Anda pecinta burung pasti tahu burung kacer, vertebrata andalan dalam dunia perkicauan. Dimana burung ini kerap dijadikan petarung pada sebuah kompetisi, mengingat suaranya memang bagus. Karenanya, Anda harus memperhatikan makanan burung kacer, untuk mendukung performanya agar lebih baik.

Tubuh yang sehat, pergerakan yang lincah, dan perawakan yang gempal menjadi poin utama agar burung kacer dapat bersaing dengan sesamanya.

Meski begitu, mendapatkan informasi seputar kacer memang gampang-gampang susah. Tak hanya mengetahui perawatan yang tepat, Anda juga harus paham makanan yang ‘pas’ untuk burung kacer andalan.

Rekomendasi Makanan Burung Kacer Untuk Performa yang Bagus

Jika Anda memiliki burung kacer untuk dimajukan pada sebuah kompetisi, jagalah kesehatannya agar performa selalu baik. Selain itu, perhatikan asupannya baik makanan hingga minuman kacer supaya gacor. Nah, kira kira apa saja sih makanan yang baik untuk kacer biar cepat ngobra?

  • Kroto

List utama yang harus Anda masukkan adalah kroto atau telur semut rangrang. Tak bisa dipungkiri, makanan ini jadi adalah pecinta burung untuk merangsangnya agar gacor.

Selain itu, kandungan gizi dengan protein cukup tinggi membatu burung kacer menjaga performa kicauannya, khususnya saat berkompetisi. Untuk makanan satu ini, Anda bisa memberikan setiap hari atau waktu-waktu menjelang lomba.

  • Jangkrik

Setelahnya adalah jangkrik, makanan kesukaan burung kacer yang hidup di alam bebas. Selain menjadi favorit, jangkrik juga memiliki bernutrisi baik untuk menjaga vitalitas burung kacer. Nah, untuk porsi makanannya sendiri, siapkan 5 ekor jangkrik di pagi dan sore hari.

  • Ulat Hongkong

Ulat hongkong juga bisa menjadi andalan makanan si burung kacer. Namun ingat, perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Mengapa? Mengingat ulat hongkong memiliki sifat menghangatkan tubuh burung. Karenanya, berikan 6 ekor saja menjelang kompetisi diadakan.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Update Terbaru Semua Jenis 2021

  • Ikan

Jika mengikuti habitat aslinya, burung kacer memang tidak memakan ikan. Namun karena burung satu ini akan maju di kompetisi, tentu harus diberikan asupan yang bervariasi.

Mulai dari daging ikan yang dipotong kecil kecil terlebih dahulu, hingga ikan utuh yang berukuran kecil. Ini baik untuk burung kacer yang malas berkicau agar gacor kembali.

Sekedar informasi, gacor memiliki protein yang tinggi. Seperti omega 3 dan omega 6 yang baik untuk menjaga performa si burung kacer.

  • Voer

Menu andalan burung kacer selanjutnya adalah voer. Bentuknya sendiri bulat memanjang seperti pelet. Makanan ini menjadi pakan pokok si burung kicau, karena nutrisinya yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan burung kacer.

Voer bisa diberikan setiap hari dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan. Biasanya makanan ini dapat dibarengi dengan tambahan lainnya seperti kroto, ikan, jangkrik, ulat dan sebagainya agar si burung tidak lesu.

Jangan lupa pula untuk membersihkan wadah voer dari sisa sisa santapan agar tidak ditumbuhi jamur. Disarankan untuk membersihkan tiap 2 hari sekali.

  • Biji Bijian

Siapa sangka, biji bijian juga dianggap sebagai asupan agar burung kacer terus gacor. Adapun jenisnya seperti jewawut/pallet dan biji jagung yang cocok untuk si burung kicau.

Sekedar informasi, burung kacer sendiri memilih paruh yang besar sehingga Anda bisa memberikan biji bijian berupa gandum, beras dan sejenisnya.

  • Cacing

Dan yang terakhir adalah cacing sebagai sumber protein untuk burung kacer. Disarankan untuk memberikan cacing tanah 2 kali dalam seminggu.

Demikian ulasan singkat mengenai makanan burung kacer agar performanya selalu baik. Sekian, semoga bermanfaat!