Burung kenari dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan visual cantik. Karena itulah banyak orang memilih kenari untuk dipelihara di rumah ataupun diikutkan perlombaan.

Di antara burung lain, kenari merupakan jenis burung dengan harga yang terbilang mahal. Semakin tinggi kualifikasi mereka, maka semakin tinggi pula harganya. Tidak heran jika harga kenari bisa mencapai belasan juta.

Kenari Gacor untuk Kontes Suara

Salah satu alasan orang memelihara kenari adalah untuk kontes suara. Di perlombaan ini pastinya Anda bisa menemukan berbagai jenis kenari gacor dengan kualifikasi yang berbeda-beda. Biasanya, kenari-kenari yang berhasil menjadi juara atau memiliki performa bagus ada yang dijual oleh pemiliknya ataupun diperlombakan lagi nanti.

Kondisi inilah yang membuat terjadinya kegiatan jual beli kenari gacor. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual-penjual kenari gacor yang sudah menjuarai lomba sebelumnya. Harga kenari gacor yang sudah pernah juara ini jelas berlipat dari kenari pada umumnya.

Jika berminat untuk memelihara kenari, mungkin Anda akan ada di kebimbangan antara dua pilihan yaitu membeli kenari biasa dan melatihnya sendiri atau langsung membeli kenari kontes. Pilihan mana yang lebih baik? Kita akan membahasnya di sini:

1. Membeli dan Melatih Kenari Hingga Gacor

Pilihan pertama ini membutuhkan biaya yang lebih murah tapi hasilnya jelas perlu waktu yang lebih lama. Jika Anda masih pemula dan tidak ada niatan untuk ikut kontes suara dalam waktu dekat, maka pilihan pertama ini lebih bagus.

Anda bisa membangun chemistry dengan si burung, merawat hingga melatihnya setiap hari. Ini akan memberikan Anda kepuasan tersendiri apalagi jika akhirnya kenari Anda bisa gacor dengan sangat baik.

Beberapa jenis kenari gacor yang populer dijual dan diminati para pemula adalah:

Burung kenari Yorkshire

Kenari YS dikenal memiliki suara yang merdu, sangat powerfull dan langganan juara kontes. Bentuk badan yang bagus, warna mata dan bulunya yang cantik jadi nilai tambah untuk burung ini.

– Burung Kenari Rusia

Russian Canary ini memiliki volume nada yang lantang dan daya ingat yang sangat baik sehingga mudah untuk menirukan suara burung lain. Rumornya, burung kenari jenis ini bisa menirukan suara seruling dan piano dengan sangat baik.

– Burung Kenari Roller

Kenari jenis Roller hanya perlu diam dan tenang agar bisa menghasilkan nada yang indah. Ciri khas burung yang berasal dari  Jerman  ini  adalah  ia  dapat  nge-roll  dengan sangat baik.

– Burung Kenari Holland

Kenari ini memiliki jenis suara fighter dan tebal. Kicauannya juga bervariasi tergantung musik yang diperdengarkan. Burung ini memiliki sekitar 100 jenis warna lho.

– Burung Kenari Waterslager

Kenari yang satu ini memiliki kicauan khas yang bermacam-macam seperti suara seruling, bel dan bahkan gemericik air. Burung jenis ini juga cukup sering menang di perlombaan.

Anda juga bisa membeli kenari turunan seperti kenari AF, F1, lokal dan lain sebagainya sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Membeli Kenari Kontes

Pilihan kedua ini terbilang ekstrim karena Anda harus merogoh kocek cukup dalam, tapi hasilnya sudah jelas. Idealnya, burung kenari memiliki harga di kisaran Rp. 5 juta sampai Rp. 15 juta per ekor. Jadi bisa Anda bayangkan berapa harga burung kenari kontes kan? Biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang memilih untuk membeli burung kenari jenis ini.

Pada dasarnya, ada beberapa tips membeli kenari gacor yang bisa Anda terapkan yaitu:

  • Pilih kenari jantan gacor yang sudah pernah menang kontes
  • Prioritaskan untuk memilih kenari dengan suara gacor yang merdu (tidak kasar), nyaring, tahan lama dan tidak terputus-putus
  • Kenari harus sudah terbiasa dilatih mastering
  • Burung kenari yang gacor sudah pasti memiliki bentuk tubuh yang bagus
  • Kenari pilihan Anda harus memiliki mental yang bagus

Apapun pilihan yang Anda ambil, pastikan burung kenari selalu mendapat perawatan yang baik. Perhatikan kondisi kandang, kebersihan si burung, asupan makanan hingga latihan suara secara berkala.