Harga Murai Batu Sabang dan Cara Perawatannya 1

Mengenal Salah Satu Jenis Kenari Terkenal, Kenari Belgia

Bagi Anda pecinta burung atau hobi pelihara burung kenari, rasanya tak lengkap bila Anda tak mengenal burung kenari Belgia. Simak informasi lengkap mengenai kenari Belgia berikut ini.

Kenari Belgia atau disebut juga Belgian fancy merupakan salah satu jenis burung kenari yang konon nantinya bakal menjadi burung kenari yang paling terkenal di dunia. Kenari Belgia pertama kali diperkenalkan di negara asalnya Belgia dan dikembang biakkan pada tahun 1800.

Seiring terjadinya Perang dunia 1 yang menelan banyak jiwa, pertumbuhan kenari Belgia di negaranya pun nyaris mengalami kepunahan. Dan setelah perang dunia berakhir justru banyak negara Eropa yang mengembangkan jenis kenari ini.

Ciri Ciri Kenari Belgia

Burung Kenari Belgia yang cukup terkenal ini memiliki ciri – ciri yang cukup unik, diantara ciri ciri kenari belgia yaitu:

  1. Memiliki kepala yang kecil seperti
  2. Panjangtubuhnya kurang lebih 17 -18 cm.
  3. Memiliki postur tubuh yang ramping atau
  4. Memiliki postur tubuh yang bentuknya seperti punuk dan terlihat serupa bulan
  5. Memilikitubuh dengan postur yang bagus dan unik, sehingga menarik banyak perhatian pecinta kenari.
  6. Bagian leher dan kepalanya terlihat seperti keluar menonjol dari
  7. Dengan bentuk tubuh yang membungkuk seperti senjata
  8. Memiliki bulu yang indah, halus dan

Cara Merawat Kenari Belgia

Burung kenari belgia sangat mudah dipelihara dan dirawat, cara merawat kenari belgia haruslah dengan sangkar yang besar dengan setidaknya dua tangkringan agar kenari belgia tetap sehat dan lincah. Dengan ukuran panjang sangkar kurang lebih 40 cm, tinggi 25 cm dan lebarnya 202 cm.

Buatlah sangkar dengan bentuk kotak agar para kenari belgia bisa leluasa terbang. Dan sebaiknya jangan membuat sangkar dengan bentuk bulat. Untuk tangkringannya sendiri dapat dibuat dari berbagai bahan seperti kayu misalnya.

Sedangkan untuk kenari betina dan anaknya harus dipelihara pada sangkar umbaran atau voliere. Terlebih anakan kenari hendaklah dipelihara hingga ganti bulu muda. Upayakan sangkar selalu bersih dan disarankan untuk membersihkannya sekali dalam seminggu.

Begitu juga dengan tempat mandi dan minumnya harus selalu bersih agar kenari belgia selalu sehat, lincah, dan berkicau.

Makanan Kenari Belgia

Untuk makanan kenari belgia membutuhkan makanan yang seimbang antara protein, lemak, mineral, karbohidrat dan vitamin. Biasanya biji – bijian adalah makanan pokok kenari belgia seperti biji gandum, biji sawi, canary seed, niger seed.

Ditambah juga sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan selada. Tambahkan juga buah – buahan seperti pear, apel, dan strawberry. Berilah telur dengan campuran tepung roti seminggu sekali. Pada musim ,berikanlah lebih banyak protein dan tambahkan pula canary seed dalam menunya saat musim kawin.

Tambahkan pula protein dan energi yang sangat diperlukan pada masa penjodohan kenari ini. Dan jangan lupa air minum harus selalu tersedia, berikan air minum yang bersih dan mengandung mineral.

Kekurangan Kenari Belgia

Meskipun Kenari Belgia memiliki banyak kelebihan yang menjadi ciri uniknya namun juga memiliki kekurangan. Kekurangan kenari belgia yaitu:

  1. Susah dibudidayakan ataudikembangkan
  2. Kenari Belgia dikenal tidak pintar dalam menjaga anaknya, hingga memiliki resikomengalami kematian bila dijaga oleh induk kenari belgia itu
  3. Terkadang telurnya sendiri tak mau dierami, jadi biasanya telur kenari belgia dierami kenari lainnya agar

Itulah informasi seputar burung kenari belgia, semoga bermanfaat bagi Anda pecinta burung kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *