Harga Murai Batu Sabang dan Cara Perawatannya 1

Harga Murai Batu Sabang dan Cara Perawatannya

Harga Murai Batu Sabang dan Cara Perawatannya
Harga Murai Batu Sabang dan Cara Perawatannya

Burung murai batu Sabang adalah salah satu jenis murai yang hidup dan dapat ditemukan di daerah pulau Weh (Sabang). Burung ini sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu jenis murai yang mulai sulit ditemukan atau hampir punah, lantaran pengrusakan lingkungan dan perburuan liar.

Dibandingkan dengan jenis burung murai yang lainnya, burung ini memiliki  banyak sejumlah daya tarik sendiri yang membuatnya banyak diidamkan untuk dikoleksi, mulai dari postur tubuhnya yang proporsional, keindahan bulunya  hingga kicauannya yang keras.

Untuk anda yang ingin memelihara jenis burung murai yang satu ini, ada baiknya jika anda mengetahui lebih banyak tentang harga murai batu sabang dan juga cara perawatannya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut.

Harga Burung Murai Batu Sabang

Postur tubuh yang proporsional, bulu yang indah dan juga kicauan yang keras dari burung batu Sabang membuat harga dari burung ini terbilang cukup fantastis. Burung murai Sabang jantan saja dibandrol di kisaran harga Rp. 15.000.000,00.

Sedangkan untuk burung murai Sabang betina memiliki harga jual yang mencapai kurang lebih Rp. 8.000.000,00. Harga yang disebutkan sebelumnya sekiranya dapat dikatakan cukup wajar jika mengingat bahwa murai Sabang sendiri hanya hidup di pulau Weh dan terbilang cukup sulit untuk ditemukan.

Perawatan Burung Murai Batu Sabang

Untuk hal perawatan burung murai Sabang dapat dikatakan tidak terlalu berbeda dengan perawatan jenis murai lainnya. Adapun hal hal yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan burung ini adalah sebagai berikut:

● Melakukan Pengembunan

Pengembunan adalah istilah lain dari menganginkan burung. Dalam perawatan burung murai, hal ini terbilang cukup umum dilakukan. Cara untuk melakukannya sendiri cukup mudah dimana anda cukup menganginkan murai Sabang selama kurang lebih 30 menitan sebelum dimandikan.

Tujuan dari pengembunan ini dilakukan agar burung murai Sabang dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

● Memandikan

Setelah melakukan proses pengembunan seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda dapat melanjutkannya dengan memandikan murai Sabang. Untuk bagian ini, anda dapat menggunakan alat semprot untuk memandikannya.

● Jaga Kebersihan Sangkar

Masih membahas tentang cara merawat burung murai Sabang. Kebersihan sangkar adalah salah satu faktor yang amat mempengaruhi kesehatan unggas, termasuk burung murai Sabang.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa anda anda membersihkan sangkar burung murai Sabang anda dan juga mengganti air minumnya secara rutin setiap harinya.

● Pemberian Makan Tepat Waktu

Setelah anda memandikan burung murai Sabang anda, pastikan anda memberikan anda memberikannya sarapan. Jenis burung murai sendiri biasanya memakan jangkrik, kroto, serangga kecil dan ulat kandang.

Untuk waktu pemberian pakannya, anda dapat memberikan makan pada burung murai sabang anda waktu pagi dan sore hari saja.

● Menjemur dan Menganginkan Kembali

Jika anda telah melakukan semua langkah yang disebutkan di atas, maka anda dapat menjemur burung murai Sabang anda selama kurang lebih 1  jam. Setelahnya, lanjutkan dengan menganginkannya selama kurang lebih 10 menitan.

● Membuat Lingkungan Mirip Habitat Asli

Langkah terakhir untuk merawat burung murai batu Sabang adalah dengan membuat sangkar mirip dengan lingkungan atau habitat aslinya.

Anda dapat melakukannya dengan menggantung sangkar di pohon atau meletakkan ranting di sangkar. Hal ini dilakukan agar burung murai Sabang anda merasa nyaman dan betah di sangkarnya.

Itulah sekilas ulasan mengenai harga murai batu Sabang dan sedikit cara merawatnya. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memelihara burung asal Sabang ini. Bagaimana? Apakah anda memiliki ketertarikan untuk memelihara jenis burung murai yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *