Kebutuhan untuk pengeluaran memang sejatinya perlu dianggarkan, karena bisa saja muncul pengeluaran yang mendadak. Misalnya mobil lecet, tapi tak perlu khawatir atas kejadian tersebut, karena Anda bisa melakukan klaim asuransi mobil lecet agar diterima. Simak ulasan berikut :

Mengenal Tipe-Tipe Klaim Asuransi Mobil

Sebelum memahami cara klaim mobil, Anda perlu memahami tipe-tipe asuransi yang terdiri dari Asuransi TLO dan Asuransi All Risk. Asuransi TLO mempunyai pengertian, yaitu asuransi yang hanya memberikan perlindungan akibat adanya resiko barang yang hilang.

Maksud dari makna barang hilang, yaitu apabila benar-benar Anda benar-benar  kehilangan mobil atau mobil mengalami rusak parah dengan kondisi lebih dari 50 persen. Hilang karena adanya pencurian dan premi yang dikenakan lebih ringan daripada jenis All Risk. Namun, kalau hanya sekadar lecet, Anda tak bisa mengajukan TLO.

Sementara itu  tipe All Risk merupakan asuransi yang bisa melindungi pemilik kendaraan dan berbagai jenis kerusakan kendaraan. Sehingga jika mobil anda sedang rusak seperti baret maka anda bisa mengajukan tipe All Risk.

Langkah Klaim Asuransi Mobil

Setelah mengetahui tipe dari Asuransi yang bisa terklaim. Selanjutnya hal semestinya Anda lakukan adalah melakukan proses klaim asuransi terhadap kendaraan  yang mengalami kerusakan. 

Langkah Pertama, yaitu menghubungi pihak perusahaan asuransi dengan segera. Alangkah baiknya jika Anda menghubungi sesaat setelah kejadian, jangan menunda waktu  atau terlalu lama.

Setelah itu, Anda harus memberikan penjelasan dengan jelas penyebab kronologis hingga kejadian yang menyebabkan anda harus melakukan proses klaim asuransi. Siapkan bukti-bukti pendukung yang kuat. Jika kendaraan rusak seperti adanya lecet, jika ada bukti seperti foto berikan saja karena bisa memberikan penjelasan yang berkaitan.

Bukti-bukti penjelasan yang kuat akan membantu Anda untuk meloloskan proses Asuransi mobil yang lecet. Lengkapi permintaan pihak-pihak asuransi, sebab tak jarang pihak-pihak asuransi akan meminta untuk mengisi kelengkapan informasi tentang kendaraan maupun anda sebagai pemilik. Jawab pertanyaan pihak asuransi dengan meyakinkan.

Hal terakhir agar klaim Anda bisa diterima adalah jangan terlalu terburu-buru membawa kendaraan anda yang lecet ke bengkel mobil pilihan Anda. Tunggulah pihak asuransi melakukan survey, dan mengirimkan surat pengantar perbaikan mobil ke bengkel yang menjadi kolaborator.

Baca juga: Menghilangkan Baret Mobil dengan Kit, Terbukti Ampuh Banget!

Biaya Own Risk Klaim Asuransi Mobil Lecet

Tidak sukar untuk melakukan klaim Asuransi Mobil yang mengalami kerusakan seperti lecet. Saat ini untuk proses klaim maka Anda akan dikenakan tarif yaitu own risk atau biasa disingkat dengan sebutan OR. Otoritas Jasa Keuangan telah mengatur untuk ketentuan Own Risk, yaitu sebesar Rp300.000 untuk setiap peristiwa.

Hal yang Mengakibatkan Klaim Asuransi Mobil Lecet Tertolak

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami bahwa klaim asuransi mobil lecet yang Anda lakukan dapat tertolak. Alasan penolakan tersebut karena berbagai faktor antara lain mobil lecet karena kesalahan pribadi, sengaja merusak mobil, premi asuransi tertangguhkan karena biaya polis tidak terurus hingga masa jatuh tempo, mobil lecet akibat kerusakan sebelum anda memiliki polis asuransi. 

Polis asuransi yang dimaksud, yaitu perjanjian tertulis antara nasabah dan perusahaan penyedia layanan asuransi.

Itulah pemaparan seputar klaim asuransi mobil lecet agar bisa diterima. Tidak ada yang bisa menduga musibah atau pengeluaran akan seperti apa wujudnya, yang terpenting Anda harus siap untuk mengatasinya.