Apa reaksi Anda ketika melihat mobil Anda terkena baret? Panik? Kesal?

Walaupun Anda sudah berhati-hati saat berkendara, tetap saja terkadang Anda mendapati mobil Anda tergores, entah di mana, kapan dan karena apa tergoresnya.

Ketika mobil Anda terbaret, apalagi jika mobil Anda berwarna hitam, jangan terburu-buru membawanya ke salon mobil selama goresannya belum mengenai cat primer mobil Anda. Anda masih bisa mencoba menghilangkan baret pada mobil hitam Anda tersebut di rumah.

Anda bisa mengecek sendiri apakah baret pada mobil Anda tergolong ringan atau dalam. Coba lakukan cara sederhana ini dulu, yaitu dengan meraba pada bagian yang terbaret. Jika baret tersebut tidak terasa pada saat Anda raba, artinya baret atau goresannya tidak terlalu dalam.

Berikut ini adalah cara menghilangkan baret pada mobil hitam Anda dengan cepat.

Cara Pertama : Cuci Mobil Anda Terlebih Dahulu

Cuci lah terlebih dahulu mobil Anda dengan pelan-pelan, begitu juga ketika akan mengeringkannya. Cukup lap dengan lembut agar tidak menambah goresan baru pada mobil Anda.

Kenapa Anda perlu mencuci mobil Anda terlebih dahulu? Agar Anda dapat melihat apakah baret pada mobil Anda tergolong baret ringan yang hanya sebatas noda yang menempel, atau baret yang sudah terlalu dalam.

Cara Kedua : Menghilangkan Baret dengan Olesi Compound

Compound memiliki sifat mengikis lapisan cat, karena itu compound sering digunakan untuk menghaluskan lapisan cat kasar yang digunakan untuk menyamarkan baret pada kendaraan.

Jadi, ketika mobil hitam Anda mengalami yang baret, Anda bisa taruh compound pada kain basah. Setelah itu, lap area yang terbaret dengan kain basah ber-compound tadi dan gosok kan perlahan.

Untuk informasi tambahan, setelah Anda sudah selesai mengolesi body mobil Anda dengan compound, jangan lupa untuk dibersihkan lagi, agar tidak menghilangkan noda putih pada body mobil Anda.

Baca juga: Menghilangkan Baret Mobil dengan Kit, Terbukti Ampuh Banget!

Cara Ketiga : Menghilangkan Baret dengan Pasta Gigi

Cara menggunakan pasta gigi ini tidak jauh beda dengan cara menggunakan compound. Hanya saja ketika akan mengolesi mobil hitam Anda dengan pasta gigi, olesi dengan cara melingkar, agar rata pada semua bagian yang terkena baret.

Cara Keempat : Minyak Rem pun Bisa Menghilangkan Baret

Ternyata minyak rem pun bisa lho menghilangkan baret pada mobil hitam. Jika Anda punya minyak rem di rumah, silakan dipergunakan. Caranya juga sama mudahnya, yaitu tuangkan sedikit minyak rem pada kain atau kanebo kering, setelah itu olesi di bagian yang terkena baret secara perlahan-lahan.

Setelah digosok ke bagian yang terkena baret, Anda harus langsung bersihkan dengan menggunakan air lalu lap dengan menggunakan kain kering. Tujuannya agar minyak rem ini tidak terlalu lama menempel pada body mobil.

Cara Kelima : Gunakan Scratch Remover

Ingin cara yang cepat, praktis, dan tidak pakai ribet. Anda bisa menggunakan scratch remover yang bentuknya seperti spidol. Kali ini Anda tidak perlu menggunakan kain basah, cukup ‘gambar’ mobil Anda yang terkena baret tersebut, sampai semua baret tertutup.

Setelah itu usap dengan menggunakan lap dari bahan microfiber. Maka hasilnya akan terlihat dan baret pada mobil hitam Anda akan hilang.

Baca juga: Cara Mudah dan Efektif Mengkilapkan Cat Mobil Berwarna Hitam

Inilah 5 cara cepat menghilangkan baret pada mobil hitam Anda. Sekali lagi jika mobil Anda terbaret cukup dalam, disarankan untuk membawa ke salon mobil saja dan jangan memaksakan untuk menghilangkannya sendiri.

Sebab khawatir bukannya hilang tetapi malah bertambah baret pada mobil hitam Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.