Para pecinta burung pasti tak ingin melewatkan kesempatan memelihara si cantik kenari. Burung kenari memang banyak disukai karena warna cantik dan suara kicauannya yang merdu. Sebelum membeli burung tersebut, ada baiknya Anda mengenali jenis jenis kenari terlebih dahulu.

Ada  banyak jenis burung kenari, mulai dari yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri. Masing-masing jenis memiliki ciri fisik yang berbeda.  Selengkapnya,  simak ulasan berikut ini.

1. Kenari Yorkshire

Inilah jenis burung kenari yang berasal dari Eropa, yang memiliki keanggunan postur. Burung ini memiliki sepasang kaki yang panjang, dengan tinggi tubuh sekitar 16 cm. Tubuhnya hampir selalu tegak, sehingga burung ini terkesan cantik.

Warna kenari Yorkshire biasanya kuning emas. Dalam kontes burung kenari, biasanya jenis ini dinilai berdasarkan keindahan tubuhnya.

2. Kenari Border

Berevolusi di antara abad ke 17 hingga 18, burung kenari Border berasal dari perbatasan Skotlandia dan Inggris. Burung yang memiliki nama ilmiah Serinus canaria domesticus ini memiliki tubuh cenderung bulat, dengan ukuran sekitar 14 cm. Warna bulunya biasanya kuning kecoklatan atau merah.

3. Kenari Roller

Kenari yang satu ini berasal dari Jerman,  dan  dikembangbiakkan  di  area pegunungan Hartz. Burung kenari Roller banyak digemari karena suara  kicaunya yang sangat merdu, melebihi banyak jenis burung kenari lainnya. Kualitas kicauan burung kenari ini sangat tergantung pada perawatan, jenis pakan, dan  latihan  berkicau yang diberikan.

Rata-rata ukuran kenari Roller cukup kecil, yaitu 7,5 cm. Warna bulunya biasanya hijau atau kuning. Perawatannya membutuhkan ekstra perhatian, karena burung ini tak bisa terlalu lama berada di udara panas.

Baca Juga: Cara Mengatur Settingan Kenari Lomba Semaksimal Mungkin

4. Kenari Kuning

Inilah salah satu jenis kenari lokal yang cukup banyak diminati, dengan warna bulu dominan kuning. Ada tiga jenis kenari kuning yang banyak ditemui  di  Indonesia, yaitu kenari kuning polos, melanin kuning, dan lipochrome kuning.

Kenari kuning polos memiliki warna dominan kuning dengan kombinasi bulu putih. Kenari melanin kuning memiliki warna dominan kuning dengan kombinasi coklat dan hitam. Sementara itu, burung kenari lipochrome kuning merupakan hasil mutasi yang mengabaikan melanin lain yang mungkin muncul selain kuning.

5. Kenari Isabel

Kenari Isabel dikenal memiliki perpaduan warna yang paling beragam, mulai dari kuning, hijau, putih, coklat, dan masih banyak lagi. Burung ini memiliki kepandaian berkicau yang istimewa, dan sangat mudah dilatih.

6. Kenari Starblue

Para pecinta kenari Starblue biasanya menyukai jenis burung ini karena warnanya yang elegan. Warna abu-abu yang dimilikinya memang unik, dan tergolong langka.

Saat berkicau, kenari Starblue mudah ditandai karena suaranya nyaring dan tebal. Apalagi cengkok yang dimilikinya dapat berulang-ulang dan mengalir dengan merdu.

7. Kenari Panda

Sesuai namanya, kenari Panda memang memiliki bulu dengan kombinasi warna putih dan hitam yang menyerupai hewan panda. Meskipun demikian, tak semua kenari panda memiliki warna hitam pekat, karena kebanyakan kombinasi yang muncul adalah putih dan abu-abu. Kenari panda banyak diminati karena kecantikan bulunya, dan suaranya yang khas.

Itulah beberapa jenis yang berasal dari lokal Indonesia maupun mancanegara. Setiap jenisnya memiliki keistimewaan masing-masing. Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis burung kenari yang paling sesuai dengan selera.

Selain jenis jenis kenari yang telah disebutkan di  atas,  masih  banyak  kenari  jenis lain yang juga menarik untuk diketahui. Menurut Anda, manakah jenis kenari yang paling seru untuk dimiliki?