Siapa sangka jika harga burung pleci sekarang ini merangkak naik? Burung kecil dengan suara nyaring ini memang memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan selama beberapa tahun terakhir ini.

Bahkan sudah ada lomba gantang untuk burung pleci yang mendongkrak popularitas burung dengan dominasi warna hijau dan semburat kuning ini. Para penghobi burung besar pun sudah banyak yang mulai tertarik dengan burung pleci ini.

9 Jenis Burung Pleci

1. Pleci Dakun Maput (Dada Kuning Mata Putih)

Pleci Dakun Maput Dada Kuning Mata Putih

Pleci dakun maput merupakan sebuah singkatan dari pleci dada kuning mata putih. Penamaan ini dilakukan sesuai dengan karakter fisik yang terlihat. Harga burung pleci termahal dari jenis ini bisa mencapai 2 juta rupiah, terutama bagi yang sudah menang kontes.

Bukan hanya itu saja, burung yang banyak ditemukan di daerah Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah, ini menyandang gelar sebagai burung terbaik di kelasnya. Hal ini disebabkan karena suaranya yang sangat bening seperti kristal.

Iris mata dari jenis burung ini berwarna putih. Untuk warna punggung dan sekujur tubuh didominasi warna hijau kekuningan. Sedangkan warna kuning murni dapat ditemukan di daerah dada. Sedangkan untuk postur tubuhnya, burung ini memiliki ukuran yang standar.

2. Pleci Dakun Macok (Dada Kuning Mata Coklat)

Pleci Dakun Macok Dada Kuning Mata Coklat

Jenis pleci dada kuning mata coklat ini adalah jenis paling populer bagi para penggemar pleci yang kerap disebut dengan pleci mania atau pleman.

Selain karena suaranya yang keras dan bening, harga burung pleci ini juga masih terbilang murah. Habitat asli dari jenis pleci ini dapat ditemukan di sekitaran Pulau Jawa.

3. Pleci Dakun Marmer (Dada Kuning Mata Merah)

Pleci Dakun Marmer Dada Kuning Mata Merah

Jika berbicara masalah mentalitas, maka pleci dada kuning mata merah ini adalah juaranya. Ditambah dengan suaranya yang bening dan keras, burung jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai jagoan saat kontes.

Sifat aslinya yang agresif dan pemberani, ditambah dengan iris mata yang berwarna merah, membuat burung ini terkesan maskulin.

Untuk bisa memperoleh harga burung jenis pleci ini, biasanya para pleci mania harus mempersiapkan mahar sebesar 100 ribu rupiah untuk bakalan. Habitat asli dari jenis burung ini adalah di sekitar Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah.

4. Pleci Dakbal (Dada Kuning Bali)

Pleci Dakbal Dada Kuning Bali

Jika dilihat dari perawakannya, maka pleci dada kuning Bali ini memiliki ciri yang mirip dengan pleci mata coklat atau mata putih. Hanya saja, postur tubuh pleci dakbal lebih besar dan berisi.

Selain itu, lingkar mata dari pleci dakbal lebih lebar. Sesuai namanya, habitat asli dari jenis burung ini adalah di Pulau Dewata, Bali.

Keistimewaan dari pleci dakbal adalah suaranya saat berkicau yang sekilas terdengar seperti ayam alas. Namun, burung ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak memiliki mental petarung, jadi kurang cocok dijadikan sebagai burung kontes. Selain itu, burung ini juga sering memberi jeda saat berkicau.

5. Pleci Dakun Garut (Dada Kuning Garut)

Pleci Dakun Garut Dada Kuning Garut

Pleci yang berhabitat di daerah Jawa Barat ini sangat populer. Sebab, kebanyakan dari pleci yang menang dalam kontes kicau adalah yang berasal dari jenis ini. Maka tak heran jika harga burung pleci termahal dakun garut bisa mencapai 1,5 juta rupiah.

Berbeda dengan pleci lainnya yang didominasi warna hijau kekuningan, burung ini memiliki warna kuning penuh. Untuk bagian punggung, berwarna kuning bening. Ciri paruh dari jenis ini adalah panjang dan lebar. Untuk bagian mata, umumnya berwarna kuning gelap.

Jenis suara dari pleci dakun garut memang tidak khas, namun, jenis burung ini mampu nge-roll dan memiliki tembakan dengan volume yang kencang. Selain itu, isian kicau dari burung pleci ini juga sangat beragam.

6. Pleci Dakun Jatim (Dada Kuning Jatim)

Pleci Dakun Jatim Dada Kuning Jatim

Pleci yang satu ini memiliki dada berwarna kuning dengan warna punggung yang lebih mengarah kepada kuning zaitun. Ciri khas yang menonjol dari jenis ini terlihat pada bagian mata, yaitu tidak terdapat lingkar mata hitam.

Pleci yang bernama latin Zosterops P. flavus ini memiliki tipe suara yang nge-roll dan keras. Mungkin hal ini memang sudah menjadi kelebihan dari Jawa Timur, sebagai habitat asli burung ini, yaitu memiliki jenis suara yang tegas dan keras.

7. Pleci Lombok

Pleci Lombok

Ada dua tempat yang dapat dikunjungi jika ingin mencari pleci yang juga disebut dengan nama pleci kecial ini. Kedua tempat tersebut adalah Nusa Penida, Bali dan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai jenis burung endemik Lombok, maka tidak heran jika ada banyak kontes burung pleci yang diadakan di tempat ini, khususnya pada tiap sore.

Pleci yang bernama latin Zosterops Chloris maxi ini memiliki ukuran yang kecil dengan penampakan fisik dada dan punggung yang berwarna kuning. Sedangkan untuk tipe suaranya, tipe ini memiliki nada yang hampir mirip dengan suara anak ayam.

8. Pleci Buxtoni (Pelci Bustomi)

 

Pleci ini juga memiliki nama ilmiah  Zosterops Palpebrosus buxtoni. Postur tubuh dari pleci yang masih tergolong sub-spesies oriental white-eye ini bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya.

Pleci dengan dada berwarna abu-abu dan punggung berwarna kuning ini memiliki tipe suara yang bening dan mengkristal. Volume suaranya juga keras dan melengking.

Iris mata yang dimiliki jenis ini ada dua macam, yaitu yang berwarna coklat dan yang berwarna putih. Pleci buxtoni dapat ditemukan di daerah Sumatera dan Jawa Barat.

9. Pleci Auriventer

Pleci Auriventer

Habitat yang disukai oleh pleci dengan nama latin Zosterops palpebrosus auriventer biasanya adalah di sekitaran hutan mangrove dan pesisir pantai. Jenis pleci ini bukan hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di kawasan ASEAN.

Anda dapat menemukan pleci auri di Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand. Ukuran tubuh dari pleci ini lebih besar daripada dada kuning biasanya. Warna dada dari pleci auri adalah abu-abu dan punggungnya berwarna kuning.

Untuk lingkar kacamatanya, pleci ini termasuk yang memiliki ukuran tebal. Di wilayah Indonesia sendiri, Anda dapat menemukan jenis pleci ini di daerah Sumatera, Bangka, Riau, Kalimantan.

Suara kicauan atau song serta nada panggilan atau call yang dimiliki oleh pleci auri juga sangat khas, yaitu mendayu dengan bass yang tebal.

Daftar Harga Burung Pleci

Jenis Burung Pleci Tipe Kisaran Harga

Pleci Dada Kuning Bali/NTB

Bakalan Rp40.000 – Rp60.000

Pleci Dada Kuning Bali/NTB

Juara Mulai dari Rp400.000

Pleci Auriventer

Bakalan Rp110.000

Pleci Auriventer

Juara Mulai dari Rp500.000

Pleci Black Capper

  Rp90.000 – Rp110.000

Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Bakalan Mulai dari Rp100.000

Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Baru Belajar Buka Paruh Mulai dari Rp180.000

Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Juara Mulai dari Rp450.000

Pleci Dada Kuning Mata Putih

Bakalan Rp360.000 – Rp1.000.000

Pleci Dada Kuning Mata Putih

Juara Mulai dari Rp800.000

Pleci Dada Kuning Mata Coklat

Bakalan Mulai dari Rp50.000

Pleci Dada Kuning Mata Coklat

Juara Mulai dari Rp500.000

Pleci Dada Kuning Mata Merah

Bakalan Mulai dari Rp100.000

Pleci Dada Kuning Mata Merah

Juara Mulai dari Rp600.000

Pleci Dada Kuning Garut

Bakalan Mulai dari Rp60.000

Pleci Dada Kuning Garut

Juara Mulai dari Rp250.000

Pleci Lombok

Bakalan Mulai dari Rp50.000

Pleci Lombok

Juara Mulai dari Rp250.000

Pleci Buxtoni

Bakalan Mulai dari Rp60.000

Pleci Buxtoni

Juara Mulai dari Rp400.000

Setelah mengetahui daftar harga burung pleci di pasaran, kira-kira Anda hendak membeli burung pleci jenis apa? Apapun yang Anda beli, pastikan sesuaikan dengan budget yang dimiliki, ya. Pastikan pula membeli yang benar-benar diinginkan untuk dipelihara.

Baca juga: