Air merupakan salah satu elemen yang paling dibutuhkan oleh manusia, air sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Ada beberapa orang yang masih memakai air sumur untuk memenuhi kebutuhannya, namun air sumur seringkali memiliki aroma yang tidak sedap dan kotor. Ada beberapa cara menghilangkan bau pada air sumur bor yang bisa anda gunakan.

Tetapi apakah anda tahu penyebab air sumur bau? Itu sering terjadi karena adanya kandungan zat besi (fe) yang tercampur dengan air. Selain itu, jarak antara saluran air dengan sumur juga dapat mempengaruhi timbulnya bau tidak sedap. Lalu bagaimana cara menghilangkan penyebab air sumur bau dan berbusa tersebut?.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau pada Air Sumur

Air sumur yang kotor ditambah memiliki endapan yang terlalu banyak, akan mengeluarkan bau tidak sedap. Ini semua disebabkan oleh adanya mangan (mg) dan zat besi (fe) yang terlalu banyak.

Senyawa seperti itu juga yang menjadi penyebab penyumbatan di pipa sumur. Jika hal ini tetap dibiarkan, maka air sumur menjadi tak layak digunakan. Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan air sumur berbau yakni sebagai berikut.

Menguras Sumur

Penyebab lain selain adanya zat-zat seperti itu adalah adanya lumut yang tumbuh di dinding sumur. Lumut bisa menyebabkan air menjadi kotor.

Ada juga kemungkinan karena ada binatang yang terjatuh ke sumur dan meninggalkan bangkai sehingga air menjadi berbau tidak sedap.

Apabila anda ingin menguras sumur, sebaiknya anda hubungi orang yang berpengalaman. Sebab, menguras sumur bukan hal yang mudah dan memiliki risiko tinggi pula.

Arang Tempurung Kelapa

Arang tempurung kelapa dikenal sangat efektif untuk menjernihkan air dan menghilangkan bau tidak sedap. Karena arang tempurung kelapa mempunyai kandungan karbon aktif yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap dan menjernihkan air sumur.

Ijuk

Ijuk ialah serat pepohonan yang biasanya digunakan dalam membuat sapu. Namun selain itu, kegunaannya juga bisa dijadikan alat untuk menyaring air dari partikel yang berukuran besar seperti pasir.

Ijuk bisa anda letakkan di dasar sumur. Jangan lupa berikan batu-batu kecil. Hal ini bertujuan untuk menyaring material bawaan air hujan secara lebih maksimal.

Baca Juga: 20+ Inspirasi Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur

Kaporit Atau Tawas

Walaupun tergolong bahan kimia, namun bahan ini terkenal efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap. Namun bila anda mengunakan bahan ini secara berlebihan, akan menimbulkan efek samping berupa iritasi mata, infeksi kulit, hingga gangguan pernapasan.

Tawas itu sendiri adalah pemutih air yang berbentuk butiran mirip kristal. Tawas mudah dipakai dan bisa anda temukan di toko bangunan. Anda bisa mencampurkan lewat tampungan air.

Apabila anda ingin cara yang lebih praktis, maka anda bisa langsung mencampurkannya ke dalam sumur. Lalu cermati hasilnya.

Filter Air

Cara menghilangkan bau pada air sumur yang lainnya yaitu menggunakan filter air. Alat ini berbentuk pipa yang kegunaannya untuk menjernihkan air serta menghilangkan bau tidak sedap.

Selain bau tak sedap, anda mungkin sering menemukan sumur yang airnya keruh setelah hujan. Akibat perubahan cuaca, sumur yang tadinya kering menjadi terisi kembali dan membuat air sumur bercampur dengan lumpur.

Material yang terbawa air hujan akan membuat sumur menjadi keruh. Anda bisa mengatasinya dengan filter air yang berkualitas.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau pada air sumur serta penyebabnya. Anda bisa mencobanya apabila mengalami masalah air berbau tak sedap.