Bagi pecinta burung, Kacer yang bisa ngobra dengan suara gacor adalah target idaman. Gaya berkicau yang cantik tersebut tentunya dapat memikat juri saat Kacer sedang mengikuti perlombaan. Namun, tidak semua Kacer bisa ngobra. Ada cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat Kacer ngobra

Simak pembahasannya di bawah ini!

Sekilas Tentang Kacer Ngobra

Sekilas Tentang Kacer Ngobra

Sekilas Tentang Kacer Ngobra

Burung Kacer adalah burung yang banyak orang pelihara karena kicauannya. Jika memenangkan perlombaan, burung ini bahkan bisa memiliki harga hingga ratusan juta. 

Burung Kacer ini sendiri banyak terdapat di kawasan Asia, terutama bagian Selatan dan Tenggara. Jenis yang bisa Anda temukan di Indonesia, misalnya Kacer Jawa, Kacer Poci, dan Kacer Blorok. 

Kacer jantan merupakan jenis burung petarung yang sifatnya teritorial. Ketika sedang emosi atau mempertahankan daerahnya, burung ini memiliki ciri berkicau dengan membuka ekor lebar-lebar. Pose inilah yang oleh burung mania disebut sebagai ngobra. Karena saat membuka ekor tampak seperti ular Kobra.

Ketika sedang dalam pose ngobra seringkali Kacer juga akan membuka sayapnya dan terlihat seperti menari. Kicauannya yang gacor dan lantang, serta pose ngobranya yang gagah membuat Kacer yang bisa ngobra menjadi idaman para burung mania.

Alasan Kacer Tidak Ngobra

Terkadang hewan kesayangan Anda tidak mau ngobra. Ada alasan-alasan yang mengakibatkan Kacer mogok dan tak bisa ngobra. Anda harus mengikuti cara membuat Kacer ngobra agar tidak mogok lagi.

Alasan tersebut misalnya karena Kacer yang Anda miliki terlalu muda. Untuk dapat ngobra dan berkicau dengan suara gacor umumnya Kacer harus cukup umur dan memiliki banyak pengalaman. Lebih baik Kacer yang masih mudah Anda rawat dulu hingga umurnya cukup.

Penyebab lainnya bisa karena mental Kacer Anda kurang kuat. Ketika berhadapan dengan Kacer lain, Kacer yang mentalnya jatuh akan diam-diam saja. Perkuat mental bertarung Kacer Anda agar tidak loyo begitu bersanding Kacer lain.

Selain itu, juga dapat terjadi karena Kacer nafsunya tidak stabil terlalu rendah atau malah terlalu tinggi. Seringkali, Kacer malah stres dan mbagong. Mbagong adalah situasi di mana Kacer mengembangkan bulu-bulunya dan mengeluarkan suara tidak enak.

Cara Melatih Kacer Ngobra

Cara Melatih Kacer Ngobra

Cara Melatih Kacer Ngobra

Supaya Kacer ngobra dan gacor, Anda harus melatih dan melakukan perawatan khusus. Terdapat beberapa tips cara membuat Kacer cepat ngobra yang bisa Anda ikuti.

1. Menggunakan Pancingan Burung Betina

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memancing burung Kacer jantan Anda dengan menyediakan burung pasangan. Anda bisa meletakkan kandang Kacer betina di sebelah petarung Anda dan biarkan mereka saling melihat sesaat. Ini cukup Anda lakukan beberapa hari sekali.

2. Pengembunan

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan pengembunan secara rutin. Tujuannya adalah agar Kacer Anda menjadi segar dan badannya fit. Caranya adalah membawa kandang Kacer Anda ke luar rumah pada dini hari sekitaran waktu subuh. Lakukan pengembunan saat cuaca sedang baik.

3. Jemur dalam Kerodong

Anda juga perlu menjemur Kacer Anda di bawah matahari. Lakukan hal ini dengan kandang kerodong di waktu pagi hari. Sisakan minum di kandang agar tidak dehidrasi. Jika perlu kerodong bisa Anda basahi sebelum Anda jemur. Cara ini disebut sebagai terapi sauna Kacer.

Tetapi metode ini hanya boleh Anda lakukan pada Kacer yang sedang sehat dan tubuhnya fit. Juga jangan terlalu lama, karena Kacer malah bisa terlalu kepanasan dan sakit.

4. Jangan Sering Memandikan

Agar emosinya stabil, Anda sebaiknya juga tidak terlalu sering memandikan Kacer ketika melatihnya ngobra.

5. Istirahat Malam di Ruangan Gelap

Saat malam, istirahatkan peliharaan Anda di ruangan full gelap. Kerodongnya juga Anda pasang. Ini bertujuan agar Kacer tidak stres dan rileks ketika beristirahat.

6. Masukan Kandang Umbaran

Sesekali, masukkan Kacer ke kandang umbaran jika Anda punya. Masukkan Kacer ke kandang umbaran pada sore hari dan selama 1 jam. Tujuannya untuk menambah stamina burung dan membuat fisiknya bugar.

7. Berikan Makanan Extra Fooding

Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan makanan ekstra. Biasanya makanan Kacer berupa makanan racikan atau voer. Untuk perawatan latihan ngobra, tambahkan pakan dengan Extra Fooding agar kebutuhan proteinnya terpenuhi.

Extra Fooding untuk Kacer misalnya kroto, jangkrik, ulat Hongkong, dan lain-lain. Sesuaikan pemberian Extra Fooding dengan kondisi Kacer Anda, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan nafsunya terlalu tinggi.

8. Menyediakan Burung Untulan

Ini adalah metode yang agak ekstrim. Gunakan burung-burung kecil untuk untulan dan masukkan ke kandang Kacer jantan. Karena Kacer adalah hewan teritorial, ia akan marah dan terpancing emosinya. Tips ini sebaiknya hanya Anda lakukan jika terpaksa karena dapat menyakiti burung yang Anda jadikan untulan.

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat Kacer ngobra. Mudah bukan? Ayo ikuti cara tersebut untuk mempercepat Kacer Anda belajar ngobra. Semangat dan selamat mencoba!

Baca juga: