Membersihkan mika lampu mobil tentu harus Anda lakukan supaya tetap bersih dan mengkilap. Akan tetapi ada kalanya mika lampu mobil berubah menjadi kusam dan sulit untuk dibersihkan. 

Bahkan tak jarang mika lampu tersebut berubah warna menjadi kekuning-kuningan yang tentunya sangat tidak nyaman untuk dipandang. 

Meski demikian, Anda bisa membersihkannya hingga benar – benar bersih. Caranya pun mudah dan dilakukan sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam dengan Mudah

Sebelum memulai proses pencucian, Anda harus menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan, antara lain sikat, compound atau pasta gigi, sabun secukupnya, amplas berukuran 1000, 1500, dan 2000, cairan pembersih, serta bensin atau minyak tanah jika dibutuhkan. 

Setelah semuanya siap, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan mika lampu mobil hingga bersih secara efektif dan mudah.

  • Cuci Terlebih Dahulu Bagian Mika Lampu

Pertama – tama, Anda harus mencucinya dahulu hingga bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel serta mengurangi noda membandel.

Gunakan sabun atau sampo, serta spon saat membersihkannya kemudian dilap menggunakan kanebo.

  • Membuat bahan pembersih mika

Anda juga bisa membersihkan mika lampu mobil dengan menggunakan campuran beberapa bahan berikut. 

  • Campurkan terlebih dahulu bensin atau minyak tanah dengan cairan pembersih. Opsi perbandingannya adalah 60:40 atau 70:30.
  • Kemudian campurkan amplas 2000 ke dalam cairan pembersih mika tersebut.
  • Anda bisa mulai mengamplas lapisan mika dengan amplas 2000 yang telah dicelupkan ke dalam cairan tersebut hingga dirasa bersih.
  • Sirami mika lampu dengan air dan amplas lagi dengan menggunakan amplas berukuran 1000. Lakukan secara berulang jika Anda merasa belum bersih.
  • Jika telah selesai, lap hingga kering.

Baca juga: Cara Mudah dan Efektif Mengkilapkan Cat Mobil Berwarna Hitam

  • Oleskan Compound

Selanjutnya adalah oleskan compound. Anda juga bisa menggantinya dengan pasta gigi. Hanya saja compound lebih disarankan, sebab di dalamnya mengandung bahan yang sifatnya mengikis, sehingga proses pencucian akan lebih efektif. 

  • Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Tergores

Lalu bagaimana jika terdapat baret atau goresan pada mika lampu mobil? Caranya, yakni gunakan amplas berukuran 1500. 

Saat menggosok bagian yang tergores, jangan lupa gunakan air serta alkohol. Gosokan mika tersebut hingga baretan tidak terlihat. Disisi lain untuk mencegah gosokan amplas mengenai bodi mobil, Anda bisa menutupinya terlebih dahulu dengan kain atau lakban.

  • Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kuning

Mika lampu mobil yang menguning juga bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan compound atau pasta gigi. Caranya yakni oleskan ke bagian yang terlihat berwarna kuning secara merata.

Kemudian lap terlebih dahulu menggunakan kanebo atau microfiber. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil Bagian Dalam

Selain itu Anda juga membersihkan  bagian dalam head lamp.  Pertama, gunakan hair dryer terlebih dahulu untuk memanaskan bagian sambungan antara batok lampu beserta mika. 

Hal tersebut dilakukan supaya dapat dicungkil dengan mudah menggunakan obeng atau peralatan sejenis lainnya.

Lakukan secara hati-hati supaya lampu tidak pecah. Setelah terlepas, Anda bisa membersihkan bagian-bagiannya seperti kaca, reflektor, hingga batok lampunya.

Lakukan proses pembersihan secara hati-hati, terutama bagian reflektor. Anda cukup mengelapnya saja dengan kain basah supaya tidak tergores.

Cara Merawat Mika Lampu Mobil Agar Tidak Kusam atau Menguning

Jika sudah bersih, ada baiknya Anda mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan untuk menjaga mika lampu mobil tidak kusam atau menguning.

Cara merawatnya antara lain : 

  • Parkirkan kendaraan di tempat yang teduh.
  • Segera bersihkan jika kehujanan.
  • Gunakan cairan khusus pembersih mika.
  • Gunakan bohlam yang tepat supaya tidak cepat panas dan mika tetap awet. 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara membersihkan mika lampu mobil yang mudah dan efektif untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan supaya mika lampu tetap awet dan tidak mudah kusam.