebo mata putih yang bisa bicara sekitar Rp800.000 sampai Rp950.000 untuk per ekornya.

Tabel Harga Burung Jalak Kebo Saat ini

Jenis Burung

Tipe

Kisaran Harga

Jalak Kebo

Gacor

Mulai dari Rp350.000

Jalak Kebo

Anakan

Mulai dari Rp150.000

Jalak Kebo

Lolohan

Mulai dari Rp100.000

Jalak Kebo Thailand

Anakan

Mulai dari Rp100.000

Jalak Kebo Blorok

Dewasa

Mulai dari Rp5.500.000

Jalak Kebo Mata Putih

Anakan

Mulai dari Rp150.000

Jalak Kebo Mata Putih

Gacor

Mulai dari Rp500.000

Jalak Kebo Maput

Dewasa

Mulai dari Rp310.000

Jalak Kebo

Rajin Bunyi

Mulai dari Rp1.600.000

Jalak Kebo Mata Kuning

Anakan

Mulai dari Rp350.000

Jalak Kebo Mata Putih

Bisa Bicara

Mulai dari Rp800.000

Harga burung jalak kebo yang terbilang murah dan keberadaannya yang masih mudah didapatkan, membuat banyak orang memelihara burung ini. Untuk burung peliharaan, burung ini memang cukup menyenangkan. Bukan hanya suaranya yang merdu, cara merawatnya pun mudah, seperti layaknya burung jalak pada umumnya.

Baca juga: