Halo, Cendet mania! Sedih pastinya jika rumah yang tadinya ramai karena suara gacor Cendet kesayangan tiba tiba jadi sepi. Kalau itu yang kini terjadi di rumah Anda, ada baiknya Anda memahami cara mengatasi Cendet stres gak bunyi.

Burung yang sering juga orang sebut sebagai Pentet ini suaranya memang bagus kalau lagi sehat. Makanya, sayang sekali kalau lagi macet bunyi Anda tak melakukan apa-apa untuk menyelesaikan persoalannya.

Penyebab Cendet gak bunyi

Sebelum bahas tips mengatasi Cendet membisu, Anda harus tahu dulu penyebabnya bisa begitu. Sebenarnya, stres tak melulu jadi alasannya. Masih ada beberapa faktor lain yang perlu Anda tahu untuk mendeteksi apa yang terjadi pada Cendet Anda.

  • Stres

Stres memang alasan paling umum. Ada beberapa faktor mengapa Cendet jadi stres. Mulai dari jatuh dari sangkarnya, mendapatkan gangguan hewan lain, tangkringannya Anda ganti, atau bisa jadi karena baru ganti pemilik.

  • Hilang percaya diri

Sama kaya manusia, Cendet juga bisa jadi tak percaya diri lagi. Sebabnya karena Cendet jatuh mentalnya ketika melihat Cendet lain lebih gacor. Makanya, hati hati juga kalau ikut lomba atau latihan bersama/

  • Ganti cara merawat harian

Cendet juga bisa malas mengeluarkan bunyi lagi kalau Anda suka ganti pengaturan cara merawatnya. Misalnya jadwal kasih pakan, terlalu sering ganti pakan, dan sebagainya.

  • Keseringan salto

Kalau lagi birahi, Cendet mungkin jadi sering salto. Akibatnya, Cendet jadi habis energinya untuk bergerak dan kurang berbunyi.

Baca juga: Makin Gacor dengan 5 Tips Membuat Cucak Ijo Cepat Emosi

Cara mengatasi Cendet gak bunyi 

Lalu, bagaimana cara terapi Cendet stres atau sebab lain yang membuatnya macet bunyi? Begini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Menambah waktu berjemur

Selain karena keseringan salto, terapi ini bisa Anda lakukan. Anda bisa menambah waktu berjemurnya.

Jadi, jika sebelumnya Anda biasa jemur 2-3 jam, coba tambah sampai 5 jam. Misalnya dari pukul 7 pagi sampai pukul 12 siang. Lakukan secara rutin sambil pantau pengaruhnya.

  • Berikan tambahan untuk extra fooding

Salah satu extra fooding favoritnya Cendet adalah jangkrik. Apabila biasanya Anda memberi Cendet jangkrik 5 ekor pada pagi dan sore, coba tambah 2 kali lipat.

  • Gabungkan dengan lawan jenisnya

Orang sering menyebut cara ini sebagai untulan, yakni memasukan pasangan Cendet dalam satu sangkar. Syaratnya, sangkarnya mesti agak luas agar keduanya nanti bisa tetap leluasa bergerak. Hal ini bisa mendorong Cendet bisa memiliki emosi lebih stabil dan bagus, sehingga bisa gacor lagi.

  • Jauhkan dari burung lain 

Kalau Anda pikir penyebab macet bunyinya karena jatuh mental, Anda perlu memisahkan Cendet dari burung lain. Jangan biarkan Cendet mendengarkan kicauan gacor peliharaan Anda yang lain. Biarkan ia menyepi sambil terus memantau perkembangannya.

  • Terapi embun

Konon, dengan melakukan pengembunan pada Cendet, naluri alamiahnya sebagai burung akan kembali terangsang. Jadi, Cendet yang alamiahnya gacor bisa memunculkan kembali kegacorannya sebagaimana mulanya. Pengembunan bisa Anda lakukan antara pukul 4 hingga 7 pagi.

  • Pemasteran

Cara ini berlaku untuk selain alasan jatuh mental. Anda bisa memaster Cendet dengan burung lain atau dari suara rekaman audio yang Anda simpan di handphone. Lakukan secara rutin untuk memunculkan kembali sifat gacor Cendet Anda.

Anda tak perlu ramuan untuk Cendet macet bunyi, cukup lakukan hal hal di atas. 

Jika konsisten, upaya mengatasi Cendet stres gak bunyi pasti berhasil. Jangan lupa, merawat hewan itu seperti merawat manusia. Jadi, lakukanlah upaya maksimal untuk menyembuhkannya.