Saat melakukan perjalanan, kenyamanan berkendara tentu menjadi komponen penting yang tidak boleh terlupakan. Lain halnya jika anda merasakan bunyi kaki-kaki mobil gluduk saat melintasi jalanan yang tidak rata atau cukup berlubang. Pasti Anda penasaran terhadap penyebab yang terjadi.

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk

Ketika berjalan kemudian terdengar suara gluduk-gluduk memberikan tanda bahwa kaki mobil sedang mengalami kerusakan. Suara gluduk akan semakin terasa jika mobil melintas di jalanan yang kasar bahkan berlubang. Maka anda perlu melakukan pengidentifikasian bagian komponen kaki mobil mana yang mengalami kerusakan

Identifikasi Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Mengalami Kerusakan

Anda perlu meneliti komponen-komponen kaki mobil yang mengalami kerusakan, agar dapat melakukan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut ini bagian-bagian yang perlu Anda cek antara lain :

Komponen Karet Bus Stabilizer

Jika bunyi gluduk terdengar, coba anda cek bagian dari Bus Stabilizer. Biasanya Bus Stabilizer yang ada pada mobil berfungsi sebagai karet untuk bantalan chasis. Dalam keadaan normal, Bus Stabilizer akan menguatkan chasis sehingga tidak menimbulkan suara. Jika bunyi sampai keluar, itu menandakan Bus Stabilizer longgar. Semakin parah jika robek, karena bunyi yang dihasilkan akan lebih besar.

Komponen Shock Breaker

Tahukah Anda jika kaki mobil yang berbunyi gluduk juga bisa disebabkan karena Shockbreaker yang mati. Ada beberapa hal yang menyebabkan Shockbreaker mati antara lain karena mobil membawa beban yang berlebihan, sering menghantam polisi tidur.

Pemakaian yang terlalu lama dan kondisi shockbreaker yang aus juga dapat mengakibatkan munculnya bunyi derit, kaki mobil bunyi gluduk hingga yang paling parah adalah keluarnya oli dari Shock Breaker.

Baca juga: Ini Dia 5 Merk Pengkilap Mobil yang Tidak Merusak Cat Mobil

Komponen Ball joint

Fungsi dari adanya ball Joint, yaitu agar ban mobil depan dapat dibelokkan secara mudah. Ketika balljoint mengalami kendor maka dengan otomatis akan menyebabkan timbulnya kaki mobil bunyi gluduk bahkan ketika berusaha menyetir akan terasa susah.

Cara Mencegah Komponen Kaki Mobil agar Tidak Rusak.

Jika sebelumnya Anda sudah paham tentang penyebab dan komponen apa saja yang teridentifikasi dapat menyebabkan kaki mobil bunyi gluduk, maka ada saran yang bisa anda terapkan agar kaki mobil tidak rusak

Penting sekali bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap karet bus stabilizer. Anda harus melihat bagian bawah mobil dengan menyalakan senter agar robekan atau kelonggaran karet bus stabilizer nampak jelas.

Pencegahan shockbreaker perlu melakukan pencegahan dengan memeriksa bagian body mobil, tekan-tekan dan coba rasakan pantulan tekanannya. Apabila pantulan terjadi beberapa kali, maka saatnya mengganti shockbreaker.

Ganti shockbreaker yang ada dengan mencopot shockbreaker yang masih tertempel pada body mobil. Jika Anda mengalami kesulitan, maka Anda bisa meminta bantuan bengkel mobil

Sebenarnya agar ball joint tidak mengalami kerusakan, tidak perlu melakukan pembongkaran. Anda bisa memeriksa  kelayakan ball joint dengan memutar setir pada bagian depan mobil. Jika setir terasa berat, maka tie rod yang ada pada ball joint mengalami kerusakan. Namun, jika setir terasa ringan berarti tie rod masih aman untuk digunakan.

Itulah hal yang bisa Anda lakukan untuk menangani kaki-kaki mobil bunyi gluduk. Tentu hal ini patut untuk Anda terapkan mengingat kenyamanan berkendara sebagai kunci utama melakukan perjalanan dengan lancar dan selamat hingga sampai tujuan.