Mengenal Kenari F2 Yorkshire dan Cara Merawatnya

Mengenal Kenari F2 Yorkshire dan Cara Merawatnya

Burung kenari merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung kicauan yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis burung kenari dari berbagai belahan dunia atau hasil persilangan, salah satunya adalah burung kenari F2 Yorkshire.

Buat peternak burung dan para Kicau Mania, sepertinya istilah YS, AF, AFS dan seterusnya mungkin sudah tidak asing lagi, yah. Tapi, bagi orang yang baru mengenal dunia perburungan tampaknya ini sangat membingungkan.

Oke, untuk bisa mengenal lebih dalam keluarga burung kenari dan bagaimana perawatannya, Anda bisa simak terus penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Burung Kenari F2 Yorkshire

Sebenarnya, kenari F2 Yorkshire (YS) merupakan jenis burung kenari hasil persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F1.

Kenari YS sendiri datang dari negara Italia, Jerman, Belgia, Inggris dan Turki yang diimpor ke Indonesia lalu dikawinkan dengan kenari lokal. Hasil persilangannya menciptakan kenari F1.

Awalan F pada nama burung kenari memiliki arti Filial yang berarti persilangan dalam ilmu biologi. Misalnya nih, dalam kasus ini jenis burung kenari Yorkshire dikawinkan dengan kenari lokal yang melahirkan kenari F1.

Lalu kenari F2 itu berasal dari persilangan F1 dengan Yorkshire, begitupun juga dengan F3 yang merupakan persilangan antara F2 dengan Yorkshire. Jadi semuanya merupakan hasil persilangan.

Cuman masalahnya, akibat dari persilangan seperti ini menyebabkan warnanya mengalami degradasi. Sangat disayangkan, yah.

Ciri-Ciri Burung Kenari Yorkshire

Apa sih yang membedakan antara kenari lain dengan kenari Yorkshire?

Kenari Yorkshire memiliki postur tubuh seperti wortel dan warna serta bulunya sangat cantik dan unik. Kenapa seperti wortel? Yah, Anda bisa melihat postur tubuhnya yang bagian dadanya lebih besar daripada bagian bawah tubuhnya.

Fakta lainnya mengatakan kalau burung jenis ini cocok sekali untuk mengikuti lomba kecantikan burung kenari, hebat banget kan? Tapi burung kenari itu kan dikenal karena kicauannya yang merdu bukan?

Ya, kenari Yorkshire juga memiliki bakat tersebut. Jadi, selain memiliki bentuk tubuh yang unik, suara burung kenari ini juga sangat indah. Dijamin Anda akan senang mendengar suaranya di pagi hari.

Tata Cara Merawat Burung Kenari F2 Yorkshire

Kalau Anda tertarik untuk merawat burung kenari di rumah, Anda harus paham dulu bagaimana perawatan burung kenari yang benar. Mulai dari makanannya, kandang hingga gimana perawatan hariannya.

1. Makanan Burung Kenari

Memberi makanan yang tepat akan membuat pertumbuhan tubuhnya sehat dan warnanya bulu tetap terjaga. Porsi dan waktu makan juga harus diperhatikan, adapun jenis makanan yang bisa Anda berikan berupa:

  1. Biji – bijian, seperti biji sawit, niger, milet putih/merah, dll
  2. Telur semut
  3. Telur puyuhrebus
  4. Sayuran, seperti wortel, kubis, sawi dankol

2. Perawatan Harian

Untuk mendapatkan burung kenari yang memiliki bulu indah dan warna yang eksotis, perawatan yang baik sangatlah dibutuhkan. Coba ikutin beberapa tips merawat burung kenari berikut ini jika Anda tertarik memeliharanya.

  1. Rajinlah membersihkan kandang setiap minggu supaya memberikan kenyamanan dan terbebas dari penyakit
  2. Selain kandang, cucilah tempat makan dan minumnyajuga
  3. Selanjutnya, berilah pakan yang berkualitas seperti yang sudah dijelaskan diatas
  4. Rajinlah memandikan, menjemur serta memasterkan kenari Anda
  5. Terakhir, jangan mengubah-ubah polaperawatan

Burung kenari itu memang unik banget dan banyak penggemarnya. Suara burung kenari yang merdu membuatnya terlihat istimewa di mata para Kicau Mania. Selain itu burung kenari tertentu seperti kenari Yorkshire bisa ikut perlombaaan burung.

Anda sudah tahu nih sedikit tentang jenis-jenis, pakan dan perawatan burung satu ini. Hm, setelah membaca ini apakah Anda tertarik membeli dan merawat kenari F2 Yorkshire?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *