Mengenal Lebih Dekat Jenis Kenari F1 Serta Ciri cirinya

Mengenal Lebih Dekat Jenis Kenari F1 Serta Ciri-cirinya

Buat Anda para pecinta burung, kenari pasti masuk dalam daftar peliharaan yang wajib dimiliki. Bukan saja karena bentuknya yang mungil dan lincah, tapi juga karena banyak jenis unggul yang memberikan manfaat unggul pula. Salah satunya kenari F1 yang jadi idola saat ini, seperti apa jenis kenari yang satu ini dan apa ciri spesifiknya?
Mengenal Kenari F1

Dalam silsilah burung kenari, banyak jenis dan kode yang diberikan kepada anakan burung tersebut. Biasanya semakin indah dan sempurna jenisnya akan semakin mahal harga kenari F1, dan bisa digunakan bukan hanya untuk dipelihara tapi juga untuk diadu keindahannya dengan kenari lain.
F1 adalah anakan yang merupakan hasil dari perkawinan silang antara kenari lokal dengan kenari impor jenis Yorkshire. Budidaya jenis ini dilakukan untuk mendapatkan kenari dengan kualitas terbaik, sebab Yorkshire terkenal sebagai kenari terbaik dan terindah di dunia, sedangkan kenari lokal punya kekuatan mumpuni dalam bertahan hidup.
Kenari jenis ini juga bagus dijadikan indukan, makanya dari F1 kemudian terus dikembangkan menjadi F2 yang merupakan persilangan F1 dengan Yorkshire. Begitu seterusnya hingga terdapat turunan hingga F6, kualitas masing-masing juga ditentukan dengan indukan yang dipakai.

Ciri-ciri Kenari F1

Jika dibandingkan dengan kenari jenis lain, F1 punya beberapa ciri spesifik yang membuatnya beda. Jadi bagi Anda yang ingin memilikinya wajib memahami ciri dari kenari ini, agar tidak salah beli. Apa saja cirinya?

●Kaki Lebih Tinggi
Kalau dibandingkan dengan kenari lokal dan jenis lain, kenari F1 murni punya kaki yang lebih tinggi. Hal ini mempermudahnya untuk bergerak, berlari, dan terbang, sebab badannya jadi lebih ringan dan langkah jadi lebih cepat. Beda dengan kenari lokal yang punya kaki lebih pendek, sehingga pergerakannya kurang lincah.

●Pundak dan dada Bidang
Badan bagian dada dan pundaknya lebih lebar dan bidang dibanding kenari lokal dan jenis lainnya. Ini adalah dampak dari persilangan yang dilakukan dari indukan terbaik, dimana kondisi tubuh Yorkshire yang berbadan cukup besar disadur oleh anakan F1, sedangkan dada bidangnya merupakan kolaborasi Yorkshire dan kenari lokal.

●Pandai Bertarung
Kalau Anda suka mengikutsertakan kenari pada kompetisi burung, sangat cocok memilih jenis F1. Karena ketangguhannya membuat kenari F1 YS jago bertarung, dan sering memenangkan kompetisi apapun. Tapi tentu perlu dirawat dengan cara yang benar agar kemampuannya ini bisa terasah sempurna.

●Mudah Untuk Dijinakkan
Kenari jenis ini juga masuk kategori mudah jinak, jadi seandainya Anda mendapatkan hibah burung kenari ini dari kerabat tak akan butuh waktu lama untuk

membuatnya patuh pada Anda. pemilik juga tidak akan diganggu oleh kerewelannya, sebab F1 juga sangat kalem dan mudah dirawat sejak awal.

●Tingkat Adaptasi Tinggi
Ketika burung kenari jenis lain mudah stres pada lingkungan baru, jenis F1 tidak akan mengalami hal itu. Sebab kemampuannya untuk beradaptasi sangat tinggi, bahkan kadang hanya butuh beberapa jam saja tergantung kondisi lingkungan barunya.
Jadi Anda tak akan dipusingkan dengan suaranya yang melengking, atau gerak geriknya yang super kacau saat baru dipindahkan ke kandang atau habitatnya yang baru.

Itulah informasi seputar kenari F1 yang penting bagi Anda yang mau memelihara kenari. Ada baiknya untuk mengenali cirinya dulu sebelum membeli, jadi akan lebih nyaman merawat dan memanfaatkannya untuk dijadikan kenari ahli kompetisi, atau hanya sebagai peliharaan yang menemani Anda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *