Salah satu yang membuat Anda nyaman ketika sedang mengendarai mobil adalah AC yang sejuk dan dingin. Apalagi kalau sedang beraktivitas di siang hari dengan mengendarai mobil, tentunya AC menjadi sangat berguna, karena Anda tidak merasakan hawa panas dari luar mobil.

AC mobil bisa terasa dingin karena ada komponen penting dalam AC yang bernama evaporator. Evaporator ini memiliki fungsi sebagai alat yang memberikan udara dingin ke bagian kabin mobil dan juga mendeteksi apakah AC masih bekerja dengan baik atau tidak

Agar udara di dalam mobil tetap bersih dan suhunya juga tetap dingin, Anda harus  membersihkan evaporator AC mobil Anda dengan rutin, minimal setahun sekali.

Debu dan kotoran sangat mudah menempel pada evaporator AC mobil dan kotoran yang menumpuk ini menjadi salah satu faktor penghambat udara dingin ke dalam mobil Anda. 

Simak Langkah mudah membersihkan evaporator AC mobil dengan mudah berikut ini.

Langkah Pertama : Siapkan Alat-Alat

Tentu ketika hendak membersihkan evaporator AC mobil, Anda perlu mempersiapkan alat-alat kerjanya. Agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, Anda cukup siapkan brush atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai di rumah 

Selain itu,  juga siapkan cairan pembersih evaporator yang berupa botol spray dan bentuknya seperti foam atau busa. Anda bisa dapatkan di beberapa toko marketplace atau toko otomotif yang ada di sekitar Anda. 

Harga cairan pembersih evaporator AC mobil juga sangat terjangkau kok untuk saku Anda.

Baca juga: Bye-bye Noda! Inilah Cara Ampuh Membersihkan Plafon Mobil

Langkah Kedua : Buka Filter AC atau Evaporator

Sebelum mulai membongkar, pastikan mesin kendaraan mobil Anda dalam keadaan mati. Kenapa posisi mesin mobil harus dalam keadaan mati? Karena Anda perlu membongkar beberapa bagian mesin.

Setelah itu pahami letak posisi evaporator AC mobil Anda. Jika bingung di mana letaknya, Anda bisa mencari informasinya di buku manual mobil Anda. Sebab, letak evaporator berbeda-beda tergantung tipe dan merk kendaraan mobil Anda.

Langkah Ketiga : Semprotkan Cairan Pembersih

Cairan pembersih berupa spray yang sudah Anda siapkan tadi, sudah bisa Anda mulai semprotkan ke bagian bawah blower AC. Semprotkan sampai habis agar filter AC segera bersih.

Ada satu hal yang perlu diingat, yaitu sebelum menggunakan cairan spray ini, Anda perlu kocok terlebih dahulu kaleng spray-nya, agar foam di dalam kalengnya merata. Sehingga ketika di semprotkan ke blowernya, foam atau busa pada spray tersebut keluar.

Langkah Keempat : Hidupkan Mesin Mobil

Setelah proses penyemprotan sudah selesai, barulah Anda bisa menyalakan mesin mobil Anda bersamaan dengan menyalakan AC mobil dengan suhu juga blower di posisi paling tinggi dan kencang.

Jika sudah terasa anginnya, maka proses pembersihan yang Anda lakukan sudah benar. Namun, jika dirasa hembusan anginnya masih kurang, maka Anda bisa mencoba melakukan pengecekan filter AC-nya kembali. Siapa tahu masih ada yang belum bersih. Ketika akan melakukan pengecekan lagi, maka kembali matikan mesin mobil Anda.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Langkah Kelima : Finishing

Untuk proses finishing-nya, tetap Anda menyalakan mesin mobil Anda dan diamkan kurang lebih selama 10 – 15 menit saja sudah cukup.

Cek apakah hembusan udara AC mobil Anda sudah terasa dingin kembali dan pastikan tidak ada lagi air yang tersisa di bagian ventilator.

Itulah tadi langkah mudah membersihkan evaporator AC mobil dengan mudah. Jika Anda ragu untuk melakukannya sendiri, disarankan untuk membersihkan evaporator AC mobil di bengkel langganan Anda. Pilih bengkel mobil yang terpercaya dan bahkan kalau bisa ke service center mobil yang sesuai dengan merk mobil Anda.