Mengenal Kenari YS Foi dan Perawatannya Yorkshire FOI Italy 1

Mengenal Kenari YS Foi dan Perawatannya Yorkshire FOI Italy

Kenari Yorkshire (YS FOI) merupakan jenis burung kenari import yang didatangkan dari italia. Berdasarkan namaya, FOI, yang berarti Federazione Ornicoltori Italiani, nama ini sebagai identitas kode ring kenari.

Awal mulanya, jenis ini berasal dari hasil perkawinan silang antara kenari belgia dengan kenari lancashire. Ciri yang dimiliki oleh jenis Kenari Yorkshire FOI juga berbeda dengan jenis kenari lainnya.

Ciri Kenari Yorkshire FOI

Burung kenari yang juga dikenal bersuara gacor tersebut mempunyai ciri fisik sebagai berikut:

  • Mata tajam dan
  • Kepala mbarong yang berarti berukuran besar, pipih dan
  • Postur tubuh besar yang terlihat gagah dan
  • Dada bidang dan
  • Bentuk bodi seperti wortel terbalik.
  • Bulu mengkilap yang juga tumbuh pada bagian
  • Berkaki panjang dan kecil(jingkring).
  • Warna mayoritas, orangekekuning-kuningan.
  • Pinggang berukuran

Sifat dari kenari ini tergolong agresif, lincah dan sangat atraktif. Sehingga disarankan menggunakan sangkar yang terbuat dari bahan kuat dan kokoh.

Memiliki pernapasan cukup panjang sehingga Kenari Yorkshire FOI bersuara ngerol panjang dan terdengar lantang. Mental fighter tersebut didukung dengan tubuh yang selalu berdiri tegak dan tampak membusungkan dada.

Meski volume kicauan merdunya terdengar keras dan bervariasi, tapi dianggap sebagai burung kontes kecantikan. Ini dikarenakan keindahan tubuh dan warna bulu pada kenari jenis ini sangat cocok untuk acara kontes show.

Dapat dikatakan sehat apabila bagian kloaka Kenari Yorkshire FOI tidak ada kotoran dan terlihat cukup bersih. Untuk itu dibutuhkan perawatan ekstra terutama jika Anda baru membelinya dari luar negeri secara langsung.

Mengenal Kenari YS Foi dan Perawatannya Yorkshire FOI Italy
Mengenal Kenari YS Foi dan Perawatannya Yorkshire FOI Italy

Cara Merawat Kenari Yorkshire FOI Import

Bila hendak atau baru membeli Kenari Yorkshire import seperti FOI, ketahui cara merawatnya agar burung tetap sehat. Sebagai burung asal eropa yang memiliki empat macam musim, butuh adaptasi supaya burung dapat hidup dengan baik. Sebagai langkah awal, berikan asupan nutrisi dan vitamin agar staminanya tetap terjaga. Jangan langsung diberi sayur-sayuran hijau, dahulukan pakan berupa biji-bijian. Baru jika sudah dipastikan bahwa burung kenari telah fit dan selesai beradaptasi, berikan sayuran secara bertahap.

Tidak hanya makanan, agar tubuh burung dapat beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan, tambahkan multivitamin dengan air minum secara rutin, terutama pada pekan-pekan awal. Biarkan burung mandi sendiri dengan menempatkan wadah air di dasar sangkar. Jangan disemprot terlebih dahulu, sebelum burung benar-benar telah cocok dengan suhu udara di Indonesia. Pasangkan kerodong tipis dan tidak terlalu rapat setiap malam, agar terhindar dari hembusan angin secara langsung. Kemudian tempatkan sangkar di ruangan berventilasi bagus.

Memang butuh ketelatenan supaya burung Kenari YS FOI memiliki kualitas bagus dengan kicau yang super nyaring. Maka dari itu, harga yang cukup tinggi sepadan dengan keindahan postur tubuh dan suara yang dimiliki.

Berikut ini kisaran harga Kenari Ys FOI di Indonesia:

  • Harga Kenari Ys FOI 2020 jantan gacor adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta. Bahkan untuk dewasa juga dijual dengan harga antara Rp 6 juta  hingga Rp 10 juta.
  • Untuk sepasang Kenari Ys FOI import dijual seharga kisaran Rp 13 juta
  • Harga Kenari Yorkshire FOI betina dapat dibeli dengan harga Rp 3,5 juta sampai Rp 6 juta

Harga Kenari Yorkshire 2020 akan lebih mahal jika burung memiliki keindahan tubuh dan suara yang lebih istimewa.

Sampai kini burung jenis kenari impor tersebut masih sangat populer di kancah perburungan. Semoga uraian tentang ciri-ciri, cara merawat sampai harga burung Kenari Ys FOI di Indonesia ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *