Pernah mendengar istilah hewan Common Nightingale? Bila iya, anda telah mendengar nama Inggris dari burung sikatan londo. Anggota dari keluarga burung Muscicapidae ini terkenal sebagai pengicau yang handal. Harga burung sikatan londo pun terbilang cukup ramah di kantong.

Burung dengan warna coklat yang khas ini juga banyak dijadikan ternakkan karena cara merawatnya yang mudah. Selanjutnya banyak yang menjadikannya ladang bisnis utama dengan keuntungan yang besar setiap tahunnya.

Habitat Khas Burung Sikatan Londo

Habitat Khas Burung Sikatan Londo

Hewan peliharaan mana pun pastinya berasal dari hewan liar berhabitat alam. Seperti halnya dengan burung sikatan londo. Burung ini dikatakan sebagai burung yang berasal dari daratan Amerika Barat dan Amerika Utara.

Kedua negara tersebut memiliki iklim kering dengan tutupan hutan yang cukup rapat. Bahkan terdapat negara bagian dengan iklim ala tropis yang memungkinkan burung ini hidup dengan baik. Selanjutnya burung ini banyak melakukan perjalanan hingga bagian Asia barat daya.

Karena berasal dari negara yang cukup jauh, harga sikatan londo asli bisa menyentuh nilai yang cukup tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi burung sikatan londo lokal gacor untuk menyentuh nilai yang sama tingginya dengan sikatan londo asli luar negeri.

Burung sikatan londo juga banyak menduduki negara Eropa lainnya dengan iklim serupa. Habitat asli burung ini merupakan daerah kering dengan banyaknya tumbuhan berbiji kecil atau serangga kecil. Kini karena banyak ditangkarkan burung banyak beradaptasi.

Burung ini termasuk dalam burung yang cepat beradaptasi. Ketangguhan burung terhadap berbagai macam iklim menjadi salah satu keunggulannya. Namun, tetap saja tidak menutup kemungkinan untuk burung terjangkit penyakit bila kandangnya kotor dan tidak terawat.

Ciri-Ciri Burung Sikatan Londo

Ciri Ciri Burung Sikatan Londo

Termasuk dalam keluarga burung berbadan kecil, sikatan londo memiliki cirinya tersendiri. Mungkin tidak banyak ciri khas yang dimiliki burung jenis ini. Namun, mengenal beberapa ciri umum bisa membuat anda mengenali burung sikatan londo dengan mudah.  Berikut ciri-ciri yang bisa dikenali:

1. Hanya Memiliki Panjang sekitar 7-15 Cm

Terlepas dari harga burung sikatan londo asli yang lumayan tinggi, ternyata burung ini termasuk burung pendek atau kecil. Burung sikatan londo hanya memiliki panjang antara 7 hingga 15 cm saja pada jenis jantan maupun betinanya.

Dengan bentuk yang kecil, memungkinkan burung ini untuk terbang lebih cepat dan lebih gesit dalam menangkap mangsanya. Di sisi lain burung dengan besar tidak lebih dari telapak tangan orang dewasa ini lebih mudah dipelihara.

2. Memiliki Bentuk Tubuh yang Ramping

Di samping pendek, burung sikatan londo juga memiliki tubuh yang ramping. Dalam habitat aslinya tubuh yang ramping dapat memungkinkan burung untuk mencari makanan hingga ke bagian sela sela. Bentuk ramping ini diimbangi dengan sayap yang cukup padat.

Bentuk ramping ini bisa jadi pembeda dari jenis burung kecil lainnya. Mungkin identifikasi burung sikat londo berdasarkan bentuk tubuh hanya bisa dilakukan oleh ahli. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa melakukan hal yang sama.

3. Memiliki Warna Dasar Coklat muda

Burung sikat londo juga memiliki warna dasar coklat khususnya coklat muda. Berbeda dengan warna dasar burung endemik lainnya yang kebanyakan memiliki warna dasar abu, hitam, bahkan merah padam.

Warna dasar coklat disinyalir merupakan bentuk evolusi adaptasi oleh hewan atas lingkungan sekitarnya. Kembali lagi ke habitat aslinya, burung sikatan londo hidup di daerah dengan iklim cenderung kering dengan warna alam identik coklat.

4. Memiliki Aksen Warna Abu di Bagian Dadanya

Pada burung sikatan londo, aksen warna lain dimiliki di bagian dada dan sedikit menyentuh bagian perut atas. Aksen warna abu tua hingga muda menambah keunikan burung yang berasal dari benua Amerika ini.

Biasanya aksen warna abu bergantung pada umur burung. Semakin tua umur burung, maka semakin pucat warna yang dimilikinya. Sebaliknya pada burung sikatan londo muda, maka warna abu bisa terlihat berkilau dan lebih tegas.

5. Mudah Dijodohkan dan Cepat Berkembang Biak

Terakhir, burung ini tergolong burung yang mudah dijodohkan. Burung ini bisa saja dengan mudah mengawini dua betina dalam waktu yang berdekatan. Karenanya burung ini juga terkenal akan kecepatan berkembang biaknya.

Tidak mengherankan bila burung ini banyak diternakkan dan dengan cepat pemiliknya meraup keuntungan. Setiap betina yang dikawinkan bisa menghasilkan 4 hingga 5 telur per musim pembuahannya.

Perawatan Sederhana Burung Sikatan Londo

Perawatan Sederhana Burung Sikatan Londo

Burung sikatan londo bisa dirawat dengan mudah. Burung yang bisa beradaptasi dengan mudah ini banyak diunggulkan karena perawatannya yang sederhana. Anda bisa memulai praktek sendiri tanpa didampingi ahlinya.

  • Pertama, Anda hanya perlu membersihkan kandang secara rutin. Kebersihan kandang akan menopang kesehatan burung. Jangan sampai burung mudah terjangkit penyakit atau bahkan stres karena kandang yang bermasalah.
  • Kedua, Anda bisa memandikan burung pada jam 9 pagi dan jemur hingga paling lama jam 11 pagi. Perlu diingat untuk mengangin anginkan terlebih dulu burung untuk beradaptasi dengan suhu pagi. Barulah burung bisa dimandikan dengan cara disemprot.
  • Ketiga, perhatikan asupan pakan yang diberikan setiap harinya. Untuk perawatan maksimal Anda bisa memberi biji bijian setiap harinya. Disambung dengan pakan selingan seperti ulat maupun kroto. Anda juga bisa menyelingi pakan dengan telur rebus atau madu untuk menambah imunitas burung.

Jangan panik saat burung terkena penyakit. Hal pertama yang bisa dilakukan yakni memisahkan burung sikatan londo dengan koloni atau pasangannya. Beberapa penyakit umum yang biasa menghampiri burung, yakni:

  • Mabung
  • Kaki bersisik
  • Mata bengkak atau kemerahan
  • Kotoran kapur
  • Hingga stress berlebih

Saat burung sakit jangan lupa untuk selalu membersihkan kandangnya dan jaga asupan gizinya. Namun, perlu diperhatikan hindari sementara pemberian makanan selingan. Bila penyakit tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda membawa burung peliharaan ke pihak ahli dan berpengalaman.

Daftar Harga Burung Sikatan Londo

Daftar Harga Burung Sikatan Londo

Harga burung sikatan londo di pasar pramuka banyak dijadikan standar penjualan burung di tempat lain. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk harga mengalami kenaikan atau penurunan karena hal tertentu.

Berikut kisaran harga burung sikatan londo yang bisa jadi acuan ketika hendak membelinya, agar terhindar dari tindakan penipuan:

Jenis Sikatan Londo Kisaran Harga
Sikatan londo gunung Rp 45.000
Sikatan londo anakan Rp 55.000
Sikatan londo ekor merah Rp 600.000 s/d Rp 800.000
Sikatan londo hutan Rp 30.000 s/d Rp 50.000
Sikatan londo gunung gacor Rp 120.000 s/d Rp 150.000
Sikatan londo emas Rp 400.000 s/d Rp 850.000
Sikatan londo dewasa Rp 60.000

Harga burung sikatan londo memang tergolong murah pada awalnya. Namun bila burung ini dilatih hingga memiliki cuitan yang gacor, maka harganya bisa bertambah cukup tinggi. Selalu cek harga burung sebelum melakukan transaksi agar Anda tidak merugi.

Baca juga: