Kenyamanan dalam berkendara tak hanya dinilai dari performa mesin saja. Jika interior mobil tidak dijaga kebersihannya, Anda tidak akan betah berlama – lama menggunakannya.

Agar interior mobil terjaga, tidak cukup hanya dengan menambahkan pengharum ataupun aksesoris pelengkap. Meski tidak bersentuhan secara langsung, Anda harus rajin membersihkan plafon mobil. Maka dari itu, simak cara membersihkan plafon mobil berikut.

Penyebab plafon Mobil Kotor

Jangan mengabaikan plafon mobil saat membersihkan interior mobil. Ada anggapan bahwa plafon mobil tidak bersentuhan langsung dengan pengemudi, sehingga tidak terlalu penting untuk dibersihkan. Kebanyakan hanya membersihkan kursi tempat duduk, karpet, ataupun dashboard mobil. 

Meskipun tidak bersentuhan langsung, ada banyak penyebab yang membuat plafon mobil kotor, di antaranya adalah karena debu saat Anda berkendara dengan kaca mobil terbuka, merokok di dalam mobil, ataupun parkir di tempat yang panas.

Saat Anda berkendara dengan kaca tertutup dan menggunakan AC pun bukan tidak menjamin plafon mobil akan terbebas dari noda.

Ada beberapa cara membersihkan plafon mobil yang kotor, Anda perlu mengetahui seberapa parah noda yang menempel pada plafon mobil Anda agar bisa memilih metode yang tepat.

Selain itu, Anda juga harus rutin membersihkannya. Lakukan pembersihan lebih dari sekali untuk hasil yang maksimal. 

Dengan plafon mobil yang bersih dan wangi, tentu Anda akan lebih betah berlama-lama di mobil. Apalagi jika Anda harus menempuh perjalanan yang jauh, tentu akan lebih menyenangkan jika interior bersih dan wangi.

Membersihkan Noda Ringan

Ketika noda yang menempel pada plafon mobil Anda masih tergolong ringan, misalnya berdebu maka Anda cukup menghilangkannya dengan menggunakan sikat kering.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menyikat tanpa menggunakan air, sebab penggunaan air saat membersihkan hanya akan menyebabkan debu menempel pada plafon mobil.

Selain itu lakukan gerakan searah agar debu bisa benar-benar bersih dan tidak menyebar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur pada Body Mobil Tanpa ke Bengkel

Membersihkan Noda Membandel

Cara membersihkan plafon mobil dengan noda membandel ini harus memperhatikan bahannya terlebih dahulu. Anda tidak bisa menerapkan cara membersihkan platfom berbahan beludru pada plafon berbahan fabrik, maupun sebaliknya.

  • plafon Mobil Berbahan Beludru

Perlu Anda ketahui bahwa plafon mobil jenis ini cukup sulit untuk dibersihkan, Anda harus hati-hati saat membersihkannya agar tidak merusak plafon. Bahan beludru cenderung lebih mudah menyerap kotoran apalagi air. 

Lapisan luar plafon berbahan dari wol, jika terkena air maka bisa membuatnya lembab sehingga akan meninggalkan bau tidak sedap pada mobil serta rawan menimbulkan jamur.

Cara membersihkan plafon mobil bahan beludru terbaik adalah dengan menggunakan lap microfiber. Langkah pertama dengan menyemprotkan cairan pembersih pada lap microfiber lalu bersihkan plafon dengan gerakan searah.

Lakukan hal tersebut berulang hingga bersih, kemudian keringkan plafon dengan lap microfiber berbeda.

  • plafon Mobil Berbahan Fabric

Pertama-tama Anda harus mempersiapkan bahannya terlebih dahulu, yaitu kain microfiber dan cairan pembersih berbahan fabric.

Semprotkan cairan pembersih pada kain fabric lalu bersihkan plafon dengan lain. Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada plafon agar tidak terlalu basah.

Saat membersihkan plafon, serat halus pada kain akan bergerak. Gerakkan kain fabric searah agar plafon tidak rontok. 

Setelah plafon kering, Anda bisa menata serat kain dengan menggunakan kain mikrofiber kering dengan gerakan perlahan.

Cukup mudah bukan cara untuk membersihkan platform mobil? Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi dengan bau tak sedap maupun pemandangan kurang indah pada platform mobil Anda.