Apakah sekarang ini Anda memiliki lahan kosong? Jika iya, memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis bisa dipertimbangkan lho. Lantas bagaimana sih cara memulainya dengan tepat dan benar?

Tak bisa dipungkiri, mengubah lahan kosong menjadi ladang yang berpenghasilan memang membutuhkan sebuah usaha. Namun dengan ketekunan dan cara yang benar, tentu akan memberikan manfaat yang sangat baik. 

Nah, untuk Anda yang sedang berencana mengolah lahan kosong tersebut menjadi sebuah ladang bisnis, berikut cara yang bisa Anda lakukan. Yuk langsung disimak!

Cara yang Tepat Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Ladang Bisnis

  • Menjadikan Lahan Parkir

Cara memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah adalah dengan menjadikannya area parkir. Ya, bisnis ini cukup menjanjikan bila ditekuni. Dilatarbelakangi dengan sempitnya lahan di perkotaan, juga meningkatnya jumlah penduduk yang ada. 

Sempitnya lahan ini berbanding terbalik dengan jumlah kendaraan yang semakin banyak, sehingga dibutuhkan lahan parkir sebagai tempat menyimpan kendaraan mereka. Itu mengapa bisnis ini terbilang menjanjikan. 

Namun menyediakan lahan parkir juga harus di lokasi yang strategis. Atau sewa tanah kosong di area pemukiman penduduk, karena rata-rata dari mereka memang tak memiliki tempat parkir sendiri. 

  • Bikin Taman Buah Petik Sendiri

Pilihan kedua adalah dengan menyulap lahan kosong menjadi taman buah yang buahnya bebas dipetik sendiri. Selain bisa dijadikan sebagai objek wisata, pastinya Anda bisa menjadikan ladang bisnis berjualan buah. 

Konsepnya sendiri cukup mudah. Misalnya biaya masuk cukup bayar parkir, lalu boleh memetik/makan sepuasnya, tapi nantinya akan dihitung per kilogram. Mudah bukan?

Menyediakan taman buah, sebaiknya pilih buah yang mudah dan cepat berbuah. Sulap lahan tersebut seasri mungkin, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Air Sumur dan Penyebabnya

  • Dijadikan Ladang Budidaya Ikan

Selain dijadikan ladang untuk menanam buah, lahan kosong juga bagus untuk berbisnis budidaya ikan. Baik itu ikan lele, nila, mujair, hingga koi. Jangan salah, bisnis satu ini sudah terbukti menjanjikan lho.

Dalam prosesnya, Anda dapat belajar dan bekerja sama dengan orang yang paham di bidangnya. Lakukan secara tekun, maka bisnis budidaya ikan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Selain itu, lahan kosong pun menjadi bermanfaat dan lebih produktif bukan?

  • Menjadikan Lahan Apotek Hidup

Apotek hidup atau obat-obatan alami menjadi salah satu alternatif obat yang tak kalah dengan obat pabrikan. Itu artinya, pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman herbal tak hanya bagus untuk berbisnis, namun juga memberikan segudang manfaat.

Adapun beberapa tanaman yang bisa dijadikan apotik hidup seperti kunyit, jahe, curcuma dan masih banyak lagi. Lalu dalam hal pemasaran, Anda bisa mempromosikannya melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi.

  • Membangun Industri Kecil

Memanfaatkan lahan kosong selanjutnya yakni dengan merintis industri kecil-kecilan. Dengan begitu, lahan yang tadinya kosong jadi jauh lebih produktif, bahkan dapat menghasilkan pendapatan. 

Direkomendasikan untuk mengajak partner yang sudah berpengalaman di bidangnya. Bukan apa-apa, dengan mereka yang berpengalaman, sekaligus Anda bisa menyerap ilmunya bukan?

Kerennya lagi jika industri tersebut sukses dan semakin besar. Selain mendatangkan penghasilan, syukur-syukur dapat menambah lapangan kerja baru.

  • Membuat Sekam Bakar

Semenjak pandemi covid-19, hobi berkebun menjadi naik daun dengan sendirinya. Berangkat dari hal ini, Anda pun bisa memanfaatkan lahan kosong untuk membuat sekam bakar. 

Nah itulah beberapa cara memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis yang patut dicoba. Sekian, semoga bermanfaat!