Kepopuleran burung kenari import membuat red siskin menjadi salah satu incaran pecinta burung. Dengan harga yang terbilang mahal, ternyata cara perawatannya cukup mudah. Kenari Red Siskin ini bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda yang ingin menambah koleksi burung.

Bentuk tubuhnya yang cantik dengan berbagai warna, ditambah lagi paruhnya yang unik membuat banyak orang semakin suka. Belum lagi kicauannya juga punya suara dengan lagu yang enak didengar.

Nah, sebelum menentukan untuk membeli kenari Red Siskin ini, alangkah baiknya Anda tahu ciri-ciri dan bagaimana cara perawatan kenari Red Siskin ini.

Ciri khas Kenari Red Siskin

Kenari import ini berasal dari kawasan di Benua Amerika, terutama bisa ditemukan di bagian Amerika Selatan, Venezuela Utara, Kolombia Utara. Burung ini beradaptasi di tempat yang terbuka, seperti tepian hutan, padang rumput, dan berbagai bukit.

Di alam, kenari Red Siskin betina meletakkan telurnya yang berwarna putih kehijauan di sarangnya yang berbentuk cangkir. Sarang ini terbuat dari rumput yang diletakkan di pepohonan.

Ukuran dari burung ini rata-rata adalah 10 cm dengan warna merah tua di bagian tubuh, dan hitam di bagian kepala, leher, sedikit di bagian sayap, dan di ujung ekor. Berbeda untuk burung betina yang dominan warna abu-abu di kepala, leher, dan punggung. Warna merah tua hanya di bagian pantat dan ekor.

Mengenai suara, Anda tidak perlu meragukannya. Jenis kenari import ini memiliki kicauan dengan lagu yang unik dan enak didengar. Keunikan dari warna dan kicauan inilah yang membuat banyak penggemar burung ingin menangkarkannya.

Baca Juga: Harga Kenari Yorkshire, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya

Cara Perawatan Kenari Red Siskin

Sebenarnya perawatan kenari Red Siskin ini lumayan mudah, sehingga tidak perlu khawatir akan kesulitan. Ukuran standar kandangnya berdimensi 30 cm x 40 cm x 50 cm. Menjaganya selalu bersih setiap harinya sudah cukup.

Untuk pakan yang bisa Anda sediakan berupa biji-bijian layaknya burung kenari biasa. Anda bisa memberikan canary seed, millet, niger seed. Untuk pakan tambahan bisa diberikan sawi, selada, buah-buahan, dan untuk memberikan daya yang kuat bisa Anda berikan daun binahong.

Saat menjemur burung ini tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Tidak seperti jenis kenari lainnya, karena memang burung ini berasal dari negara yang lebih dingin. Di beberapa negara, burung ini diberikan lampu khusus, sehingga bisa tetap menjaganya tetap hangat.

Burung jenis kenari ini memiliki daya tahan yang cukup kuat dan mampu beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru. Namun, Anda tetap harus menjaga lingkungannya tetap bersih, termasuk air bersih yang cukup. Anda juga bisa menambahkan extra fooding dari toko burung dengan berbagai merek.

Harga Kenari Red Siskin

Dengan berbagai kelebihan kenari Red Siskin ini tentunya Anda bakal tertarik untuk membelinya. Harganya saat ini lumayan tinggi, jika Anda membelinya dan bisa merawatnya dengan harganya pasti akan meningkat jauh lebih tinggi.

Berikut ini harga kenari Red Siskin sesuai dengan jenisnya:

  1. Classic Female : Rp 1,4 juta – Rp 2,5 juta tiap ekor
  2. Classic Male : Rp 1,7 juta – Rp 4,5 juta tiap ekor
  3. Dilute Male/Female : Rp 3,5 juta – RP 4 juta tiap ekor
  4. Couple Remaja : Rp 3,5 juta – Rp 4 juta sepasang
  5. Couple BHS : Rp 6 juta – Rp 8 juta sepasang

Harga bisa naik atau bisa turun, tergantung dari kondisi pasar dan juga karakter dari kenari itu sendiri. Namun demikian, harga kenari import ini relatif stabil dan ada kemungkinan bisa terus meningkat.

Itulah ciri-ciri, cara perawatan, hingga harga dari kenari Red Siskin yang harus Anda tahu sebelum membeli. Jadi, tentukan pilihan burung terbaik sekarang juga untuk koleksi di rumah.