Kacer atau kucica kampung merupakan jenis burung kicau yang terkenal di Indonesia. Burung ini sering ikut lomba karena aktif dan memiliki kicauan yang merdu. Akan tetapi, unggas satu ini termasuk penakut, terutama ketika bertemu dengan manusia. Karenanya, Anda harus tahu cara mengatasi Kacer takut orang.

Kacer yang ketakutan dapat Anda kenali dari tubuhnya yang membesar. Jika ini terjadi maka kucica kampung tersebut tidak bisa ikut lomba dan pasti akan kalah. Ketika takut atau stres, maka unggas ini menjadi pasif dan jarang berkicau.

Tentu hal ini sangat mengganggu pemiliknya, karena para pecinta burung pasti ingin Kacer peliharaannya berkicau dengan indah dan selalu aktif. Walaupun demikian, terdapat beberapa cara yang dapat Anda pakai untuk mengatasinya, yaitu:

1. Letakkan Pada Lokasi yang Tenang

Cara mengatasi Kacer penakut yang pertama adalah dengan meletakkan sangkarnya pada tempat yang tenang. Hal ini sangat penting terutama pada Kacer yang baru Anda beli atau tangkap dari hutan.

Anda bisa memakaikan kain hitam atau kerodong pada sangkarnya pada malam hari. Karena, kerodong tersebut akan membuat Kacer tenang dan dapat beristirahat dengan mudah semalaman penuh.

Ketika burung ini terlihat lebih rileks, barulah Anda pindahkan ke lokasi yang lebih ramai seperti teras rumah. Namun, pastikan lokasinya tidak terkena matahari langsung agar Kacer merasa nyaman.

Jika masih terlihat tidak nyaman, maka pakaian kerodong beberapa kali pada sangkarnya.

2. Memberi Makan yang Cukup

Pemberian pakan yang cukup sangat penting terutama pada tahap adaptasi Kacer di tempat baru. Tetapi, ketika sangkar berpindah ke tempat yang lebih ramai cobalah untuk memberikan makanan ekstra.

Cara ini tidak hanya membuat Kacer lebih nyaman tetapi juga dapat memancing burung tersebut untuk berkicau lebih nyaring. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa lebih tenang karena Kacer dapat beradaptasi pada lingkungan barunya dengan baik.

3. Mandikan

Memandikan burung Kacer sampai basah kuyup juga bisa menjadi salah satu cara agar Kacer jinak total. Tetapi, cara ini tidak bisa Anda lakukan sembarangan.

Mandikan burung tersebut pada pagi hari sebaiknya pada jam 8-9.30. Karena udaranya masih sejuk dan cahaya matahari tidak begitu terik.

Namun, sebelum itu angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15-20 menitan. Kemudian, mandikan dengan memakai semprotan air bertekanan rendah sampai basah kuyup.

Setelah itu, jemurlah Kacer sambil Anda angin-anginkan kembali pada tempat yang teduh. Pastikan tempat tersebut sering dilewati orang di rumah. Jika hal ini Anda lakukan selama seminggu maka Kacer tidak akan takut lagi sama orang baru.

4. Berikan Suplemen

Cara lain yang bisa Anda pakai adalah dengan memberikan suplemen seperti BFA (bird first aid). Memakai BFA terbukti dapat membuat Kacer tenang lebih cepat. sehingga bisa Anda tangani dengan mudah.

Walaupun demikian, lebih baik Anda memakai cara alami agar Kacer terbiasa dengan lingkungan barunya. Karena, bisa saja pada Kacer tertentu cara ini tidak bekerja dengan baik.

5. Bersihkan Sangkar

Memakai 4 cara di atas terus-menerus akan membuat Kacer susah jinak menjadi tenang. Tetapi, usaha Anda belum selesai, karena jika sangkarnya tidak bersih maka Kacer akan stres dan malas makan. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan kandangnya secara teratur. Terutama ketika, burung ini mulai terbiasa dengan lingkungan yang lebih ramai.

Mengatasi Kacer takut orang sebenarnya susah-susah mudah. Karena, beberapa Kacer membutuhkan penanganan yang berbeda. Namun, 5 cara di atas merupakan yang paling umum dan terbukti dapat membuat Kacer menjadi jinak dalam waktu yang singkat.

Baca juga: