Burung yang termasuk ke dalam suku pycnonotus ini termasuk burung yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Harga burung kutilang juga sangat terjangkau, sehingga banyak orang yang memilih untuk memeliharanya. 

Walaupun memiliki suara yang nyaring dan merdu, namun burung ini biasanya dijauhi oleh para hobiis burung kicau lainnya. Pasalnya, suara burung kutilang dianggap dapat merusak lagu dari burung kicau lain.

Jenis Burung Kutilang

1. Kutilang Biasa (Pycnonotus aurigaster)

Kutilang BiasaPycnonotus aurigaster

Jenis burung yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak dipelihara. Hal ini disebabkan harga burung kutilang biasa sangat terjangkau. Selain itu, burung jenis ini juga mudah sekali ditemukan. Harga untuk anakan kutilang biasa umumnya dibanderol pada kisaran mulai 45 ribu.

Ciri yang terdapat pada burung ini adalah warna yang didominasi coklat kelabu untuk bagian tubuh atas. Untuk bagian tubuh bawah, warna yang mendominasi adalah putih keabu-abuan. Sedangkan warna berbeda ditunjukkan pada area dahi dan kepala yaitu memiliki warna hitam.

2. Kutilang Emas (Pycnonotus melanicterus)

Kutilang Emas Pycnonotus melanicterus

Selain kutilang biasa, kutilang emas juga termasuk jenis yang populer di antara hobiis burung. Harga kutilang emas memang lebih mahal dibandingkan dengan kutilang biasa, yaitu sekitar  85 ribu untuk yang masih bakalan.

Namun, walau demikian, harga ini tentu masih terbilang murah,apalagi suara yang dimiliki burung ini juga indah. Ciri umum yang dimiliki oleh burung ini adalah dominasi kuning emas, sesuai dengan namanya. Warna hitam juga terdapat pada burung ini, yaitu pada bagian kepalanya..

3. Kutilang Sutra (Pycnonotus Atriceps)

Kutilang SutraPycnonotus Atriceps

Dengan dominasi warna hijau cerah pada tubuh dan warna hitam pekat pada bagian kepala, kutilang sutra ini mampu menembus harga hingga 150 ribu untuk anakan. Selain warnanya yang memikat, kelebihan lain yang dimiliki oleh burung jenis ini adalah suara kicauannya yang merdu. Karena alasan inilah, suara burung kutilang sutra sering dijadikan sebagai bahan master untuk isian bunyi burung lainnya.

4. Kutilang Wilis

Kutilang Wilis

Burung endemik asli Indonesia ini hidup di dataran yang tingginya 800 hingga 3000 mdpl. Burung yang memiliki banyak nama lain ini memang cantik. Hal itulah yang membuat banyak orang memburunya dengan membabi buta dan merusak habitat aslinya. Akibatnya, kutilang wilis sekarang termasuk ke dalam jenis burung yang mulai terancam punah karena populasinya yang menurun. 

Harga burung kutilang wilis biasanya dipatok seharga 60 ribu untuk anakan. Nama lain dari burung ini adalah burung cucak rengganis, cucak gunung serta cucak wilis.

5. Kutilang Jambul

Kutilang Jambul

Sama seperti namanya, kutilang ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki jambul di kepalanya. Selain itu, ciri khas lainnya adalah warna hitam di sekujur badannya, yang dipadukan dengan warna abu-abu. Kemudian pada bagian punggung biasanya adalah warna kecoklatan dan warna putih untuk bagian dada. 

6. Kutilang Gacor

Kutilang Gacor

Burung dikatakan gacor jika kicauannya sudah penuh dan matang. Burung sudah tidak lagi memiliki jeda yang cukup lama ketika sudah mulai berkicau. Suara yang dihasilkan juga harus nyaring dan tegas.

Hal ini tidak dapat dihasilkan begitu saja, walaupun kualitas indukan kutilang adalah yang terbaik. Pemilik burung harus teratur melakukan perawatan dan pemasteran. Selain itu, pemberian nutrisi serta pembersihan kandang yang teratur juga menjadi kunci utama kutilang bisa menjadi gacor.

Harga kutilang yang sudah gacor bisa bermacam-macam. Namun umumnya dibanderol dengan harga 100 ribu hingga 300 ribu. Jika bisa dipertahankan dengan baik, apalagi jika menang lomba pada segmennya, maka harga jual burung kutilang gacor bisa lebih tinggi.

7. Kutilang Mutiara (Pycnonotus Squamatus)

Kutilang MutiaraPycnonotus Squamatus

Harga burung ini bisa dibilang sebagai yang termahal di kelasnya. Sebab, burung yang juga sering disebut dengan cucak bersisik atau kutilang zebra ini memiliki corak unik yang berbeda dengan kutilang pada umumnya.

Postur tubuh kutilang yang memiliki Pycnonotus squamatus ini lebih kecil dari burung sejenisnya, yaitu 16 cm saja. Sedangkan untuk warna, dominasi hitam dan putih menyelimuti badannya. Pada bagian punggung, terdapat warna kuning zaitun. Habitat asli dari kutilang zebra ini ada di seputar Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Untuk harga burung kutilang mutiara yang sudah gacor bisa berkisar 3 juta.

Fakta Tentang Burung Kutilang

  • Burung kutilang terdiri dari 9 ras atau subspesies yang tersebar di semua belahan dunia.
  • Wilayah persebaran burung kutilang dimulai dari sekitar China Selatan dan juga Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, wilayah terbesar tempat habitat burung kutilang ada di Jawa dan Bali
  • Wilayah Asia Tenggara yang tidak terdapat burung kutilang hanya di Malaysia.
  • Sebagai burung introduksi, kutilang juga bisa diperoleh di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Namun jika jumlahnya berlebihan, kutilang bisa menjadi ancaman bagi burung endemik di wilayah tersebut.
  • Kutilang berbagi habitat dengan burung trucukan. Tidak jarang pula jika keduanya berpasangan walaupun belum tentu kawin atau bahkan menghasilkan keturunan. 
  • Burung kutilang sering disebut sebagai burung kicauan mati. Sehingga jika seseorang memiliki burung kutilang, mereka biasanya tidak memiliki burung ocehan lain. Hal ini dikarenakan burung kutilang bisa mengganggu masteran burung ocehan jenis lainnya.
  • Kedudukan kutilang jambul sangat dihargai di Malaysia, bahkan menjadi salah satu hewan yang cukup difavoritkan sebagai binatang peliharaan. Hal ini berbeda dengan di Indonesia yang masih menganggap kutilang sebagai burung dengan kasta rendah.
  • Sifat asli kutilang adalah jinak sehingga mudah sekali menangkap burung ini. Kutilang juga mudah beradaptasi, sehingga tidak ada kesulitan berarti ketika memutuskan untuk memelihara burung satu ini.
  • Kemampuan kutilang dalam menirukan suara burung lainnya juga sangat baik, tetapi tidak terlalu bervariasi seperti burung kicauan lainnya. Namun tetap saja buurng ini harus dilatih dengan teratur guna mengeluarkan suara gacornya.
  • Kebanyakan jenis kutilang masih berada di zona Least Concern atau memiliki risiko rendah. Hal ini berarti, walaupun sudah berkurang jumlahnya dari tahun ke tahun, populasi burung ini masih tergolong aman. 
  • Banyak mitos yang beredar seputar kepemilikan burung kutilang. Pada masyarakat Jawa, jika ada seseorang yang sakit dan meminta burung kutilang, hal itu dipercaya sebagai tanda akan dekatnya hari kematian. Penyebabnya adalah nama kutilang atau tilang, merupakan akronim dari “dipethil ilang” atau dipetik hilang. Yang dimaksud hilang dipetik disini adalah nyawa dari orang yang meminta burung tersebut.

Daftar Harga Burung Kutilang 2021

Jenis Burung Kutilang

Kisaran Harga

Kutilang Biasa

Rp50.000 – Rp150.000

Kutilang Emas

Rp85.000 – Rp300.000

Kutilang Sutra

Rp200.000 – Rp450.000

Kutilang Wilis

Rp60.000 – Rp450.000

Kutilang Jambul

Rp100.000 – Rp200.000

Kutilang Gacor

Mulai dari Rp150.000

Kutilang Mutiara

Mulai dari Rp350.000

Kutilang Albino Mata Merah

Rp3.100.000

Kutilang Jantan

Mulai dari Rp60.000

 

Keberadaan burung kutilang memang sangat mudah ditemui, tapi burung ini tidak banyak dilirik oleh para penggemar burung kicau. Bahkan jenis ini sering dihindari. Walau demikian, masih ada yang menyukai karena harga burung kutilang yang terjangkau. Selain itu, kicauan burung ini juga cukup menarik bagi mereka yang menyukainya.

Baca juga: