Salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara mkicau mania adalah burung jalak. Burung dengan paruh kokoh serta bersuara nyaring ini memang mudah sekali ditemui. Namun, beberapa di antaranya sudah langka sehingga harga burung jalak jenis ini bisa sangat mahal.

Burung jalak merupakan spesies yang mudah perawatannya. Hal inilah yang membuatnya banyak disukai. Selain itu, suaranya pun khas, bahkan bisa menirukan suara burung lainnya. Harganya yang cukup terjangkau juga membuat para hobiis memburu burung jenis ini.

Jenis dan Harga Burung Jalak yang Populer

1. Jalak Suren

Jalak Suren

Burung jalak yang juga kerap disebut dengan nama jalak uren ini memiliki suara nyaring yang cenderung cempereng. Sayapnya besar dan umumnya terkedang ketika berkicau atau melihat pemiliknya.

Walaupun sayapnya lebar, namun burung jalak suren memiliki akselerasi terbang yang rendah di alam liar. Bahkan bisa dibilang kecepatan terbangnya hampir mirip dengan kupu-kupu.

Jalak yang banyak ditemukan di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera ini bisa memiliki ukuran tubuh hingga 24 cm ketika dewasa.

2. Jalak Kebo/Kerbau

Jalak Kebo

Burung yang memiliki banyak nama ini memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar 20 sampai 25 cm.

Dinamakan dengan jalak kerbau atau jalak kebo karena burung ini kerap bertengger di punggung kerbau guna mencari makan, yaitu kutu kerbau. Hal ini tentu menciptakan simbiosis mutualisme antara keduanya.

Namun, jika tidak ada kerbau, jalak suren umumnya akan memakan serangga yang mereka temukan. Biasanya mereka mencari mangsa di sekitaran padang rumput.

Nama lain dari jalak ini adalah jalak penyu dan jalak hitam. Harga burung jalak satu ini cukup terjangkau karena masih mudah ditemukan. Lokasi penemuan burung jalak uren meliputi Pulau Jawa dan Sulawesi. Namun, burung ini juga dapat ditemukan di daerah Bangladesh dan Tiongkok Selatan.

Habitat dari burung jenis ini tidak hanya di persawahan saja, Anda dapat menemukan mereka di kebun atau hutan bakau dengan ketinggian 1.500 mdpl.

3. Jalak Putih/Bodas

Jalak Putih Bodas

Ciri utama yang dapat kita temukan untuk mengenali burung ini adalah warna bulunya yang merupakan perpaduan warna putih dan hitam. Burung yang menjadi jenis kedua keluarga sturnidae ini memiliki postur tubuh yang mirip dengan jalak bali.

Hal yang membedakan keduanya adalah adanya pada bagian mata burung jalak bodas terdapat semburat warna kuning. Karena merupakan spesies yang dilindungi, maka burung yang akrab dengan masyarakat Sunda ini tidak boleh dipelihara di rumah.

Burung langka ini merupakan burung endemik. Anda hanya dapat menemukan jenis burung ini di Pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok dan menjadikannya sebagai burung asli Indonesia. Maka dari itu, harga burung jalak bodas bisa sangat mahal.

Sama seperti burung jalak pada umumnya, burung jalak bodas juga memakan serangga dan juga buah-buahan. Makanannya tentu merupakan jenis yang mudah ditemukan jika dipelihara. Namun, demi menjaga kelestariannya, maka burung ini hanya boleh ditangkar dan dibebaskan ke alam liar.

4. Jalak Nias

Jalak Nias Acridotheres tristis

Jenis burung ini merupakan jenis yang mudah ditemukan di beberapa belahan dunia. Anda dapat menemukan mereka di Benua Asia, Afrika, dan Amerika. Sedangkan jika di Indonesia, burung ini banyak ditemukan habitatnya di daerah Sumatera Utara.

Kelebihan dari jenis burung ini bukan hanya terletak pada suaranya yang merdu, melainkan juga kesetiaannya yang tinggi. Kesetiaan ini ditunjukkan kepada pemilik dan juga pasangannya.

Jika ingin dibandingkan, maka kesetiaan burung yang juga dikenal dengan nama jalak kerak ungu ini hampir sama dengan burung merpati dan love bird. Burung ini hanya memiliki satu pasangan dan akan setia kepadanya.

Bahkan jalak nias jantan akan menemani jalak betina yang sedang membuat sarang hingga bertelur. Ciri utama dari burung ini adalah warna bulunya yang coklat kehitaman.

Warna hitam ini akan semakin pekat dan kentara pada bagian kepala, kemudian di bagian sekitar mata akan terdapat warna kuning.

Di habitat aslinya, burung jalak hidup di ketinggian 3.000 mdpl. Burung monogami ini memiliki suara yang melengking dan sangat merdu. Itulah yang membuatnya kerap diburu sehingga menjadikannya langka.

5. Jalak Bali

Jalak Bali Leucopsar rothschildi

Kecantikan burung satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin memelihara burung satu ini. Namun, burung jalak bali merupakan burung endemik langka yang dilindungi pemerintah.

Hal ini menjadikan harga burung jalak Bali paling mahal di antara burung jalak lainnya. Sesuai dengan namanya, burung satu ini memang hanya bisa ditemukan di wilayah Bali.

Jumlah burung yang memiliki ciri fisik khusus ini setiap tahunnya semakin berkurang. Maka dari itu, pemerintah memberikan perhatian khusus kepadanya.

Ciri utama yang bisa dilihat dari burung jalak Bali adalah jambul yang ada di kepalanya. Kemudian, di bagian seputar mata, Anda akan menemukan warna biru sepanjang lingkaran mata yang menjadikannya seperti menggunakan kacamata.

Ciri lainnya adalah memiliki warna hitam pada sayap dan ekornya, sedangkan bagian tubuhnya didominasi warna putih.

Postur tubuh jalak bali sama dengan jalak pada umumnya yaitu sekitar 20 hingga 25 cm ketika dewasa. Makanan dari burung ini adalah serangga dan buah-buahan, walau terkadang dia juga memakan cacing.

6. Jalak Hongkong

Jalak Hongkong Sturnus nigricollis

Sebagai jenis burung yang populer di Indonesia, burung yang juga dinamakan dengan burung jalak thailand ini bisa ditemukan dengan cukup mudah. Jika dilihat dari postur tubuhnya, burung ini memiliki kemiripan dengan jalak bodas.

Hal yang membedakan keduanya adalah semburat warna hitam putih yang cenderung lebih samar sebagai warna yang mendominasi bulu tubuh dari jalak hongkong. Habitat dari burung jalak ini bisa ditemukan di wilayah Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Harga Burung Jalak Teranyar 2021

Tipe

Jenis

Kisaran Harga

Burung Jalak Suren

Dewasa

Rp400.000-Rp500.000

Burung Jalak Hongkong

Dewasa

Rp1.500.000-Rp3.500.000

Burung Jalak Bali

Dewasa

Rp2.600.000

Jalak Bali Sepasang (sertifikat)

Dewasa

Rp3.500.000-Rp6.500.000

Burung Jalak Suren

Gacor

Rp700.000-Rp1.500.000

Burung Jalak Nias

Dewasa

Rp200.000-Rp410.000

Burung Jalak Kebo

Dewasa

Rp60.000-Rp150.000

Burung Jalak Hitam

Dewasa

Rp250.000-Rp400.000

Burung Jalak Kapas

Dewasa

Rp50.000-Rp100.000

Burung Jalak Suren Malaysia

Dewasa

Rp450.000

Burung Jalak Putih

Anakan

Rp300.000

Burung Jalak Putih

Dewasa

Rp400.000-Rp1.000.000

Burung Jalak Rio rio

Dewasa

Rp200.000-Rp500.000

 

Tipe

Jenis

Kisaran Harga

1 bulan

Jalak Suren Jawa

Rp300.000

Dewasa

Jalak Suren Jawa

Rp900.000

Anakan

Jalak Suren

Rp400.000

Anakan

Jalak Kebo

Rp210.000

Anakan

Jalak Bali Sepasang

Rp4.000.000

Anakan

Jalak Putih (Sertifikat)

Rp800.000

Anakan

Jalak Nias

Rp210.000

Anakan

Jalak Kapas

Rp210.000

Anakan

Jalak Hitam

Rp160.000

Anakan

Jalak Hongkong Sepasang

Rp4.000.000

Anakan

Jalak Suren Malaysia

Rp160.000

Anakan

Jalak Papua

Rp200.000

Anakan

Jalak Rio Sumatra

Rp400.000

Harga burung jalak terbaru 2021 tentunya bisa berubah sewaktu-waktu. Hal ini dikarenakan berbagai faktor, terutama kuantitas burung jalak di alam liar. Memelihara burung satu ini memang cukup mudah, karena tingkat adaptasinya yang tinggi.

Namun, meski demikian, Anda harus sering membersihkan kandangnya agar tidak terkena penyakit, mengingat kotoran yang dihasilkan burung ini sangat banyak.

Baca juga: