Kenari yorkshire adalah burung asal Yorkshire Inggris. Burung ini merupakan hasil kawin silang antara kenari Norwich, Lancashire dan Belgia. Lantaran bentuk fisiknya yang indah, harga kenari yorkshire tergolong sangat mahal.

Simak ulasan mengenai harga, ciri umum dan perawatan Kenari Yorkshire berikut ini.

Ciri Umum Burung Kenari Yorkshire

Berikut ciri-ciri paling menonjol dari kenari yorkshire dimulai dari bentuk tubuhnya yang unik.

1. Bentuk tubuh mirip wortel

Jika dilihat sekilas, burung kenari yorkshire ini memang terlihat seperti wortel dengan posisi terbalik. Bentuk dadanya padat dan bidang sehingga menghasilkan jenis suara yang cukup lantang dengan panjang tubuh hingga 20 cm.

Saking indah dan cantiknya body dari kenari yorkshire, ia kerap diikutsertakan dalam berbagai kontes. Ia juga merupakan burung yang lincah dan tidak mudah sakit.

2. Berbulu tipis dengan mata yang cantik

Bulu dari burung asal Inggris ini sangat unik, tipis dan terlihat bersih. Ia juga memiliki mata indah dan berwarna cerah. Selain itu, kenari yorkshire juga memiliki pandangan mata yang sangat tajam.

3. Memiliki kaki yang panjang

Bagaimana bentuk kaki burung kenari yorkshire? Sesuai dengan bentuk tubuhnya yang panjang, burung ini juga memiliki kaki yang jenjang. Dengan bentuk kakinya ini, ia akan terlihat tegap dan gagah saat berkicau.

4. Mempunyai nafsu makan yang baik

Selain tiga ciri diatas, ciri yang menonjol dari kenari jenis ini adalah nafsu makannya yang baik. Oleh sebab itu, kenari yorkshire biasanya terlihat lebih bugar dan lincah karena ia juga tidak pernah kesulitan mencerna makanannya.

Baca Juga : 5 Daftar Harga Burung Kenari Import 2021

Keunggulan dari Kenari Yorkshire

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kenari yorkshire memiliki bentuk tubuh yang sangat unik yaitu mirip wortel. Bentuk badannya juga besar dan tegap sehingga ia memiliki suara yang cukup lantang.

Ia merupakan burung kontes dengan suara yang lebih merdu ketimbang burung kenari pada umumnya. Selain memiliki postur tubuh yang tegap, ia juga memiliki warna yang cukup beragam dan indah.

Harga Burung Kenari Yorkshire

Berapa harga kenari yorkshire sebenarnya? Sebagai burung idola serta memiliki banyak keunggulan ia dijual dengan harga sangat mahal. Untuk harga kenari yorkshire jantan saja dapat mencapai angka 10 juta rupiah.

Kenari yorkshire betina dibanderol harga sekitar 2 juta rupiah untuk anakan dan 3 juta rupiah untuk dewasa. Sedangkan untuk kenari AF yorkshire jenis anakan harganya hanya berkisar di angka 300 ribu rupiah.

Jenis anakan kenari AF yorkshire dihargai sekitar 1,2 juta rupiah. Sedangkan untuk harga kenari F2 yorkshire anakan dihargai sedikit mahal yaitu sekitar 1,8 juta rupiah.

Untuk harga kenari yorkshire lokal biasanya sekitar 3,5 juta rupiah per ekor. Lain halnya dengan harga kenari yorkshire import yang dihargai mulai dari 4 juta hingga 10 juta rupiah.

Standar perawatan kenari yorkshire

Cara merawat burung kenari yorkshire sebenarnya sama seperti burung kenari pada umumnya. Makanan untuk burung ini bisa berupa biji-bijian, buah apel, pir dan sayuran.

Agar burung dapat bergerak dengan bebas, buatlah sangkar yang  sedikit  lebih  luas. burung ini juga tidak perlu dimandikan, cukup sediakan tempat  air  yang besar agar ia bisa mandi sendiri.

Itulah tadi ulasan seputar harga kenari yorkshire lengkap dengan ciri, keunggulan serta cara merawatnya. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran untuk anda yang ingin memelihara kenari yorkshire di rumah.