Setiap hewan itu punya karakternya tersendiri. Termasuk burung cantik bernama Cucak Ijo yang bakalan kita bahas kali ini. Kalau Anda ingin ia gacor dan bermental fighter, maka Anda perlu secara khusus mengetahui teknik membuat Cucak Ijo cepat emosi.

Emosi yang panas adalah dorongan untuk membuat Cucak Ijo ada pada mental fighter. Tak selalu untuk kepentingan lomba, kadang-kadang mendengar suara burung yang gacor di halaman rumah juga menyenangkan kan?

Kali ini, saya mau bagikan cara membuat Cucak Ijo fighter. Anda bisa aplikasikan di rumah masing-masing ya!

Ajak berjemur setiap hari

Meskipun Anda punya kerjaan lain, sebaiknya tetap sempatkan mengajak Cucak Ijo berjemur di bawah sinar matahari langsung. 

Tak perlu lama-lama, Anda hanya melakukannya rutin 2 jam setiap harinya. Kalau tak sempat, Anda bisa minta bantuan keluarga atau orang lain di rumah. 

Kasih pakan yang sesuai

Ada beberapa jenis pakan yang banyak pecinta kicau percaya bisa membuat burung punya mental tarung. Beberapa pakan tersebut antara lain:

  • Pisang kepok matang, buah buahan ini punya efek yang membuat birahi Cucak Ijo jadi stabil.
  • Jangkrik yang besar dan berisi. Kalau bisa berikan setiap pagi dan sore masing-masing 5 ekor.
  • Extra fooder seperti kroto yang punya protein tinggi supaya Cucak Ijo jadi kuat.

Baca juga: Ini 5 Cara Menjinakan Cucak Ijo yang Giras Bagi Pemula

Rajin berdekatan dengan lawan jenisnya

Kalau Anda serius memelihara Cucak Ijo, bagusnya memang langsung beli sepasang. Soalnya, ini akan membantu Cucak Ijo jantan jadi punya mental fighter. Begitu juga sebaliknya.

Syaratnya, Anda harus sering sering simpan kedua sangkarnya berdekatan. 

Namun, ada teknik khusus juga yang perlu Anda tahu. Sangkar Cucak Ijo yang sudah lebih gacor sebaiknya Anda kerodong dan buka sedikit saja. Cara ini untuk memancing rasa penasaran lawan jenisnya yang latihan gacor.

Ikutkan gantangan atau latihan bersama dengan pemilik lain

Bergabung dalam komunitas kicau itu banyak banget manfaatnya. Termasuk, Anda bisa mencari relasi yang bisa Anda ajak gantangan alias latihan bersama. Jangan biar cucak ijo Anda kurang pergaulan karena di rumah terus.

Efek dari gantangan ini adalah meningkatkan mental. Cucak Ijo akan terpacing ketika melihat burung lain. Apalagi, jika kawan-kawan punya Cucak Ijo dengan mental tarung lebih bagus.

 Lakukan pemasteran dengan suara burung lain

Cara efektif bagi memperbaiki setelan Cucak Ijo yang sulit panas lainnya adalah dengan pemasteran. Dengan kata lain, Anda bisa melatih Cucak Ijo untuk mendengarkan master suara dari burung lain.

Ada setidaknya beberapa jenis burung yang bisa Anda jadikan master. Antara lain burung Pelatuk Ulam, burung Serindit, dan burung Cililin.

Beberapa burung di atas bisa membantu Cucak Ijo mengeluarkan kicau yang enak dan gacor. Anda pasti akan semakin percaya diri ketika memperdengarkannya kepada yang lain.

Hindari salah kaprah membuat Cucak Ijo fighter

Ada satu kesalahan yang kadang-kadang dilakukan oleh pemilik Cucak Ijo. Anda tentunya tak boleh ikut-ikutan melakukannya. 

Dengan tujuan bikin Cucak Ijo mudah panas, ada yang suka gebrak-gebrak sangkarnya. 

Memang ini bukan hal yang mutlak salah. Cara semacam ini bisa jadi berhasil jika Anda lakukan kepada Cucak Ijo yang mentalnya sudah agak bagus. Namun faktanya tidak semua Cucak Ijo sama.

Kalau Anda melakukannya pada Cucak Ijo yang masih lemah mentalnya, itu malah bisa bikin tambah stress dan down. Jadi, gunakan saja cara membuat Cucak Ijo cepat emosi yang aman-aman saja.