Burung kacer atau yang lebih dikenal dengan Magpie Robin, menjadi salah satu jenis burung yang mudah berkicau di Indonesia. Jenis burung kacer pun beragam, membuat pembudidaya burung semakin ramai.

Burung kacer sendiri berasal dari keluarga Muscicapidae yang kerap dijadikan burung lomba. Ini didasari karena suara kicauannya yang cukup populer dan tahan lama.

Terlepas dari itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya. Seperti memandikan, menjemur, memberi makanan, asupan vitamin dan sebagainya agar performa tetap terjaga.

Di Indonesia, ada beberapa ragam yang cukup populer. Seperti kacer poci dan kacer jawa. Untuk lebih detailnya, yuk langsung simak ulasannya!

1. Kacer Lokal/Kacer Jawa

Gambar Kacer Lokal Kacer Jawa Grumsa

Gambar Kacer Lokal Kacer Jawa Grumsa

Kacer jawa atau kacer lokal ternyata memiliki daya tarik tersendiri pada bagian tubuhnya. Perawakannya sendiri berwarna hitam pekat, sehingga mudah dikenali. Hanya saja pada bagian sayap, sedikit berwarna putih.

Sama seperti kacer sumatra, kacer lokal juga memiliki kemampuan untuk meniru ritme pada burung lainnya. Sayangnya, beberapa kacer lokal memiliki bau tubuh yang kurang sedap.

Seperti namanya, kacer lokal berasal dari Pulau Jawa. Namun beberapa pecinta burung mengatakan jika habitat aslinya berasal dari Bali. Mungkin karena jawa timur dan bali yang berdekatan, membuat perpindahan burung kerap terjadi.

2. Kacer Poci

Gambar Kacer Poci Grumsa

Gambar Kacer Poci | Souce : Youtube.com/Dion Juri NZR

Burung jenis ini bernama latin Copsychus Saularis dengan ciri kicauan yang gacor ngobra. Selain itu, tubuhnya memiliki perawakan yang bagus, dengan kombinasi warna bulu hitam dan putih di sekitar tubuhnya.

Kacer poci atau kacer sumatra ini berwarna hitam pada bagian kepala, punggung, leher dan ekor. Lalu di bagian dada, perut dan saya berwarna putih. Sekedar informasi, kacer satu ini pintar menirukan suara-suara burung yang lain.

Kini penyebarannya sendiri tak hanya di Sumatera, namun mulai meluas ke negara Nepal, Malaysia, Tiongkok, Thailand, dan Filipina.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Update Terbaru Semua Jenis 2021

3. Kacer Kalimantan atau Borneo

Gambar Kacer Kalimantan atau Borneo

Gambar Kacer Kalimantan atau Borneo

Sama seperti kacer lainnya, kacer kalimantan juga memiliki ciri fisik pada umumnya. Perbedaanya justru pada mental yang lebih baik, dengan perawakan gagah pun lebih besar.

Tak seperti namanya, kacer satu ini tak melulu di kalimantan saja. Anda bisa menemukannya di berbagai wilayah Indonesia.

4. Kacer Madagaskar

Gambar Kacer Madagaskar Grumsa

Gambar Kacer Madagaskar Grumsa

Burung kacer satu ini sedikit berbeda, mengingat asalnya dari benua Afrika. Jika dilihat sekilas, memang hampir mirip dengan sejenisnya, namun jika dilihat secara detail ada yang berbeda dengan bulunya.

Kacer Madagaskar cukup mirip dengan kacer Sumatra. Pasalnya, keseluruhan warnanya pun dikelili warna hitam dan putih pada bagian tertentu. Hanya saja, bentuk kacer madagaskar lebih bulat dengan suara kristal dan ekspresi mbagong yang khas.

5. Kacer Blorok

Gambar Kacer Blorok Grumsa

Gambar Kacer Blorok Grumsa

Dari sekian jenis kacer, mungkin blorok lah yang berperawakan paling unik. Kacer blorok merupakan burung hasil perkawinan silang antara kacer lokal dan kacer putih. Burung ini memiliki warna putih dan semburat hitam yang berbentuk belang-belang.

Sayangnya dari sisi suara, burung kacer blorok lebih pelan dari kacer sumatra yang dikenal dapat menirukan suara burung lainnya. Meski begitu, mental kacer blorok sangat pemberani dan tak mudah gusar.

Tak heran jika jenisnya kerap diburu para pecinta burung untuk dijadikan peliharaan. Adapun makanan favoritnya yakni jangkrik, ulat dan kroto.

Nah, itulah beberapa informasi seputar jenis burung kacer yang ada di Indonesia. Untuk Anda yang ingin membelinya, jangan lupa kenali ciri-ciri agar sesuai dengan keinginan. Sekian, semoga bermanfaat!