Bagi sebagian orang yang belum paham, pasti akan bertanya perihal harga sarang burung walet yang bisa terbilang mahal. Padahal, sarang yang berisi air liur burung kecil tersebut memiliki banyak manfaat yang membuatnya berharga fantastis.

Maka tidak heran jika ada banyak orang yang merelakan rumahnya ketika ada burung walet yang bersarang di sana. Sebab, tidak semua rumah dapat didatangi burung yang memiliki sayap meruncing ini. Saat burung walet datang, maka dianggap sebagai rezeki yang sayang jika ditolak.

Manfaat Sarang Burung Walet

Manfaat Sarang Burung Walet

1. Mendongkrak Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam sarang burung walet terkandung glikoprotein hingga 63%. Seperti yang kita ketahui, glikoprotein berfungsi sebagai alat untuk mendistriusikan senyawa baik di dalam maupun di luar sel.

Maka dengan kandungan glikoprotein sebanyak itu, kebutuhan sel akan tercukupi sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan terdongkrak cepat.

2. Mempercepat Pemulihan Luka

Kandungan lain yang ada di dalam sarang burung walet adalah protein dan juga nutrisi penting lainnya. Tak heran, jika orang Negeri Tirai Bambu sudah sejak 400 tahun lalu mengkonsumsi sup sarang burung walet karena percaya akan khasiatnya. 

Karena kandungan inilah maka tubuh orang yang rutin mengkonsumsi sarang burung walet akan lebih mudah memproses luka, sehingga cepat mengalami kesembuhan. Selain itu, masalah pernapasan juga dapat diringankan dengan mengkonsumsi bahan makanan ini sesuai anjuran.

3. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Lansia

Seiring bertambahnya usia maka tubuh pun akan mengalami penurunan fungsi sehingga sering menimbulkan masalah kesehatan.

Gangguan yang kerap dialami lansia adalah batuk kering, mudah lelah, kehilangan nafsu makan serta sistem pencernaan yang tidak lancar. Untuk mengatasi masalah tersebut, mengkonsumsi sarang burung walet bisa menjadi solusi.

4. Suplemen Tumbuh Kembang Anak

Selain lansia, anak-anak juga masuk ke dalam golongan yang rentan untuk sakit. Hal ini tentunya dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya. Untuk menghindari hal tersebut, maka para orang tua bisa mengajarkan anak untuk mengkonsumsi sarang burung walet.

Dengan kandungan mineral dan asam amino yang tinggi, maka sarang burung walet sangat bagus untuk mendorong tumbuh kembang anak. Selain itu, rutin mengkonsumsi sarang burung walet bisa menghindarkan dari penyakit flu serta mendongkrak fungsi ginjal serta paru-paru.

Jenis Sarang Burung Walet

Jenis Sarang Burung Walet

1. Sarang Walet Putih 

Tipe ini berasal dari burung dengan jenis Aerodramus fushipagus. Jenis sarang burung ini merupakan jenis yang paling dicari. Hal ini membuat harga sarang burung walet tipe ini menjadi yang paling mahal.

Harganya terbilang mahal karena sarang ini didapatkan dari alam, biasanya ada di gua-gua. Terkadang juga dapat ditemukan di gedung atau rumah, namun tidak diternakkan, melainkan burung walet yang memilih untuk bersarang di sana dengan sendirinya.

Ciri dari sarang burung ini adalah warnanya yang dominan putih dengan gradasi kekuningan. Ada perbedaan dari warna sarang burung yang didapatkan dari gua dengan rumah. Sarang burung yang didapatkan dari gua memiliki warna yang cenderung lebih keruh dan kotor, sedangkan sarang rumahan sebaliknya.

2. Sarang Burung Walet Hitam

Burung penghasil sarang jenis ini adalah Aerodramus maximus. Sarang ini merupakan sarang terlaris kedua. Berbeda dengan sarang walet putih Aerodramus fushipagus yang seluruhnya terbuat dari liur walet, sarang hitam ini merupakan perpaduan dari 60% air liur dan 40% bulu halus.

Hal ini juga berdampak pada harganya yang tidak semahal sarang putih. Ciri dari sarang walet hitam adalah memiliki lebar antara 5 sampai 7 cm. Warnanya hitam pekat hingga ke bagian dalam sarang. Kualitasnya berada setingkat di bawah sarang walet putih. Biasanya dapat ditemukan di dinding gua.

3. Sarang Burung Walet Rumput

Jenis burung penghasil sarang burung ini adalah Collocalia esculenta, Aerodramus fuciphagus, atau Aerodramus maximus. Sesuai dengan namanya, maka sarang walet ini terbuat dari perpaduan air liur dengan rumput, daun, bunga, atau bahan lain yang bertekstur serupa.

Lokasi penemuan sarang burung rumput ini bukan hanya di gua, tetapi bisa juga di rumah. Biasanya letaknya berada di bagian gua atau rumah yang memiliki intensitas cahaya rendah, sehingga cenderung remang-remang.

4. Sarang Burung Walet Lumut Sriti

Sarang yang dihasilkan oleh burung Collocalia vanikorensis ini membuat sarang dengan perpaduan air liur dan lumut. Maka tak heran ketika masih dalam keadaan baru, warna dari sarang ini adalah kehijau-hijauan. 

Namun ketika sudah berangsur lama dan mengering, maka warnanya akan menjadi coklat kehitaman.

Harga sarang burung walet lumut sriti tergantung dari besar kecilnya sarang dan juga kondisi sarang itu sendiri. Sarang yang masih bagus dan utuh tentu lebih mahal dibandingkan yang sudah patah.

5. Sarang Burung Walet Merah

Sama dengan namanya, sarang burung ini berwarna merah dengan diameter sekitar 9 cm. Burung jenis Aerodramus fuciphagus-lah yang memproduksi sarang burung seberat 9 gram ini.

Biasanya, sarang burung merah dibuat ketika memasuki musim hujan, yaitu ketika kelembaban udara cenderung tinggi. 

Macam Olahan Sarang Burung Walet

Macam Olahan Sarang Burung Walet

1. Minuman Kesehatan

Salah satu cara penyajian sarang burung walet yang paling terkenal adalah untuk dijadikan sebagai minuman. Caranya pun hampir sama seperti membuat minuman kekinian, infused water.

Namun, sebelum membuat minuman, Anda harus terlebih dahulu membersihkan sarang burung dari kotoran atau benda asing yang menempel dengan cara merendamnya terlebih dahulu.

Baru setelah itu, masukkan sarang burung ke dalam botol atau tempat minum lainnya, kemudian tambahkan air secukupnya. Tunggu beberapa saat sebelum bisa dikonsumsi.

2. Sup Burung Walet

Proses pembuatan sup burung walet sama dengan proses pembuatan sup pada umumnya. Sarang burung yang sudah direndam dan dibersihkan, dipotong sesuai selera dan dimasukkan ke dalam sup.

Harga sup ini tentu berbeda-beda jika dijual. Salah satu alasannya adalah mengikuti harga sarang burung walet terbaru yang ada di pasaran.

3. Produk Kosmetik

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, sarang burung walet sering digunakan sebagai material utama untuk produk kecantikan. Sarang burung walet dipercaya dapat meregenerasi kulit dan menghambat penuaan sehingga membuat kulit ternutrisi dan awet muda.

Produk yang biasanya menggunakan sarang walet untuk kecantikan adalah krim wajah, serum, hand and body lotion hingga sabun mandi. Produk semacam ini umumnya sangat laris di pasaran.

Harga Sarang Burung Walet

Jenis/Bentuk Berat Kisaran Harga
Sarang Burung Walet Mangkok 50gram Rp910.000 – Rp1.630.000
Sarang Burung Walet Mangkok Kalimantan 100gram Rp2.600.000
Sarang Burung Walet Super 100gram Rp3.000.000 – Rp4.750.000
Sarang Burung Walet Mangkok Jawa 1000gram Rp18.500.000
Sarang Burung Walet Mangkok Bersih 1000gram Rp26.000.000
Sarang Burung Walet Patahan 100gram Rp1.900.000 –Rp 2.100.000
Sarang Burung Walet Patahan Kotor 1000gram Rp16.000.000
Sarang Burung Walet Sudut 100gram Rp1.800.000 – Rp3.000.000

 

Harga sarang burung walet 2021 bisa saja berbeda dengan harga di tahun 2020 atau nanti di tahun 2022. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, jika Anda ingin membeli sarang walet dalam jumlah besar, ada baiknya untuk melakukan peninjauan harga terlebih dahulu.

Baca juga: