Menyisihkan sebagian uang untuk tabungan memang bukanlah hal mudah. Apalagi jika gaji kita pas-pasan. Namun, bukan berarti dengan gaji pas-pasan tidak bisa menabung, loh! Ayo kita bahas bagaimana cara menabung gaji 2 juta berikut ini.

Tips-tips untuk Menabung

Idealnya, setiap orang perlu memiliki tabungan untuk persiapan masa depan. Jika Anda memiliki gaji UMR dan berpikir sulit untuk menabung, tidak perlu berkecil hati. 

Bagaimana cara menabung uang dengan gaji 2 juta? Ada tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk mempermudah menabung. Tentunya, ketika menabung Anda juga harus menyesuaikan jumlahnya dengan kemampuan dan biaya kebutuhan hidup Anda.

1. Menyisihkan Uang Setelah Gajian

Menyisihkan Uang Setelah Gajian

Menyisihkan Uang Setelah Gajian

Jika sudah memiliki tekad untuk menabung, sebaiknya langsung sisihkan uang ketika gajian. Karena bila sudah terlampau jauh lewat tanggal gajian, uang yang tadinya ingin Anda tabung malah bisa terpakai untuk keperluan yang lain.

Jangan gerakkan uang yang sudah Anda sisihkan untuk tabungan. Dalam mindset Anda, anggaplah total uang yang Anda miliki sejumlah sisa uang Anda. Karena jika tidak, bisa saja sewaktu-waktu niat Anda berubah dan terpikir untuk mengambil uang yang sudah Anda sisihkan. 

2. Memiliki Alokasi Kebutuhan

Setiap bulannya, Anda perlu membagi-bagi keuangan Anda sesuai alokasi kebutuhan. Misalnya 50% untuk biaya hidup sehari-hari, 10% untuk tabungan, sekian persen untuk kontrakan, dan lain sebagainya.

Banyak referensi persentase alokasi gaji yang bisa Anda contoh. Salah satu yang banyak disarankan adalah cara 40 – 30 – 20 – 10.

40% dari gaji untuk kebutuhan hidup sehari-hari. 30%-nya untuk tagihan-tagihan, cicilan, dan hutang. 20% untuk tabungan dan investasi. Lalu, 10% untuk biaya sosial, seperti bersedekah, sumbangan acara pernikahan, dan lain-lain. Jika tidak terpakai 10% terakhir bisa masuk ke tabungan.

Ini hanya berupa contoh saran persentase alokasi gaji. Anda dapat menyesuaikan alokasi tersebut semampunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menggunakan Skala Prioritas

Setelah memiliki alokasi kebutuhan, langkah selanjutnya adalah menggunakan skala prioritas dalam mengatur keuangan. Utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada yang sekunder dan tersier.

Contohnya ketika tergoda untuk berbelanja online. Anda perlu menanyai diri sendiri, apakah Anda betul-betul membutuhkan benda tersebut? Bagaimana prioritasnya dalam menunjang keberlangsungan hidup Anda? Apakah Anda masih ada kebutuhan lain yang lebih penting?

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kebiasaan menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Selalu perhatikan urgensi dan prioritas dalam berbelanja.

4. Membuka Rekening Baru

Membuka Rekening Baru

Membuka Rekening Baru

Cara menabung gaji 2 jutaan selanjutnya adalah punya rekening terpisah khusus untuk menabung. Langsung masukkan uang yang sudah Anda alokasikan untuk tabungan setelah menerima gajian.

Kalau bisa jangan pasang kartu ATM, kartu kredit, ataupun m-banking di rekening baru tersebut. Jika tidak, Anda bisa tergoda mengambil kembali uang tabungan sewaktu-waktu. 

5. Selalu Mencatat Pengeluaran

Untuk mengontrol pengeluaran, selalu catat dan simpan struk belanja yang Anda dapatkan. Mencatat berapa banyak uang yang keluar dan masuk bisa membantu Anda memantau ke mana perginya uang yang Anda miliki. Sehingga, Anda tidak tiba-tiba kaget ketika gaji Anda ludes dan tidak tahu terpakai untuk apa saja.

6. Menekuni Gaya Hidup Hemat dan Sederhana

Untuk dapat konsisten menabung, sebaiknya Anda beralih ke gaya hidup hemat dan sederhana. Anda bisa mengurangi hal-hal yang bukan prioritas dan berkesan konsumtif, seperti nongkrong atau makan di restoran.

7. Ikut Arisan

Tips selanjutnya adalah mengikuti arisan. Sebenarnya arisan sama seperti menabung, karena suatu saat kita akan mendapat giliran dan menerima total hasil cicilan arisan kita. 

Jika ingin bergabung kelompok arisan, Anda bisa memilih yang iuran bulanannya tidak memberatkan. Tips ini lebih bersifat opsional, jika belum merasa sanggup tidak perlu Anda lakukan.

8. Mencoba Investasi

Mencoba Investasi

Mencoba Investasi

Lalu, Anda juga bisa mencoba berinvestasi. Investasi di sini luas maknanya, tidak harus dalam bentuk harta atau saham. Bisa dengan investasi ke diri sendiri seperti kursus atau mengikuti training

Uang yang Anda gunakan untuk pendidikan tidak ada yang sia-sia. Pada akhirnya pasti bermanfaat karena membantu meningkatkan kemampuan yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa mulai mencoba investasi harta kecil-kecilan. Misalnya dengan membeli emas. Keuntungan investasi, uang Anda tidak akan diam dan justru bisa bertambah setelah sekian waktu tertentu.

9. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Tips yang terakhir adalah menghindari penggunaan kartu kredit. Dengan adanya kartu kredit kita akan terdorong untuk menjadi konsumtif, karena berbelanja bisa kita lakukan dengan membayar nanti. Tiba-tiba di akhir bulan tagihannya membengkak sehingga dana yang lain malah mungkin terpakai.

Usahakan juga menghindari pinjaman uang yang berbunga. Jika terlambat membayar hutang bunganya bisa semakin tidak terkontrol. 

Itulah tips-tips cara menabung gaji 2 juta yang bisa Anda ikuti. Kelihatannya memang sederhana tetapi dampaknya sangat besar dalam mengatur keuangan kita.

Baca juga: