Mengatasi Kacer over birahi dan emosi menjadi aspek penting untuk Anda pahami sebagai pemilik burung Kacer.

Karena, tak jarang burung petarung yang eksotis ini seringkali menunjukkan perilaku yang sangat agresif.

Seperti menabrakkan diri di dinding kandang atau akan mudah marah/ngeriwik tanpa henti ketika bertemu lawan jenis.

Kondisi tersebut sudah menjadi gejala umum terkait dengan sifatnya yang sangat dinamis. Apalagi dipicu oleh perawatan yang mungkin saja kurang tepat.

Jika sudah terlanjur demikian, maka ada cara menurunkan birahi Kacer yang cukup efektif dan bisa Anda praktekkan dengan mudah.

Mengatasi Burung Kacer yang Emosi / Agresif

Agresivitas tinggi dari burung Kacer biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Jangan bingung, berikut ini ada solusi efektif untuk mengatasi Kacer over emosi.

1. Mengembunkan atau Memandikan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi burung Kacer yang agresif karena birahi memuncak, bisa dengan mengembunkan atau memandikannya.

Proses memandikan atau mengembunkan burung Kacer diyakini sangat efektif dalam menurunkan agresivitasnya. Sehingga, birahinya bisa lebih stabil.

Anda bisa memandikan Kacer atau mengembunkannya saat pagi hari sekitar jam 05.00 atau menjelang subuh.

Meningkatkan intensitas atau frekuensi memandikan burung Kacer juga perlu untuk meminimalisir agresivitasnya.

Langkah seperti ini dilakukan sebagai solusi untuk menjaga emosi Kacer yang tidak stabil tanpa membuatnya stress berlebihan.

2. Kurangi Pemberian Pakan

Di saat tertentu, mengurangi kualitas pemberian pakan juga menjadi cara yang ampuh dalam menjaga kestabilan emosi burung Kacer.

Khususnya pakan kroto dan ulat bambu yang mana memiliki kandungan protein tinggi.

Bukan tanpa alasan, protein yang tinggi tersebut menjadi sumber yang memicu birahi burung Kacer meningkat tinggi.

Apalagi ulat jerman dan kroto yang tentu kandungan proteinnya lebih tinggi ketimbang jangkrik.

Maka, salah satu solusinya yakni dengan mengurangi jumlah pakan harian. Artinya, tetap pemberian sekali 3 kali, tapi jumlah atau bobot pakannya yang dikurangi.

3. Kurangi Durasi Penjemuran

Kemudian, langkah lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengurangi waktu penjemurannya.

Jika biasanya penjemuran dilakukan tiap pagi selama 1 jam maka Anda hanya perlu menjemurnya selama 20 menit saja setiap paginya.

Karena, ternyata panasnya terik matahari saat Kacer dijemur, sangat berpotensi memicu birahinya yang meningkat drastis. Apalagi, sambil diberi pakan ulat ketika penjemuran dilakukan.

Bila memang agresivitasnya sangat tinggi, Anda untuk sementara waktu tidak menjemurnya dulu untuk menurunkan kadar birahi dan emosinya yang kian memuncak.

4. Masukkan di Kandang Umbaran

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi Kacer over birahi, Anda dapat memasukkan ke kandang umbaran.

Tak bisa dipungkiri kandangan umbaran memiliki volume yang lebih luas sehingga akan memberikan ruang lebih leluasa bagi si Kacer yang sedang dalam kondisi agresif.

Biasanya, tingginya birahi seiring dengan energi yang tinggi. Bila aktivitas Kacer di dalam kandang umbaran tinggi maka secara otomatis akan menghabiskan banyak energi.

Dengan demikian, seiring energinya turun maka birahi Kacer pun lambat laun juga akan turun juga.

Proses Mengatasi Birahi Kacer

Selama proses berlangsung, ada baiknya Anda memberikan pakan buah sebagai langkah untuk memicu penurunan birahi. Seperti pepaya, sawo, mentimun dan buah naga.

Sebab, buah tidak mengandung protein yang seringkali menjadi pemicu birahi Kacer.

Sampai di sini, tentunya Anda sudah mengetahui bagaimana mengatasi Kacer over birahi dengan beberapa perawatan intensif.

Baca juga