Para pecinta burung Kacer tentu tidak asing lagi dengan istilah mbagong. Keadaan ini sebenarnya umum terjadi, tetapi  tidak baik jika terjadi berlama-lama terutama ketika akan lomba. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi Kacer mbagong merupakan hal yang wajib.

Apa Itu Mbagong?

Mbagong atau mbalon merupakan keadaan Kacer yang terlihat membesar dan badannya membulat. Kejadian ini dapat Anda kenali ketika bulu pada badannya mengembang, kepala mendongak, serta ekor menekuk ke bawah.

Ketika ini terjadi, maka suara kicauannya menjadi tidak beraturan. Suara kicauannya juga menjadi jelek atau tidak keluar sama sekali.

Peristiwa ini umum terjadi, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika sedang bertanding, karena dapat dipastikan Kacer Anda akan kalah.

Penyebab hal ini cukup beragam, seperti:

  • Mendapatkan Kacer saingan yang tangguh sehingga merasa tertantang
  • Kondisi tubuh Kacer sedang tidak prima
  • Birahinya sedang memuncak
  • Stres, serta perawatan yang tidak konsisten,
  • Dll

Walaupun demikian, terdapat beberapa cara yang bisa Anda pakai agar Kacer anti mbagong, seperti:

  1. Perawatan Teratur

Cara pertama yang wajib Anda lakukan adalah melakukan perawatan dengan rutin. Perawatan ini meliputi pemberian pakan dan air minum setiap harinya, pembersihan sangkar setiap 2-3 hari sekali, penjemuran Kacer, sterilisasi berkala, dan lainnya.

Setiap pemilik Kacer harus melakukan hal ini, sehingga Anda harus meluangkan waktu khusus untuk burung kicau tersebut. Hal ini sangat bermanfaat karena tidak hanya mencegah stres tetapi juga menjaga performa kacer agar selalu fit.

  1. Mengatur Pakannya dengan Seksama

Pemberian pakan yang tidak teratur baik dari sisi jumlah dan gizi juga dapat menjadi penyebab mbagong. Oleh karenanya, Anda harus memperkirakan pakan Kacer dengan baik.

Anda bisa memberikan kroto, jangkrik, dan makanan ekstra lainnya secara berkala. Jangan berikan dalam jumlah terlalu banyak karena Kacer bisa kegemukan.

Kemudian, berikan pakannya bergantian sesuai perkiraan Anda. Para pecinta burung kicau biasanya akan memberikan jangkrik pada hari-hari biasanya sekitar 3-7 ekor per harinya,

Sedangkan kroto dapat Anda berikan sekitar beberapa hari sebelum ikut lomba. Pengaturan pakan ini sangat penting karena birahi Kacer tetap stabil dan tidak mudah mbagong.

  1. Mandikan

Kalau Kacer mbalon terus, bisa Anda atasi dengan memandikannya. Namun, memandikannya tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan, baik dari segi waktu dan caranya.

Cara terbaik adalah dengan memakai semprotan. Isilah dengan air bersih dan atur tekanannya menjadi sedang. Usahakan tekanan air tidak terlalu tinggi karena dapat merusak susunan bulunya.

Anda juga bisa memakai tempat air untuk Kacer mandi, tetapi cara ini tidak praktis karena Anda tidak bisa mengawasinya. Selain itu, mandikan pada waktu tertentu seperti pagi hari sekitar jam 7-9 karena udara pagi hari masih segar. Lalu, jemur Kacer sebelum jam 10 karena sinar matahari tidak begitu terik.

  1. Karantina

Memisahkan Kacer yang sedang mbagong ke tempat yang lebih tenang juga bisa menjadi opsi yang baik. Terutama jika Anda memiliki beberapa jenis burung kicau.

Cara ini akan membuat Kacer lebih tenang, sehingga lambat laun mbalon-nya akan berhenti.

  1. Sangkar dan Tata Letak

Cara mengatasi Kacer mbagong ngunci lainnya adalah dengan mengatur tata letak sangkarnya. Mengapa? Karena  Kacer dapat mbalon jika Anda mengganti sangkar atau posisi gantungan sangkarnya.

Hal ini membuat Kacer menjadi tidak nyaman karena harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jika ini terjadi, maka gunakan sangkar yang lama atau tempatkan kembali pada letaknya yang semula.

Cara mengatasi Kacer mbagong di atas terbukti efektif. Banyak para pecinta burung memakai cara tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memakai cara yang sama untuk mengatasi masalah mbalon pada kacer masing-masing.

Baca juga: