Umumnya, prenjak merupakan burung liar yang sering lalu lalang di sekitar sawah atau ladang. Namun karena suaranya yang merdu burung ini akhirnya banyak dipelihara. Dengan harga burung prenjak yang murah, pemiliknya bisa menikmati suara burung yang khas dan merdu.

Burung dengan nama ilmiah Prinia familiaris ini sebenarnya memiliki nama asli cinenen kelabu. Namun seiring dengan sistem sebut pasar, burung ini disebut dengan burung prenjak dan disebut ciblek dalam bahasa Jawa. Di samping namanya burung ini memiliki daya tarik tersendiri.

 Jenis Burung Prenjak

Seperti jenis burung lainnya, prenjak pun memiliki pembagian jenis lagi di dalamnya. Burung prenjak terkenal akan bentuk dan suaranya yang khas. Tidak hanya dari hal tersebut, pembeda juga datang dari warna dominan burung. Apa saja jenis burung prenjak yang banyak tersebar di pasar Indonesia?

1. Prenjak Kepala Merah

Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah (Cinenen belukar) atau nama ilmiahnya Orthotomus atrogularis. Sesuai namanya prenjak jenis ini memiliki warna merah yang khas di bagian kepalanya. Hanya jenis prenjak kepala merahlah yang memiliki ciri khas ini. Warna merah terlihat kontras dengan warna paruh yang senada.

Untuk bagian badan, burung prenjak jenis ini memiliki warna yang lebih beragam. Bulu pada badan bisa berwarna hijau, abu, coklat, bahkan beberapa burung terlihat berwarna hitam. Harga burung prenjak gacor kepala merah bisa dikenakan nilai yang tinggi.

2. Prenjak Hijau atau Prenjak Lumut

Prenjak Hijau atau Prenjak Lumut

Serupa dengan prenjak merah yang namanya ditujukan pada warna bulu burung, demikian juga dengan prenjak hijau. Bedanya warna hijau pada prenjak hijau jadi warna dominan dari kepala hingga bagian ekornya.

Prenjak hijau atau prenjak lumut memiliki ciri khas kepala dan paruh beraksen orange dengan bintik hitam di sekitarnya. Bagian badan berwarna abu muda hingga putih, sedangkan ekornya sering mengangkat panjang dan berwarna gradasi hijau hingga hitam.

3. Prenjak Sawah

Prenjak Sawah Prinia inornata

Prenjak ini memiliki nama lain prenjak padi atau prenjak pare. Orang Jawa lebih familiar dengan prenjak jenis ini dan menyebutnya dengan nama ciblek. Dengan warna bulu dominan coklat muda, burung ini terkadang sulit untuk dibedakan dengan jenis burung lainnya.

Namun yang pasti, burung prenjak sawah memiliki corak warna putih atau warna lebih muda di sekitar leher, lingkar mata, badan bagian pinggir sayap, dan ekornya.

Tidak jarang jenis ini ditemukan dengan warna kuning pucat di sekitar bagian bawah tubuh dengan harga burung prenjak yang lebih murah.

4. Prenjak Kebun

Prenjak Kebun

Prenjak kebun menjadi salah satu jenis prenjak yang paling banyak hidup liar hingga kini. Tubuhnya juga tergolong paling besar dibanding dengan jenis lainnya. Burung dengan warna dominan abu hingga coklat ini banyak ditemui di pekarangan hingga kebun.

Warna gelap bisa tersebar dari bagian kepala hingga ekornya. Sedangkan warna lebih muda seperti putih hingga kekuningan tersebar dari leher bagian dalam hingga badan bagian belakang dekat ekornya. Warna orange padam bisa dilihat di bagian bola mata dan kakinya.

5. Prenjak Emas

Prenjak Emas

Harga burung prenjak di Indonesia terkenal ramah di kantong namun bisa melonjak bila dilatih dengan baik. Apalagi bila kualitas dan warna burung terbilang indah, maka harganya akan semakin melonjak. Itulah yang sering terjadi pada prenjak jenis emas.

Prenjak emas dinilai sebagai jenis prenjak unggulan. Perpaduan warna orange di kepala, aksen biru di leher warna hijau lumut, hingga coklat di bagian punggung dan ekor, kuning di bagian badan membuat burung ini terlihat semakin elegan.

