Murai Batu punya banyak sekali jenis yang semuanya mempunyai keistimewaan, termasuk salah satunya ialah Murai Batu Medan Super. Murai jenis ini terkenal karena mempunyai suara nyaring serta gacor. Lalu, apa saja perbedaan murai batu medan super dan biasa? Ketahui perbedaannya berikut.

Ciri Murai Batu Medan Super

Supaya Anda mudah untuk membedakan mana Murai Medan tipe biasa dan mana yang tipe super, Anda bisa mengamati ciri-ciri batu murai medan super di bawah ini.

Panjang & Pola Ekor

Ekor murai tipe ini mempunyai pola serta corak yang berbeda dari jenis murai yang lain. Bentuk ekor murai batu yang bagus berukuran panjang serta sedikit melengkung. Tipe super ini punya ekor panjang berkisar 25 sampai 35 cm.

Selain itu, murai ini punya empat pasang bulu ekor, corak warna putih dan strip berwarna hitam membentuk seperti huruf U. Tak hanya corak, murai yang berkualitas juga mempunyai ekor lebih rapat dan bisa mengangkat ekornya setinggi kepalanya ketika bersuara.

Tubuh Proporsional

Ciri kedua dari tipe ini, yaitu mempunyai porsi tubuh yang proporsional dan tegap. Untuk ukuran tubuh murai yang berkualitas cenderung besar, tegap, dan gagah daripada ukuran porsi tubuh murai lainnya. Selain itu, meski mempunyai ukuran yang besar, tetapi tetap mempunyai porsi tubuh ideal.

Jika anda mengamatinya,  kepala tipe super ini mempunyai bentuk yang ideal dan terlihat sangat menarik ketika sedang mendongak. Kualitas murai ini juga bisa pula anda amati dari bentuk paruhnya yang panjang serta tebal.

Baca juga: Inilah Harga Murai Batu Medan dari Anakan hingga Dewasa

Suara Jernih dan Nyaring

Salah satu keunggulan dari tipe super ini, yaitu memiliki suara kicauan yang nyaring, bersih, dan gacor. Karena kicauan merdu inilah banyak orang yang menggemari tipe murai ini. 

Dengan suara bagus serta intonasinya yang jelas membuat burung ini cocok untuk kontes atau lomba burung. 

Bulu Hitam Mengkilap

Warna bulu menjadi ciri fisik khas dari murai super ini, yaitu mempunyai warna bulu hitam legam yang mengkilap. Apabila dilihat secara sekilas atau ketika terkena sinar matahari secara langsung, biasanya warna bulu akan terlihat seperti kebiruan. 

Selain itu, murai ini juga mempunyai bagian bulu berwarna coklat di bagian bawah. Jenis murai batu yang bagus ini mempunyai bulu yang rapi, mengkilap serta tidak rontok.

Bentuk Kaki

Ciri kelima dari burung ini, yaitu mempunyai sepasang kaki dengan lekukan dan memiliki warna sisik yang unik. Kaki murai ini cukup unik dengan lekukan seperti buah belimbing. Tak hanya itu, kaki murai ini juga mempunyai cengkraman yang kuat.

Dengan bentuk kakinya tersebut, burung ini juga mempunyai gerakan yang lincah dan aktif bergerak di dalam sangkar.

Warna Kaki

Untuk warna kaki baik murai medan super maupun biasa memiliki kesamaan warna. Warna kaki murai ini ada dua, yaitu merah gelap atau merah kecoklatan dan hitam. Ketika membeli, Anda bisa memilih murai yang punya kaki berwarna merah atau pun yang memiliki kaki berwarna hitam.

Perbedaan di atas bisa Anda amati dengan mudah saat murai ini sudah menginjak usia sekitar 4 bulan.

Itulah beberapa perbedaan Murai Batu Medan super dan biasa yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli Murai Batu Medan. Memang antara tipe super dan biasa mempunyai perbedaan yang tidak banyak, tetapi Anda bisa memilih murai super yang mempunyai kriteria seperti yang disebutkan diatas.