Kenari gloster adalah burung kecil yang dibiakkan karena bentuknya, bukan karena warna atau suaranya. Cara merawatnya sama seperti burung kenari lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Kenari Gloster

Kenari gloster atau yang juga dikenal serinus canaria domesticus ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar. Burung kenari gloster memiliki ukuran sekitar 4,75 inchi atau bahkan lebih kecil. Ada dua jenis kenari gloster, untuk informasinya sebagai berikut ini:

  • Kenari Gloster Consort

Kenari Gloster Consort

Kenari Gloster Consort | Source: commons.wikimedia.org

Gloster Consort adalah jenis kenari yang tidak memiliki jambul atau burung berkepala polos. Burung kenari tumbuh dan berkembang biak dengan baik di kandang.

  • Kenari Gloster Corona

Kenari Gloster Corona

Kenari Gloster Corona| Source: commons.wikimedia.org

Gloster Corona alias kenari corona ini menjadi pilihan yang sempurna untuk pemula. Burung ini sangat lincah, kuat, dan mudah berkembang biak.

Sama seperti kebanyakan kenari lainnya, pada dasarnya kenari corona adalah burung sangkar  tetapi cukup populer dan banyak diminati pecinta burung.

Kenari corona biasanya memiliki kicauan yang lebih keras dan berombak. Meski begitu, kenari jenis ini umumnya dibiakkan untuk penampilan fisik daripada warna bulunya atau kicauan suaranya.

Secara fisik, kenari corona memang sangat menarik karena memiliki tubuh yang gemuk dan bulat.  Selain itu, burung ini juga cukup lincah dan berani, sehingga banyak diminati untuk dijadikan peliharaan atau diternak.

Tips Memelihara Kenari Gloster

Burung kenari gloster suka mandi setiap hari. Meski begitu, kenari sebaiknya tidak ditempatkan di lingkungan yang basah, sejuk, atau berangin.

Jika ingin menjemur burung kenari, sebaiknya pilih ruangan khusus untuk menjadi tempat teduh. Selain itu, jaga selalu kebersihan tempat burung bertengger untuk menghindari masalah atau penyakit pada bagian kaki.

Secara umum, baik kenari corona maupun kenari consort sama-sama memiliki suara yang keras, gerakan lincah, serta berani. Biasanya burung jenis ini memerlukan perawatan atau kandang burung yang luas.

Baca Juga: Harga Kenari Yorkshire, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya

Asal Usul Kenari Gloster

Burung ini dinamai Canary Islands tempat mereka pertama kali ditemukan dan dipopulerkan sebagai hewan peliharaan karena kemampuan menyanyinya yang indah.

Burung kenari gloster berasal dari Gloucestershire, Inggris tetapi tidak ditemukan di alam liar. Kenari gloster merupakan jenis kenari domestik tertentu yang awalnya dibiakkan dari berbagai kenari lainnya pada awal tahun 1920-an.

Pada tahun 1960, burung-burung itu dibawa ke Amerika Serikat dan berkembang biak selama lebih dari 10 tahun. Kemudian, pada tahun 1976, burung kenari gloster menjadi pemenang terbaik dalam pertunjukan yang memperkuat popularitasnya di kalangan pecinta kenari.

Ciri Khas Kenari Gloster

Untuk membedakan jenis kenari gloster, Anda bisa melihat dari segi fisiknya. Kenari corona memiliki penampilan pipih berbentuk mangkuk pada bulu di atas kepalanya, sedangkan kenari consort tidak memiliki jambul yang unik tersebut.

Perbedaan itulah yang membuat Anda tidak akan sulit memilih jenis kenari gloster. Berbicara soal warna, burung kenari memiliki beragam warna mulai dari kuning, coklat, putih, abu-abu, hijau dan sebagainya. Hal ini karena adanya variasi dalam pembiakan.

Baca Juga: 5 Daftar Harga Burung Kenari Import 2021

Harga Kenari Gloster

Harga kenari gloster berbeda-beda, ada yang mahal dan ada juga yang murah. Menurut informasi terbaru, kenari gloster dihargai mulai dari 800 ribu hingga 2 juta rupiah.

Namun, harga kenari gloster consort maupun corona bisa berubah-ubah tergantung dari penjual. Semakin bagus kualitas kenari gloster, maka akan semakin mahal juga harganya.

Nah, itulah itulah jenis-jenis kenari gloster beserta harganya. Burung kenari gloster memang unik dan menarik, sehingga sangat cocok menjadi peliharaan.