Harga Burung Prenjak Terbaru

Harga burung prenjak kepala merah dikenal sebagai harga termahal di jenisnya. Namun, benarkan itu? Anda yang hendak membeli atau membuka bisnis terkait burung ini tentu harus mengetahui kisaran harga sebenarnya. Berikut kisaran harga yang bisa jadi acuan:

  1. Harga prenjak anakan kisaran Rp 15.000 sampai Rp 50.000
  2. Harga prenjak dewasa kisaran Rp 70.000 sampai Rp 100.000
  3. Harga Prenjak gacor kisaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000
  4. Harga prenjak gunung kisaran Rp 170.000 sampai Rp 200.000
  5. Harga prenjak gunung gacor kisaran Rp 400.000
  6. Harga prenjak putih kisaran Rp 150.000
  7. Harga prenjak putih gacor kisaran Rp 500.000
  8. Harga prenjak lumut kisaran Rp 30.000 sampai Rp 200.000
  9. Harga prenjak kepala merah kisaran Rp 50.000 sampai Rp 200.000
  10. Harga prenjak jali kisaran Rp 70.000 sampai Rp 150.000
  11. Harga prenjak atas kisaran Rp 70.000 sampai Rp 210.000
  12. Harga prenjak tamu kisaran Rp 30.000 sampai Rp 180.000
  13. Harga prenjak sawah kisaran Rp 40.000
  14. Harga prenjak sawah gacor kisaran Rp 150.000

Tabel Harga Burung Prenjak

Jenis Prenjak Harga Pasar
Burung prenjak anakan Rp 15.000,- s/d Rp 50.000,-
Burung prenjak dewasa Rp 70.000,- s/d Rp 100.000,-
Burung prenjak gacor Rp 100.000,- s/d Rp 200.000,-
Burung prenjak gunung Rp 170.000,- s/d Rp 200.000,-
Burung prenjak gunung gacor Rp 400.000,-
Burung prenjak putih Rp 150.000,-
Burung prenjak putih gacor Rp 500.000,-
Burung prenjak lumut Rp 30.000,- s/d Rp 200.000,-
Burung prenjak kepala merah Rp 50.000,- s/d Rp 200.000,-
Burung prenjak jali Rp 70.000,- s/d Rp 180.000,-
Burung prenjak atas Rp 70.000,- s/d Rp 210.000,-
Burung prenjak tamu Rp 30.000,- s/d Rp 180.000,-
Burung prenjak sawah Rp 40.000,-
Burung prenjak sawah gacor Rp 150.000,-

Pakan Burung Prenjak

Pakan Burung Prenjak

Bukan lagi rahasia umum bila harga burung prenjak gacor dipatok cukup tinggi. Burung gacor juga bisa dipengaruhi salah satunya oleh asupan makanannya. Ada banyak pakan prenjak yang bisa diberikan guna memperlancar burung agar lebih gacor.

Anda bisa mengidentifikasi jenis makanan apa yang cocok dengan burung melalui bentuk paruhnya. Bentuk paruh yang lancip memanjang mengidentifikasi bahwa burung ini merupakan pemakan serangga kecil. Beberapa pakan yang bisa diberikan, yakni:

– Ulat kecil (ulat hongkong)

– Kroto semut

– Jangkrik

– Voer halus (pelet khusus burung)

Di samping pakan utama, burung prenjak juga bisa diberi makanan sampingan. Ini dilakukan untuk menambah nutrisi dan menjaga kesehatan burung. Pakan ini bisa diberikan 2 hingga 3 hari sekali secara berangsur. Pakan sampingan di antaranya:

– Telur rebus

– Madu

– Sayur hijau

– Buah bertekstur agak padat

Kesampingkan pemberian pakan tambahan ini bila burung prenjak peliharaan Anda sedang terkena penyakit. Setelah sembuh baru pakan tambahan bisa diberikan seminggu setelahnya sedikit demi sedikit.

Perawatan Umum Burung Prenjak

Perawatan Umum Burung Prenjak

Perawatan yang baik bisa meningkatkan harga burung prenjak. Sekalipun perawatan yang diberikan merupakan perawatan umum atau perawatan sederhana. Beberapa hal ini akan banyak menopang kesehatan burung walaupun terbilang cara sederhana.

  • Pertama, jagalah kebersihan kandang dan kebersihan burung. Ini dilakukan agar burung sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Selain melelahkan, beragam penyakit juga bisa banyak mengeluarkan biaya tambahan.
  • Kedua, jaga asupan makanan yang diberikan secara rutin. Asupan makanan sekali lagi bisa mempengaruhi kegacoran burung. Semakin baik asupan yang diberikan, maka semakin baik pula kondisi burung hingga mempengaruhi perkembangan suara gacor si burung.
  • Terakhir, jaga kondisi burung jangan sampai over birahi. Pada masa birahi biasanya burung jantan akan melakukan cuitan yang panjang dan khas. Namun, dalam kondisi over birahi bisa jadi burung prenjak mengalami berbagai masalah yang sulit ditangani.

Kondisi mabung (bulu rontok) hingga burung yang tiba-tiba menjadi pasif bisa berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya. Selain sulit disembuhkan kemungkinan stres juga akan melanda burung.

Dengan begitu, maka Anda wajib menjaga kondisi burung jangan sampai over birahi. Dengan cara inilah burung prenjak bisa terus sehat dan tidak sakit-sakitan.

Harga burung prenjak yang murah di awal bisa dikembangkan dan dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi. Karenanya, burung jenis ini cocok untuk dijadikan bahan bisnis rumahan. Perdalam pengetahuan terkait burung prenjak dengan cara mencari informasi terkait lainnya di sini.

Baca juga: