Murai Batu, selain digemari karena kicauannya yang merdu serta tubuhnya yang mempesona, burung ini juga kerap dijadikan sebagai petarung. Namun tidak semua murai memiliki mental bertarung. Untuk membuat Murai Batu fighter, Anda perlu memberikan latihan dan persiapan dengan cara berikut ini.

Cara Cepat membuat Murai Batu Bermental fighter

1. Melatih Mental Bertarung

Tips agar Murai Batu punya mental tarung yang pertama, yaitu anda perlu menyiapkan mentalnya agar memiliki mental petarung. Latihan ini perlu dilakukan secara rutin seperti seminggu dua kali untuk membuat murai lebih agresif.

Untuk mengatasi Murai Batu kurang mental dan melatih kicauannya bisa dilakukan dengan menaruh murai di dalam sangkar dengan kerodong. Lalu, siapkan burung murai lain dan letakkan di samping murai anda.

Buka kerodong sedikit saja dan tunggu hingga murai mulai mengeluarkan trek. Jika sudah, maka anda bisa menutup kerodong dan biarkan murai berkicau di dalam kerodong selama beberapa menit lalu buka kembali kerodong beberapa detik. Kemudian pindahkan sangkar ke tempat yang sepi.

2. Memberikan EF

Salah satu hal yang bisa mendukung murai agar bisa bertarung dengan baik, yaitu memberikan setting ekstra food sesuai dengan karakter murai anda. Pemberian ekstra food yang kurang tepat bisa berakibat ada kualitas murai. Untuk pemberian EF anda bisa memberikan kroto dan jangkrik di pagi dan sore hari.

Selain itu, anda juga bisa memberikan ulat hongkong seminggu sekali terutama di musim penghujan. Tidak hanya ekstra food, anda juga bisa memberi pakan berupa voer yang mengandung nutrisi untuk burung.

3. Beri Vitamin

Salah satu yang menyebabkan Murai Batu kurang agresif, yaitu karena kurangnya stamina akibat jarang diberikan vitamin. Anda perlu memberikan vitamin atau suplemen burung secara rutin untuk menjaga kesehatan murai anda dan menjaganya agar tetap fit untuk bertarung.

Baca juga: Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

4. Penjemuran

Menjemur murai secara rutin juga perlu anda lakukan untuk membuat murai lebih rileks dan menjaga badan murai agar selalu fit. Anda bisa menjemur murai dengan meletakkannya di bawah sinar matahari setelah memandikannya di pagi hari sekitar jam 7 selama setengah jam sampai 3 jam.

Anda juga bisa menjemur Murai Batu di sore hari dengan dianginkan selama beberapa menit.

5. Pengembunan

Selain melakukan penjemuran secara rutin, burung murai juga perlu diembunkan untuk mendapat oksigen sehingga bisa berkicau dengan lebih baik. 

Pengembunan bisa dilakukan di pagi hari sekitar jam 5 sebelum anda memandikan murai, yaitu dengan murai dianginkan di tempat terbuka selama setengah jam.

6. Olahraga / Umbaran

Kurang olahraga juga termasuk salah satu penyebab murai anda kurang baik dalam bertarung. Olahraga ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kelincahan murai dengan membuat kandang umbaran yang luas.

Cara mengatasi murai kurang fighter, yaitu dengan memasukan murai ke dalam kandang tersebut dua kali seminggu untuk meningkatkan kekuatan nafas si burung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan burung murai kurang memiliki mental bertarung atau kurang ngotot, di antaranya, yaitu jarang dijemur, kurang olahraga dan kondisi tubuh yang tidak baik. 

Untuk mengatasinya maka anda bisa melakukan tips diatas secara rutin sebab butuh waktu yang cukup lama hingga murai jago bertarung.

Itulah beberapa tips untuk membuat murai batu fighter yang memiliki mental bertarung yang baik. Selain melakukan olahraga, penjemuran serta pemasteran, perhatikan juga kebersihan tubuh dan kandang burung murai. Mandikan dan bersihkan kandang dengan rutin untuk mencegah penyakit pada si burung.