Burung perkutut bisa dibilang sebagai burung kicau, walaupun lagu yang dimiliki oleh kicauannya tidak beragam seperti murai atau lovebird. Harga burung perkutut juga cukup terjangkau, padahal bisa dibilang bahwa jenis ini adalah jenis pasaran yang banyak diminati oleh penghobi burung.

Nama latin dari burung ini adalah Geopelia Striata, walau demikian sub spesiesnya ada beragam. Di antara sekian banyak ras yang dimiliki oleh burung dengan kepala kecil ini, ada dua yang paling diminati. Kedua golongan tersebut adalah perkutut lokal dan perkutut bangkok.

Ciri-Ciri Burung Perkutut Jantan dan Betina

Ciri Ciri Burung Perkutut Jantan dan Betina

Burung Perkutut Jantan

  • Bentuk wajah lebih tegas dengan sorot mata tajam. Hal ini membuat kesan maskulin lebih kentara sehingga nampak lebih galak.
  • Ekornya lebih panjang dari perkutut betina.
  • Warna lingkar mata lebih tegas.
  • Bentuk kepalanya bulat kecil.
  • Paruhnya berbentuk panjang tipis dan melengkung.
  • Postur tubuh pejantan lebih besar dibandingkan betina.

Burung Perkutut Betina

  • Bentuk wajah lebih luas sehingga menimbulkan kesan sayu khas feminim.
  • Warna lingkar mata lebih tipis.
  • Warna bulu bagian kepala lebih dalam dan tegas.
  • Bentuk kepala bulat dan lebih besar dari pejantan.
  • Ukuran ekornya lebih pendek dari pejantan.
  • Postur tubuh betina lebih kecil.

Jenis Burung Perkutut

Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok

Burung ini juga disebut sebagai burung perkutut kontes. Hal ini disebabkan suara yang dihasilkan burung perkutut bangkok lebih berkarakter serta memiliki volume bass yang lebih tebal namun tetap merdu didengarkan. 

Ciri lainnya dapat dilihat dari ukuran tubuhnya yang lebih besar dari perkutut jenis lainnya. Dengan segala kelebihan tersebut maka tidak heran jika burung jenis ini juga lebih dipilih untuk dijadikan indukan. Hal ini menyebabkan harga burung perkutut bangkok cenderung lebih mahal.

Perkutut Jawa

Perkutut Jawa

Perkutut jawa atau perkutut lokal memang memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan perkutut bangkok. Walau demikian, suaranya tidak kalah nyaring dan sangat merdu. Maka tak heran jika para pecinta burung perkutut getol melatih jenis ini untuk diikutkan kontes.

Harga burung perkutut termahal untuk jenis ini, terutama yang sudah menang kontes, bisa mencapai lebih 1 juta. Namun, di balik suara merdunya, burung ini juga memiliki daya tarik supranatural. Sebab, banyak orang percaya bahwa dengan memelihara burung ini, maka rezeki akan datang menghampiri. 

Perkutut Wisnu Murti

Perkutut Wisnu Murti

Ciri yang paling menonjol dari burung yang mirip dengan perkutut jawa ini adalah warna yang mendominasi keseluruhan badannya, yaitu warna kelam. Bahkan di bagian mata, kaki serta paruhnya juga didominasi dengan warna hitam pekat yang sangat misterius lagi cantik.

Habitat asli dari perkutut ini adalah daerah Pulau Jawa. Maka tak heran jika masyarakat jawa sangat dekat dengan burung ini. Selain karena suaranya, daya tarik perkutut wisnu murti juga datang dari mitos yang menyertainya.

Aura yang dibawa oleh burung perkutut wisnu murti adalah kekuatan dan kekuasaan. Sehingga para bangsawan dan pemimpin pada zaman dahulu pasti memiliki peliharaan burung jenis ini. Hal tersebut masih dipercaya hingga sekarang oleh beberapa orang. 

Perkutut Kusuma Wicitra

Perkutut Kusuma Wicitra

Masih seputar mitos yang berkembang di masyarakat, khususnya di daerah Jawa, burung yang memiliki aura keberhasilan adalah burung perkutut kusuma wicitra. Siapapun yang memelihara burung jenis ini dipercaya akan dimudahkan dalam meraih segala keinginannya.

Selain itu, burung yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah ini juga dapat membantu pemiliknya untuk enteng rezeki. Ciri yang dapat dilihat secara umum adalah warna putih pada bagian kaki dan paruh. 

Perkutut Hitam

Perkutut Hitam

Sebutan lain dari perkutut ini adalah kol buntet. Nama ini memang sama dengan nama sebuah kerang yang berbentuk bulat padat seperti sebuah kol. Walau namanya terdengar aneh, namun suara dari burung ini sangat indah dan tebal. Volumenya juga kencang.

Selain itu, burung ini sangat gagah dan terlihat sangar. Hal ini disebabkan dari postur tubuhnya yang tegap ditambah dengan warnanya yang hitam legam. Dari dulu, warna hitam memang misterius. Hal ini juga berlaku bagi burung perkutut hitam.

Warnanya ini menjadi daya tarik, termasuk karena mitos yang dikandungnya. Dipercaya bahwa siapapun yang memelihara burung perkutut jenis ini, maka mereka akan terhindar dari segala marabahaya. Inilah yang membuat burung ini mendapatkan gelar sebagai raja burung perkutut.

Perkutut Putih

Perkutut Putih

Sebenarnya, warna putih yang ada di seluruh bagian burung jenis ini bukanlah pigmen warna. Sebab sejatinya burung ini adalah burung albino. Maka dari itulah hanya “warna” putih yang ada di dalam bulunya. Burung ini sudah termasuk burung langka. Harga burung perkutut putih sendiri biasanya sekitar 500 ribu untuk jenis trotol atau yang masih anakan.

Perkutut Putih Mata Merah

Perkutut Putih Mata Merah

Dalam dunia burung, semua jenis yang memiliki mata merah selalu istimewa. Hal ini juga berlaku untuk perkutut putih mata merah ini. Selain dari iris matanya yang indah, daya tarik lainnya terdapat pada jenis suara yang dihasilkan dari burung ini.

Setiap kali berkicau, burung ini menghasilkan suara yang memiliki bass tebal serta lantang. Jika didengarkan secara seksama, tipe suaranya seperti suara tembakan dan semakin meninggi setiap kali berkicau.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut

Mitos

Seperti yang sudah dibahas di atas, ada banyak mitos yang beredar seputar keberadaan burung perkutut. Semakin hebat mitos yang menyelimutinya, maka harga perkutut bisa semakin mahal. Hal ini memang terlihat tidak masuk akal, namun tampaknya masih banyak yang percaya hal ini.

Terbukti, banyak jenis burung perkutut yang harganya bisa lebih dari seratus juta rupiah. Padahal, jika dilihat burung jenis ini tidak memiliki lagu kicauan yang istimewa. Namun karena kemampuan supranatural yang mereka miliki, maka burung jenis ini menjadi sangat berharga.

Pengalaman

Semakin sering dilatih, maka burung ini akan semakin pintar dalam berkicau. Selain itu, burung yang dipelihara dengan baik juga akan menunjukkan perilaku yang menyenangkan. Dengan demikian, semakin berpengalaman suatu burung, harga burung perkutut juga akan semakin tinggi. Apalagi jika burung tersebut sudah pernah menjuarai lomba bergengsi, harganya bisa meroket tajam. 

Jenis

Setiap jenis burung tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka itulah sebabnya tiap jenis memiliki harga yang berbeda. Bukan hanya dari postur tubuh, keistimewaan suatu burung juga dinilai dari bentuk kicauan, serta kelangkaannya. Semakin langka jenis burung, maka harganya akan semakin mahal.

Harga Burung Perkutut 2021

Jenis Burung Kisaran Harga

Perkutut Bangkok

Rp250.000 – Rp350.000.

Perkutut Jawa

Rp350.000 – Rp650.000

Perkutut Wisnu Murti

Rp300.000 – Rp1.000.000

Perkutut Kusuma Wicitra

Rp500.000 – Rp2.000.000

Perkutut Hitam

Rp150.000 – Rp250.000

Perkutut Wisnu Wicitra

Rp500.000 – Rp1.000.000

Perkutut Putih

Rp500.000 – Rp750.000

Perkutut Putih Mata Merah

Mulai dari Rp500.000

Perkutut Majapahit

Mulai dari Rp1.500.000

Perkutut Udan Mas

Mulai dari Rp300.000

Perkutut Belah Dada

Hingga Rp25.000.000

Perkutut Katuranggan

Hingga Rp600.000

Dari segi warna maupun suara, perkutut mungkin memang tidak terlalu istimewa. Harga burung perkutut yang mahal lebih dikarenakan dipercaya memiliki kekuatan supranatural. Namun, perkara kebenaran hal tersebut tentu kembali kepada kepercayaan masing-masing.

Baca juga: